Pencabutan Batu Kegilaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pencabutan Batu Kegilaan
SenimanHieronymus Bosch
Tahun1494 atau keatas
TipeLukisan minyak
Ukuran48 cm × 35 cm (19 in × 14 in)
LokasiMuseo del Prado, Madrid

Pencabutan Batu Kegilaan (Inggris: The Extraction of the Stone of Madness) adalah sebuah lukisan karya Hieronymus Bosch[1] yang saat ini ditampilkan di Museo del Prado di Madrid. Lukisan ini selesai dibuat sekitar tahun 1494 atau keatas.

Lukisan ini menggambarkan seorang ahli bedah yang mengenakan topi corong dan terlihat sedang mengeluarkan batu kegilaan dari kepala seorang pasien dengan teknik trepanasi.[2] Terlihat seorang asisten—yang merupakan seorang biarawan—sedang membawa tankard (alat minum), berdiri di dekatnya. Terlihat pula seorang wanita dengan buku di atas kepalanya sedang memandangi proses pembedahan.

Tulisan dalam huruf Gotik berwarna emas tersebut berbunyi:

(Bahasa Belanda Pertengahan):
Meester snyt die keye ras
Myne name Is lubbert Das

(Bahasa Indonesia):
Tuan, cepat potong batunya.
Nama saya Lubbert Das.

Lubbert Das adalah nama dari tokoh jenaka (bodoh) dalam sastra Belanda.

Interpretasi[sunting | sunting sumber]

Bunga dan topi corong yang dikenakan oleh ahli bedah tersebut mungkin saja adalah sebuah petunjuk bahwa ahli bedah tersebut bukanlah benar-benar seorang ahli bedah. Wanita yang menyeimbangkan buku di atas kepalanya diartikan oleh Skemer sebagai sebuah satir dari kebiasaan orang Flandria mengenakan jimat yang terbuat dari buku dan kitab suci—sebuah piktogram untuk kata phylactery.[3] Jika tidak, wanita itu diartikan sebagai gambaran kebodohan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ilsink, Matthijs; Koldeweij, Jos; Spronk, Ron; Hoogstede, Luuk (2016). Hieronymus Bosch: Painter and Draughtsman – Catalogue raisonné. New Haven: Yale University Press. ISBN 978-0300-2201-48. 
  2. ^ Povoledo, Elisabetta (27 Oktober 2008). "In Rome, a New Museum Invites a Hands-On Approach to Insanity". The Economist. Diakses tanggal 28 Oktober 2008. 
  3. ^ Skemer 2006:24.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]