Pelatuk-lembu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pelatuk-lembu
Buphagus

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliBuphagidae
GenusBuphagus
Brisson, 1760

Pelatuk-lembu adalah dua spesies burung yang membentuk genus Buphagus, dan keluarga Buphagidae . Pelatuk-lembu sebelumnya biasanya diperlakukan sebagai subfamili, Buphaginae, dalam keluarga burung jalak, Sturnidae, namun studi filogenetik molekuler secara konsisten menunjukkan bahwa mereka membentuk garis keturunan terpisah yang merupakan dasar dari kelompok saudara yang berisi Sturnidae dan Mimidae (ajuk-ajuk, penebah dan lainnya). Pelatuk-lembu adalah hewan endemik di sabana Afrika Sub-Sahara .

Walaupun dalam bahasa Indonesia burung ini dijuluki burung pelatuk-lembu, sebenarnya mereka juga bukan hanya mematuk lembu, mereka memiliki kebiasaan hinggap di mamalia besar (baik liar maupun peliharaan) seperti sapi, zebra, impala, kuda nil, badak, dan jerapah, memakan kutu, serangga kecil, larva lalat bot, dan parasit lainnya, serta serta darah binatang. Perilaku burung pelatuk terhadap mamalia besar dianggap saling menguntungkan, meskipun penelitian terbaru menunjukkan bahwa hubungan tersebut juga bisa bersifat parasit .[1]

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Genus Buphagus diperkenalkan pada tahun 1760 oleh ahli zoologi Perancis Mathurin Jacques Brisson dengan pelatuk-lembu paruh-kuning sebagai spesies tipenya .[2] Nama tersebut menggabungkan kata Yunani Kuno bous "lembu" dan - phagos "makan". [3]

Gambar Nama Nama yang umum Distribusi
</img> Buphagus africanus Pelatuk-lembu paruh-kuning sebagian besar Afrika sub-Sahara
</img> Buphagus eritrorynchus Pelatuk-lembu paruh-merah terutama di Afrika Timur

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Pelatuk-lembu endemik di Afrika sub-Sahara, tempat mereka hidup di sebagian besar habitat terbuka. Mereka tidak ditemukan di gurun terkering dan hutan hujan . Distribusinya dibatasi oleh keberadaan mangsa pilihannya, spesies kutu tertentu, dan hewan inang kutu tersebut. Kedua spesies burung pelatuk ini bersimpati di sebagian besar Afrika Timur dan bahkan mungkin hidup pada hewan inang yang sama. Sifat interaksi antara kedua spesies tersebut tidak diketahui.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Perilaku makan[sunting | sunting sumber]

Pelatuk-lembu hanya memakan tubuh mamalia besar. Spesies tertentu tampaknya lebih disukai, sedangkan spesies lain, seperti hartebeest atau topi Lichtenstein umumnya dihindari. Antelop yang lebih kecil seperti lechwe, duiker, dan reedbuck juga dihindari; spesies terkecil yang biasa digunakan adalah impala, mungkin karena banyaknya kutu dan sifat sosial spesies tersebut. Di banyak wilayah jelajahnya, mereka kini memakan ternak sapi, namun menghindari unta. Mereka memakan ektoparasit, terutama kutu, serta serangga yang menyerang luka dan juga daging dan darah pada beberapa luka. Kadang-kadang mereka digolongkan sebagai parasit karena menimbulkan luka di punggung hewan. [4]

Interaksi burung pelatuk lembu/mamalia menjadi bahan perdebatan dan penelitian yang sedang berlangsung. [5] Mereka awalnya dianggap sebagai contoh mutualisme, namun bukti terbaru menunjukkan bahwa burung pelatuk lembu mungkin adalah parasit. [6] Burung pelatuk lembu memang memakan kutu, namun seringkali kutu tersebut sudah memakan inang hewan berkuku, dan tidak ada hubungan signifikan secara statistik yang ditunjukkan antara keberadaan burung pelatuk lembu dan berkurangnya beban ektoparasit. [6] Pelatuk lembu telah diamati membuka luka baru dan memperbaiki luka yang sudah ada untuk meminum darah tempat bertenggernya. [7] Pelatuk lembu juga memakan kotoran telinga dan ketombe mamalia; sedikit yang diketahui tentang kemungkinan manfaat hal ini bagi mamalia, namun diduga bahwa hal ini juga merupakan perilaku parasit. [6] Beberapa inang burung pelatuk lembu tidak toleran terhadap kehadiran mereka. [7] Gajah dan beberapa antelop akan secara aktif mengusir burung pelatuk lembu ketika mereka mendarat. Namun ada beberapa contoh gajah yang mengizinkan burung pelatuk lembu memakan parasit dari tubuh mereka. Spesies lain menoleransi burung pelatuk lembu ketika mereka mencari kutu di wajah mereka. [8]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Telur burung pelatuk-lembu paruh merah di sarang yang dilapisi rambut impala, Kenya

