Pembicaraan:Adrem (makanan ringan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pemindahan artikel[sunting sumber]

Isi artikel awalnya berada di Tolpit. Alasan pemindahan: nama tolpit merupakan nama julukan, bukan sebutan yang asli untuk adrem. Dengan demikian, nama adrem lebih layak dijadikan judul artikel. Okkisafire ngobrol yuk 14 Desember 2015 09.06 (UTC)

Resep[sunting sumber]

Resep ditulis dengan bahasa yang tidak formal sehingga tidak sesuai dengan standar wikipedia. Selain itu, sudah ada tag yang menganjurkan untuk memindahkan bagian resep ke wikibooks.Okkisafire ngobrol yuk 14 Desember 2015 09.06 (UTC)

Bahan Kue Tolpit[sunting sumber]

Artikel atau bagian artikel ini mungkin lebih cocok dipindahkan ke wikibooks[pindah]

Bahan bahan yang di perlukan untuk membuat makanan khas Bantul yaitu Tolpit adalah Beras 1 kg, Gula jawa/pasir 8 ons, Kelapa tua ½ butir, Minyak goreng 1 liter,Vanili 5 bungkus kecil.

Cara membuat Tolpit[sunting sumber]

  • Beras jawa direndam selama 2 jam. Lalu diangkat dan ditiriskan selanjutnya di giling menjadi tepung beras.
  • Gula jawa atau gula pasir direbus bersama dengan kelapa parut dan dikasih air putih 1 cangkir.
  • Campuran bahan nomor 2 diatas dipanaskan/dimasak sampai mengental menjadi tua (sampai juruhnya berbunyi cepluk-cepluk) lalu diturunkan ditunggu sampai dingin.
  • Tepung beras diletakkan dalam baskom terus dicampur dengan larutan gula sama kelapa (juruh) tadi lalu di uleni (sampai halus selama 2 jam terus dikasih vanili).
  • Jika sudah menjadi adonan, panaskan minyak goreng.
  • Siapkan daun pisang diolesi dengan minyak goreng untuk membuat bulatan-bulatan adrem terserah besar kecilnya sesuai selera.
  • Adonan yang sudah menjadi bundar, digoreng lalu dijepit pakai bambu yang dibuat memanjang seperti lidi. 3 buah bambu yang berbentuk lidi digunakan untuk menjepit Tolpit supaya berbentuk Tolpit, lalu angkat Tolpit jika sudah kecoklatan (matang).
  • Kalau belum bisa membentuk Tolpit, coba diuleni lagi supaya tidak pecah saat digoreng sampai bisa.
  • Ciri-ciri adrem yang jadi tidak pecah, didalamnya berisi adonan dan mengapung diatas minyak goreng lalu dijapit

Selamat mencoba Resep Kue Adrem ini untuk anda sajikan sebagai hidangan keluarga anda atau untuk acara acara keluarga seperti rapat, arisan atau hajatan lainnya.