Pemerintahan Junta Rekonstruksi Nasional (Nikaragua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Republik Nikaragua

República de Nicaragua
1979–1985
{{{coat_alt}}}
Lambang
Lagu kebangsaanSalve a ti, Nicaragua  (Spanyol)
"Hail to Thee, Nicaragua"
Lokasi Nikaragua
Ibu kotaManagua
Bahasa yang umum digunakanBahasa Spanyol
PemerintahanPemerintahan kesatuan sementara sosialis di bawah junta militer
Kordinator Junta 
• 1979-1985
Daniel Ortega
LegislatifKongres Nasional Nikaragua
Era SejarahPerang Dingin
17 Juli 1979
4 November 1984
• Dibubarkan
10 Januari 1985
Mata uangCórdoba Nikaragua
Kode ISO 3166NI
Didahului oleh
Digantikan oleh
Keluarga Somoza
Nikaragua
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pemerintahan Junta Rekonstruksi Nasional (Junta de Gobierno de Reconstrucción Nacional) adalah pemerintahan sementara Nikaragua sejak jatuhnya kediktatoran Somoza pada Juli 1979 hingga Januari 1985, dengan pemilihan Daniel Ortega dari Front Pembebasan Nasional Sandinista sebagai presiden.

Gambaran Umum[sunting | sunting sumber]

Pemberontak Sandinista mengumumkan Junta sebagai pemerintahan sementara pada 16 Juni 1979, saat perang saudara melawan Anastasio Somoza Debayle memasuki fase terakhirnya. Itu terdiri dari lima anggota: seorang anggota direktorat FSLN, Daniel Ortega, dua aktivis sayap kiri, Sergio Ramírez dan Moisés Hassan, dan dua perwakilan sayap kanan, Alfonso Robelo dan Violeta Barrios de Chamorro.

Pada paruh pertama Juli, utusan pemerintah Amerika Serikat William Bowdler menekan Sandinista untuk memperluas junta dengan menambahkan lebih banyak anggota, seperti Adolfo Calero, Ismael Reyes, dan Mariano Fiallos.

Setelah jatuhnya Somoza, Robelo dan Chamorro dengan cepat menyadari bahwa mereka tidak memiliki kekuatan nyata dan Chamorro mengundurkan diri pada 19 April 1980, diikuti oleh Robelo tiga hari kemudian. Pada 18 Mei, mereka digantikan oleh Arturo Cruz dan Rafael Córdova Rivas. Cruz akan mengundurkan diri pada Maret 1981, meskipun dia setuju untuk sementara waktu menjadi duta besar untuk Amerika Serikat.

Pada tanggal 4 Maret, penunjukan Cruz ke Washington diumumkan, bersama dengan kepergian Hassan ke Dewan Negara dan promosi Ortega menjadi Koordinator junta yang sekarang beranggotakan tiga orang. Sementara junta mungkin hanya menawarkan sedikit otoritas kepada anggota non-Sandinista, peran publik memang membantu memperkuat keunggulan Ortega dalam direktorat FSLN dan meningkatkan keunggulan Ramírez.

Pada tanggal 4 November 1984, pemilihan presiden diadakan, yang dimenangkan oleh anggota junta terkemuka dan revolusioner Daniel Ortega dan pasangannya, Sergio Ramírez sebagai wakil presiden. Namun, beberapa partai oposisi memboikotnya dengan alasan kondisi tidak adil. Sementara pemerintahan Reagan dan banyak media arus utama Amerika Serikat menuduh pemilihan tersebut tidak bebas dan tidak adil, banyak pengamat pemilihan yang berafiliasi dengan pemerintah Eropa Barat, serta organisasi non-pemerintah Amerika Serikat, menyatakan hasil tersebut sah.[1] Ortega mulai menjabat pada 10 Januari 1985, dan junta dibubarkan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "On this day: 1984: Sandinistas claim election victory". BBC News. November 5, 1984. Diakses tanggal 2007-12-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Francisco Urcuyo
Kepresidenan Nikaragua
18 Juli 1979 – 10 Januari 1985
Diteruskan oleh:
Daniel Ortega

Templat:Nicaragua topics Templat:Presidents and heads of state of Nicaragua