Pemandu-lebah asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandu-lebah asia
Indicator archipelagicus
Status konservasi
Hampir terancam
IUCN22680620
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPiciformes
FamiliIndicatoridae
GenusIndicator
SpesiesIndicator archipelagicus
Temminck, 1832
Tipe taksonomiIndicator
Distribusi
EndemikMalaysia

Pemandu-lebah asia ( Indicator archipelagicus ) adalah sejenis burung dalam famili Indicatoridae, yang merupakan burung paleotropis dekat burung pengicau yang berkerabat dengan burung pelatuk . Spesies ini berasal dari Asia Tenggara .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini berukuran sedang, hingga 18 Panjang cm, pemandu-lebah berwarna coklat zaitun dengan garis-garis kehijauan, iris kemerahan, paruh abu-abu tebal dan bagian bawah berwarna putih keabu-abuan. Pejantan memiliki bercak kuning di bahu, sedangkan betina tidak memiliki bercak kuning. Yang muda menyerupai betina dengan bagian bawah bergaris.

Habitat dan jangkauan[sunting | sunting sumber]

Pemandu lebah asia terdapat di seluruh hutan dataran rendah berdaun lebar di bagian barat Thailand, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, dan pulau Sumatra.

kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Suara pemandu-lebah asia adalah “ meong ” seperti kucing, diikuti dengan suara gemeretak. Makanannya sebagian besar terdiri dari serangga, terutama lebah liar dan tawon . Ia bersarang di lubang pohon .

Status[sunting | sunting sumber]

Karena hilangnya habitat yang terus berlanjut, populasi lokal dan jarang, pemandu lebah asia dievaluasi sebagai Hampir Terancam dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2022). "Indicator archipelagicus". 2022: e.T22680620A220010505. doi:10.2305/IUCN.UK.2022-2.RLTS.T22680620A220010505.en.