Paviliun Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paviliun di Akademi Nanhai, Taipei, Taiwan

Paviliun Tiongkok (亭, pinyin tíng) adalah paviliun taman dalam arsitektur Tiongkok tradisional. Meskipun sering ditemukan di dalam kuil, paviliun model ini tidak hanya merupakan bangunan keagamaan. Banyak taman dan kebun di Tiongkok yang memiliki paviliun guna memberikan keteduhan dan tempat untuk beristirahat.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Paviliun dengan atap berglasir kuning di aula utama Kuil Putuo Zongcheng dekat Chengde, dibangun tahun 1767–1771 pada masa pemerintahan Kaisar Qianlong

Paviliun diketahui telah dibangun pada awal Dinasti Zhou (1046–256 SM), kendati tidak ada contoh dari periode itu yang masih tersisa hingga hari ini. Penggunaan pertama aksara Han untuk kata paviliun berasal dari Periode Musim Semi dan Musim Gugur (722–481 SM) dan Periode Negara-Negara Berperang (403–221 SM). Selama Dinasti Han (202 SM–220 M), paviliun digunakan juga sebagai menara pengawas dan bangunan pemerintah lokal. Konstruksi bertingkat ini memiliki setidaknya satu lantai tanpa dinding di sekelilingnya sehingga memungkinkan untuk melakukan pengamatan lingkungan di sekitarnya.

Selama era Dinasti Sui (581–618) dan Dinasti Tang (618–907), pejabat dan cendekiawan kaya membuat paviliun di dalam taman dan kebun pribadi mereka. Selama periode ini, fungsi paviliun bergeser dari praktis menjadi estetika. Paviliun menjadi tempat untuk duduk, istirahat, dan menikmati pemandangan, selain menjadi bagian dari pemandangan itu sendiri, menjadikannya sebagai struktur yang menarik. Gulungan gambar lanskap dari tinta pada masa Dinasti Song (960–1279), menunjukkan gambar paviliun yang terisolasi, biasanya digunakan oleh pertapa sarjana di daerah pegunungan. Sebelumnya, paviliun kebanyakan terbuat dari batu, tetapi agar selaras dengan kehidupan pedesaan, maka bahan-bahan lain seperti bambu, rumput dan kayu juga mulai digunakan.[1]

Model paviliun[sunting | sunting sumber]

Paviliun bundar di Universitas Tionghoa Hong Kong

Paviliun sering diklasifikasikan menurut bentuknya jika dilihat dari atas. Umumnya, paviliun berbentuk bulat, persegi, heksagonal, dan segi delapan, tetapi ada juga desain yang tidak biasa seperti Paviliun Nanhai di Kuil Langit, Beijing, yang terdiri dari dua paviliun bundar yang disatukan.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Kata "亭" ("tíng", paviliun), umumnya diyakini terkait dengan fungsi awalnya sebagai tempat tinggal dan istirahat (停留休息, tínglíuxīuxi, berhenti dan beristirahat). Fakta bahwa paviliun paling awal digunakan untuk tujuan militer, namun pihak pemerintahan meragukan interpretasi ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 王, 其钧 (2007年). 中国古建筑图解. 机械工业出版社.