Pembirih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah pembirih

Pembirih adalah pembatas yang merupakan perpanjangan dinding ke atas di tepi atap, teras, balkon, jalan setapak, atau bangunan lainnya. Kata ini pada dasarnya berasal dari bahasa Italia. Jika memanjang di atas atap, tembok pembatas mungkin hanya merupakan bagian dari dinding luar yang berlanjut di atas garis tepi permukaan atap, atau mungkin merupakan kelanjutan dari fitur vertikal di bawah atap seperti dinding api atau dinding pesta . [1] Pembirih pada awalnya digunakan untuk melindungi bangunan dari serangan militer, namun saat ini terutama digunakan sebagai pagar pengaman, untuk menyembunyikan perlengkapan atap, mengurangi beban angin pada atap, [2] dan untuk mencegah penyebaran api.

Pembirih bersejarah[sunting | sunting sumber]

Dinding Cermin di Sigiriya, Sri Lanka

Masukkan paragraf

Tembok Cermin di Sigiriya, Sri Lanka yang dibangun antara tahun 477 dan 495 M adalah salah satu dari sedikit pembirih pelindung yang masih ada dari zaman kuno. Dibangun di sisi Batu Sigiriya, jaraknya kira-kira 250 meter dan memberikan perlindungan dari cuaca buruk. Tembok ini hanya ada sekitar seratus meter saat ini, tetapi puing-puing batu bata dan lekukan pada permukaan batu di sepanjang sisi barat batu dengan jelas menunjukkan di mana sisa tembok ini pernah berdiri. Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah.

Atap pembirih[sunting | sunting sumber]

Sebuah tembok dengan pembirih dekoratif melingkari atap datar rumah umum Inggris ini

Pembirih yang mengelilingi atap adalah hal biasa di London . Hal ini berasal dari Undang-undang Bangunan tahun 1707 yang melarang pembuatan atap kayu di kota Westminster dan London sebagai risiko kebakaran.[butuh rujukan]</link>[ kutipan diperlukan ] Sebagai gantinya diperlukan tembok pembatas bata berukuran 18 inci, dengan atap dipasang di belakang. Hal ini dilanjutkan di banyak rumah di Georgia, karena memberikan tampilan atap datar yang sesuai dengan keinginan akan proporsi klasik.

Dalam Shilpa Shastras, ilmu patung India kuno, pembirih dikenal sebagai hāra . Itu opsional ditambahkan saat membangun kuil. Hāra dapat didekorasi dengan berbagai miniatur anjungan, menurut Kāmikāgama. [3] Dalam Alkitab orang Ibrani wajib membangun pembirih di atap rumahnya untuk mencegah orang terjatuh (Ulangan 22:8).

Parapet di benteng[sunting | sunting sumber]

Benteng berpembirih (dikenal sebagai benteng pertahanan jika bersifat sementara) adalah tembok dari batu, kayu, atau tanah di tepi luar tembok atau parit pertahanan, yang melindungi para pembela. [4] [5] Di kastil-kastil abad pertengahan, mereka sering kali dibuat bergerigi . Di benteng artileri selanjutnya, pembirih cenderung lebih tinggi dan lebih tebal. Mereka dapat dilengkapi dengan lubang-lubang untuk menembakkan senjata benteng, dan sebuah bangku atau tangga tembak sehingga infanteri yang bertahan dapat menembak dari atas. Bagian atas tembok pembatas sering kali miring ke arah musuh agar pemain bertahan dapat menembak ke bawah; tanjakan ini disebut talus superior . [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ching, Francis D. K. (1997). A visual dictionary of architecture. New York: Van Nostrand Reinhold. hlm. 266. ISBN 0-442-02462-2. 
  2. ^ Bedair, Rania. "Comprehensive Study of Wind Loads on Parapets" (PDF). Diakses tanggal 15 June 2021. 
  3. ^ Temples of Salem region Up to 1336 AD (PDF). 
  4. ^ Friar, Stephen (2003). The Sutton companion to castles. Stroud: Sutton. hlm. 32. ISBN 9780750927444. 
  5. ^ George Orwell 1938, Homage to Catalonia; see Chap VII. Orwell frequently speaks of parapets and includes any obstruction planned or temporary including those made of hastily shoveled soil, sandbags of dirt, piles of stones, etc., made during 1936–37 trench warfare when he was a militia soldier in the Spanish Civil War.
  6. ^ A New and Enlarged Military Dictionary, Charles James, Egerton Military Library 1810.