Musim kawin burung pelatuk lembu, setidaknya di satu lokasi, terkait dengan musim hujan, yang mempengaruhi aktivitas mamalia inangnya dan jumlah kutu inang tersebut. Baik pacaran maupun persetubuhan juga terjadi pada inangnya. Mereka bersarang di dalam lubang, biasanya di pohon tetapi terkadang di rongga jenis lain, termasuk lubang di dinding. Sarangnya dilapisi dengan rerumputan dan seringkali dengan bulu yang dicabut dari inangnya dan bahkan hewan ternak seperti domba yang biasanya tidak digunakan. Satu pasang burung menghasilkan antara dua dan tiga butir telur, tetapi burung pelatuk lembu paruh merah dapat bertelur hingga lima butir.

Bertengger[sunting | sunting sumber]

Pelatuk-lembu paruh merah diketahui bertengger di alang-alang dan pepohonan. Studi terhadap herbivora sabana besar yang menggunakan kamera pada malam hari menunjukkan bahwa kedua spesies burung pelatuk-lembu (tetapi lebih sering pada burung pelatuk-lembu paruh kuning) juga dapat bertengger di tubuh herbivora, bergelantungan di bawah bagian dalam paha jerapah dan di atas impala dan kerbau.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eschner, Kat (22 September 2017). "Those Little Birds On The Backs Of Rhinos Actually Drink Blood". Smithsonian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 March 2019. 
  2. ^ Brisson, Mathurin Jacques (1760). Ornithologie, ou, Méthode contenant la division des oiseaux en ordres, sections, genres, especes & leurs variétés (dalam bahasa Prancis and Latin). Paris: Jean-Baptiste Bauche. Volume 1, p. 32; Volume 2, p. 436. 
  3. ^ Jobling, J.A. (2018). del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E., ed. "Key to Scientific Names in Ornithology". Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions. Diakses tanggal 11 May 2018. 
  4. ^ Craig, Adrian (2009). "Family Buphagidae (Oxpeckers)". Dalam del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew; Christie, David. Handbook of the Birds of the World. Volume 14, Bush-shrikes to Old World Sparrows. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 642–653. ISBN 978-84-96553-50-7. 
  5. ^ Mikula, P.; Hadrava, J.; Albrecht, T.; Tryjanowski, P. (2018). "Large-scale assessment of commensalistic–mutualistic associations between African birds and herbivorous mammals using internet photos". PeerJ. 6:e4520: e4520. doi:10.7717/peerj.4520. PMC 5863707alt=Dapat diakses gratis. PMID 29576981. 
  6. ^ a b c Weeks, P. (2000). "Red-billed oxpeckers: vampires or tickbirds?". Behavioral Ecology. 11 (2): 154–160. doi:10.1093/beheco/11.2.154. 
  7. ^ a b McElligott, A.G.; Maggini, I.; Hunziker, L.; Konig, B. (2004). "Interactions between red-billed oxpeckers and black rhinos in captivity". Zoo Biology. 23 (4): 347–354. doi:10.1002/zoo.20013. 
  8. ^ Craig, Adrian (2009). "Family Buphagidae (Oxpeckers)". Dalam del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew; Christie, David. Handbook of the Birds of the World. Volume 14, Bush-shrikes to Old World Sparrows. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 642–653. ISBN 978-84-96553-50-7. 
  9. ^ Palmer, Meredith S.; Packer, Craig (2018). "Giraffe bed and breakfast: Camera traps reveal Tanzanian yellow‐billed oxpeckers roosting on their large mammalian hosts". African Journal of Ecology (dalam bahasa Inggris). 56 (4): 882–884. doi:10.1111/aje.12505. ISSN 0141-6707.