Pelmeni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pelmeni
Pelmeni Russian.jpg
Sepiring pelmeni yang disajikan bersama smetana (krim asam).
JenisDumpling
Tempat asalRusia
Wilayah atau negara bagianPerm, Udmurtia
Bahan utamaAdonan: tepung terigu, air, kadang ditambah telur
Isi: Daging giling (babi, domba, sapi, atau lainnya), ikan, atau jamur

Pelmeni (pengucapan bahasa Rusia: [pʲɪlʲˈmʲenʲɪ]; bahasa Rusia: пельмени [bentuk jamak]; пельмень, pelʼmenʼ [bentuk tunggal]) adalah sejenis dumpling dari Rusia yang isinya dibungkus adonan tipis tanpa ragi.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Adonan pelmeni terbuat dari tepung terigu yang dicampur air, kadang ditambah sedikit telur.[1] Isinya bisa berupa daging giling (babi, domba, sapi, atau lainnya), ikan, jamur, atau campuran berbagai jenis daging. Pelmeni tradisional Udmurtia harus berisi campuran 45% daging sapi, 35% daging domba, dan 20% daging babi.[2] Beberapa jenis rempah-rempah, misalnya lada hitam, bawang merah, dan bawang putih, langsung dicampurkan ke dalam isinya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kata "пельмени", pelʼmeni, berasal dari kata "пельнянь", pelʼnyanʼ, yang secara harfiah berarti 'telinga roti' dalam bahasa Komi dan Udmurtia yang termasuk rumpun bahasa Finno-Ugrik.[3] Awal mula masuknya pelmeni ke dalam daftar masakan penduduk asli Siberia dan Rusia belum jelas. Sebuah teori mengemukakan bahwa pelmeni, atau dumpling rebus pada umumnya, berasal dari Siberia yang kemungkinan merupakan adaptasi pangsit dari Tiongkok (yang dalam beberapa dialek disebut "包面", bāomiàn, yang bunyinya mendekati pelʼmenʼ). Pelmeni merupakan salah satu cara mengawetkan daging dengan baik selama musim dingin yang panjang di Siberia.

Dalam kebudayaan modern Rusia dan Ukraina, pelmeni yang dibeli di toko-toko dianggap sebagai makanan siap makan dan dihubungkan dengan gaya hidup pelajar atau mahasiswa, mirip dengan mi instan.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Langkah pembuatan pelmeni disertai foto
  2. ^ Resep pelmeni ala Ural di Pelemeni.ru
  3. ^ Этимологический словарь русского языка (edisi ke-2). Moskwa: Progress.
  4. ^ Pelmeni

Pranala luar[sunting | sunting sumber]