Payus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Payus
Periode Early Cretaceous–Recent
[1]
Elopidae
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoElopiformes
FamiliElopidae
Tata nama
Sinonim takson
  • Elopina Günther 1868
  • Siagonotes Duméril 1805[2]
Genera

Payus adalah kumpulan ikan bersirip pari dalam keluarga Elopidae yang mengandung satu genus hidup yaitu Elops. Namanya berasal dari bahasa Yunani ellops yaitu sejenis ular.[1]

Ikan dalam keluarga Elopidae hidup di pesisir lautan atau muara dan ditemukan di seluruh wilayah tropis dan subtropis, kadang-kadang ikan ini menjelajah ke perairan beriklim sedang.[3] Pemijahan terjadi di laut, dimana jentik ikan bermigrasi ke daratan memasuki perairan payau. Makanannya adalah ikan kecil dan krustasea (udang). Ukuran maksimumnya di seluruh spesies adalah 1 m (3,3 ft) dan berat maksimum 10 kg (22 pon). Tubuhnya berbentuk gelendong meruncing dan penampangnya lonjong; dengan tubuh sedikit pepat kesamping. Matanya berukuran besar.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Spesies yang dikenali saat ini dalam genus Elops adalah:[4][5]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Froese, R.; Pauly, D. (2017). "Elopidae". FishBase version (02/2017). Diakses tanggal 18 May 2017.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "FB" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ "Elopidae" (PDF). Deeplyfish- fishes of the world. Diakses tanggal 18 May 2017. 
  3. ^ Adams, A. J., Horodysky, A. Z., McBride, R. S., Guindon, K., Shenker, J., MacDonald, T. C., Harwell, H. D., Ward, R., and Carpenter, K. Global conservation status and research needs for tarpons (Megalopidae), ladyfishes (Elopidae) and bonefishes (Albulidae).
  4. ^ Froese, R.; Pauly, D. (2017). "Elopidae". FishBase version (02/2017). Retrieved 18 May 2017.
  5. ^ Haaramo, Mikko (2007). "Elopiformes – Tarpons and Tenpounders". Mikko's Phylogeny Archive. Diakses tanggal 30 December 2016. 
  6. ^ McBride, Richard S., Rocha, Claudia R., Ruiz-Carus, Ramon, Bowen, Brian W. 2012.