Pasir-pasir Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasir-pasir Eropa
Ilex aquifolium
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN202963
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladcampanulids
OrdoAquifoliales
FamiliAquifoliaceae
GenusIlex
SpesiesIlex aquifolium
Linnaeus, 1753
Distribusi

Distribution map of Ilex aquifolium

Ilex aquifolium, pasir-pasir Inggris, pasir-pasir Eropa, atau kadang-kadang pasir-pasir Natal, adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Aquifoliaceae, yang berasal dari Eropa barat dan selatan, Afrika barat laut, dan Asia barat daya. [2] [3] [4] Ia dianggap sebagai jenis spesies dari genus Ilex, yang menurut asosiasinya juga disebut "pasir-pasir" atau "kambasira". Ini adalah pohon malar hijau atau semak yang ditemukan, misalnya, di daerah teduh di hutan ek dan di pagar tanaman bewuk . Di Kepulauan Inggris, pohon ini adalah salah satu dari sedikit pohon malar hijau berkayu keras asli. Ia mempunyai kapasitas yang besar untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi dan merupakan spesies perintis yang menghuni kembali pinggiran hutan atau penebangan habis.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ilex aquifolium tumbuh hingga 10–25 m (33–82 ft) tinggi dengan batang berkayu selebar 40–80 cm (16–31 in), jarang 100 cm (39 in) atau lebih, diameternya. Daunnya 5–12 panjang cm dan 2–6 lebar cm; warnanya selalu hijau, bertahan sekitar lima tahun, dan berwarna hijau tua di permukaan atas dan lebih terang di bagian bawah, lonjong, kasar, berkilau, dan sekitar 5 hingga 9 panjang cm. Pada pohon muda dan dahan bawah pohon dewasa, daunnya mempunyai tiga sampai lima duri tajam di setiap sisinya, bergantian mengarah ke atas dan ke bawah, sedangkan daun pada cabang atas pada pohon dewasa tidak memiliki duri. [5]

Bunganya berwarna putih, berlobus empat, dan diserbuki oleh lebah . Pasir-pasir bersifat dwirumah, artinya ada tumbuhan jantan dan tumbuhan betina. Jenis kelamin tidak dapat ditentukan sampai tanaman mulai berbunga, biasanya antara umur 4 dan 12 tahun. Pada spesimen jantan, bunganya berwarna kekuningan dan muncul di kelompok ketiak daun . Pada betina, bunganya terisolasi atau berkelompok tiga dan berukuran kecil berwarna putih atau agak merah muda, terdiri dari empat kelopak dan empat sepal yang menyatu sebagian di pangkalnya.

Buah hanya muncul pada tanaman betina, sehingga membutuhkan tanaman jantan di dekatnya untuk membuahinya. Buahnya adalah buah berbiji (buah batu), sekitar 6–10 diameter mm, berwarna merah cerah atau kuning cerah, yang matang sekitar bulan Oktober atau November; saat ini rasanya sangat pahit karena kandungan ilicin [6] sehingga jarang dimakan sampai akhir musim dingin setelah embun beku membuatnya lebih lembut dan enak. Mereka dimakan oleh hewan pengerat, burung, dan herbivora yang lebih besar. Setiap buah mengandung 3 sampai 4 biji yang tidak berkecambah sampai musim semi kedua atau ketiga.[7]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Saat ini, pasir-pasir Eropa ditemukan di Asia Barat dan Eropa di semak-semak hutan ek dan khususnya hutan bewuk, meskipun kadang-kadang dapat membentuk semak belukar sebagai spesies dominan. Tanaman ini membutuhkan lingkungan yang lembab dan teduh, ditemukan di dalam hutan atau di lereng yang teduh, tebing, dan ngarai gunung. [8] [9] [10]

Di sepanjang pantai barat Amerika Serikat dan Kanada, dari California hingga British Columbia, Pasir-pasir eropa yang bukan penghunu asli Inggris terbukti sangat invasif, dengan cepat menyebar ke habitat hutan asli, tempat ia tumbuh subur di tempat teduh dan menyingkirkan spesies asli. Tanaman ini telah ditempatkan dalam daftar monitor Dewan Pengendalian Gulma Beracun Negara Bagian Washington, dan merupakan tanaman invasif Kelas C di Portland.[11] [12] [13]

Selama Era Kenozoikum, wilayah Mediterania, Eropa, dan Afrika barat laut mempunyai iklim yang lebih basah dan sebagian besar ditutupi oleh hutan dafnah . Pasir-pasir adalah spesies perwakilan khas bioma ini, di mana terdapat banyak spesies genus Ilex saat ini. Dengan mengeringnya Cekungan Mediterania selama Pliosen, hutan laurel secara bertahap menyusut, digantikan oleh komunitas tumbuhan sklerofil yang lebih toleran terhadap kekeringan . Ilex aquifolium modern dihasilkan dari perubahan ini.[butuh klarifikasi][ diperlukan klarifikasi ][butuh rujukan]Sebagian besar hutan dafnah yang tersisa di sekitar Mediterania diyakini telah mati sekitar 10.000 tahun yang lalu pada akhir zaman Pleistosen .

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Pasir-pasir eropa adalah spesies pionir tangguh yang lebih menyukai daerah yang relatif lembab, dan tahan terhadap embun beku serta kekeringan musim panas. Tanaman ini umum ditemukan di garrigue dan maquis dan juga ditemukan di hutan gugur dan hutan pasang.


Tegakan pasir-pasir eropa yang murni dapat tumbuh menjadi labirin kubah tempat burung anis dan rusa berlindung, sementara burung-burung yang lebih kecil terlindungi di antara dedaunannya yang berduri. Setelah musim dingin pertama, buah pasir-pasir eropa menjadi lunak dan jatuh ke tanah, berfungsi sebagai makanan penting di daerah asalnya bagi burung musim dingin pada saat sumber daya langka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barstow, M.; Khela, S. (2018). "Ilex aquifolium". 2018: e.T202963A68067360. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-1.RLTS.T202963A68067360.en. 
  2. ^ Flora Europaea: Ilex aquifolium
  3. ^ Med-Checklist: Ilex aquifolium
  4. ^ Rushforth, K. (1999).
  5. ^ Rushforth, K. (1999).
  6. ^ Hoppe, Heinz, A. (1975). Drogenkunde. W. de Gruyter. ISBN 3-13-566001-X. 
  7. ^ Peterken, G. F.; Lloyd, P. S. (November 1967). "Ilex aquifolium L". Journal of Ecology. 55 (3): 841–858. doi:10.2307/2258429. JSTOR 2258429. 
  8. ^ Flora Europaea: Ilex aquifolium
  9. ^ Med-Checklist: Ilex aquifolium
  10. ^ Rushforth, K. (1999).
  11. ^ "Washington State Noxious Weed Control Board". 
  12. ^ "English Holly | Invasive Species Council of British Columbia | ISCBC Plants & Animals". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-06. Diakses tanggal 2015-08-14. 
  13. ^ "Ilex aquifolium (English holly)". California Invasive Plant Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-16. Diakses tanggal 2016-10-02.