Peluru dobrak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seorang Marinir AS mempraktikkan teknik menerobos pintu dengan senapan

Peluru dobrak atau slug-shot adalah peluru senapan gentel yang dibuat khusus untuk mendobrak pintu . Biasanya ditembakkan pada jarak 6 inci (15 cm) atau kurang, ditujukan pada engsel atau area antara kenop pintu dan kunci serta kusen pintu, dan dirancang untuk menghancurkan benda yang ditabraknya dan kemudian tersebar menjadi bubuk yang relatif tidak berbahaya.

Desain dan pembangunan[sunting | sunting sumber]

Seorang anggota tim polisi Inggris menggunakan senapan Hatton dalam latihan

Peluru dobrak dirancang untuk menghancurkan gerendel, kunci, dan engsel pintu tanpa membahayakan nyawa dengan memantul atau terbang dengan kecepatan mematikan melalui pintu, seperti yang dapat dilakukan oleh tembakan tradisional. Peluru mudah-pecah ini terbuat dari bahan sinter padat, sering kali berupa serbuk logam dalam bahan pengikat seperti lilin, yang dapat merusak kunci atau engsel dan kemudian segera bubar. Mereka digunakan oleh tim militer dan SWAT untuk dengan cepat memaksa masuk ke ruangan terkunci. Di kalangan polisi, peluru ini dijuluki " kunci utama ", dan penggunaannya dikenal sebagai "Panggilan Avon", mengacu pada kosmetik merek Avon yang dijual dari pintu ke pintu.[butuh rujukan]</link>[ kutipan diperlukan ] [a] Idealnya, peluru dobrak dapat digunakan dalam senapan tempur standar atau senapan anti huru hara, atau dalam senapan khusus, yang sering dipasang pada senapan, seperti KAC Masterkey atau Sistem Senapan Aksesori Modular M26 .

Referensi[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan