Pembicaraan:Alfabet Fonetis Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Yang benar fonetis atau fonetik? Salam geboy 17:39, 8 Maret 2007 (UTC)

Bagian dari diskusi panjang tak usai-usai ;-) Akhiran -is berasal dari bahasa Belanda -isch, sementara akhiran -ik berasal dari bahasa Inggris -ic. Tergantung mau memakai sistem yang mana. Kalau saya pilih sistem Belanda, sebab bahasa Belanda merupakan jendela pertama kebudayaan barat bagi bangsa Indonesia ... Meursault2004ngobrol 17:57, 8 Maret 2007 (UTC)

Ikutan nimbrung ah. Saya juga cenderung memilih is, sebab akhiran ik terkadang menimbulkan kesulitan. Misalnya kata politik menjadi tidak terbedakan untuk kata politics dan political. Contohnya, Ini masalahnya "politik".Stephensuleeman 18:51, 8 Maret 2007 (UTC)

Iya nih ga akan usai-usai :D. Apakah id.wikipedia yang harus memulainya lebih dulu? :p Sebenarnya akhiran -is atau -ik ini khan untuk menunjukkan bahwa kata itu merupakan kata sifat, ya? Namun dalam kasus phonetic ini, apakah fonetik sebagai sebuah ilmu (lihat en:phonetic) atau kata sifat yang menjelaskan fonetik? Salam pusing dari geboy 19:30, 8 Maret 2007 (UTC)

Dalam bahasa Inggrisnya phonetic adalah kata sifat, sementara phonetics adalah ilmunya (kata benda).Stephensuleeman 19:57, 8 Maret 2007 (UTC)

Apa kabar semua, nimbrung nih .. politics itu seharusnya jadi politika kali ya (Hihii kata baru). Seperti electronics, phonetics, physics yang jadi eektronika, fonetika, fisika, dll ... Itu artinya ilmu kan? Kalo sebagai sifat, dari political, bisa jadi politik atau politis, electronic jadi elektronik atau elektronis, mathematical bisa jadi matematik atau matematis. Kalo ada voting, aya pilih 'is' --tedi 20:53, 8 Maret 2007 (UTC)

Hmmm..trims penjelasannya Bung Steph. Berarti phonetic di sini adalah kata sifat. Berarti kembali kepada permasalahan penggunaan akhiran -is atau -ik. Bung Tedi makin menambah ancur dengan contoh-contoh yang tidak konsisten. Akhirnya kembali lagi ke kesimpulan awal Bung Meursault, 'bagian dari diskusi panjang tak usai-usai'. Ah sudahlah, saya kembali ke astronomi sajalah. *Hehehe* geboy 21:39, 8 Maret 2007 (UTC)