Pasang merah utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasang merah utara
Quercus rubra

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN194226
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoFagales
FamiliFagaceae
GenusQuercus
SpesiesQuercus rubra
Linnaeus, 1753
Distribusi

Quercus rubra, pohon pasang merah utara, adalah pohon Pasang (pohon) dalam kelompok pohon pasang merah ( Quercus section Lobatae ). Ia berasal dari Amerika Utara, di Amerika Serikat bagian timur dan tengah, serta Kanada bagian tenggara dan tengah-selatan. Tanaman ini telah diperkenalkan ke wilayah kecil di Eropa Barat, di mana tanaman ini sering terlihat dibudidayakan di kebun dan taman. Ia lebih menyukai tanah bagus yang sedikit asam . Seringkali hanya disebut pasang merah, nama pasang merah utara diambil untuk membedakannya dengan pasang merah selatan ( Q. falcata ), juga dikenal sebagai pohon pasang Spanyol.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Di banyak hutan, Quercus rubra tumbuh lurus dan tinggi, hingga 28 meter (92 kaki), khususnya hingga 43 m (141 ft) tingginya, dengan diameter batang mencapai 50–100 sentimeter (20–39 inci) . Pohon yang tumbuh terbuka tidak akan tumbuh setinggi itu, tetapi batangnya bisa menjadi lebih kokoh, hingga2 m (6,6 ft) dengan diameter. Ia memiliki cabang-cabang kokoh yang tumbuh tegak lurus terhadap batang, membentuk kepala sempit dengan puncak bulat. [2]

Di bawah kondisi optimal dan sinar matahari penuh, pasang merah utara tumbuh cepat dan pohon berumur 10 tahun dapat berumur 5–6 m (16–20 ft) tinggi.[3] Pohon bisa hidup hingga 400 tahun; [4] contoh hidup selama 326 tahun tercatat pada tahun 2001. [5]

Pohon pasang merah utara mudah dikenali dari kulit kayunya, yang memiliki tonjolan-tonjolan yang tampak memiliki garis-garis mengkilat di tengahnya. Beberapa pohon pasang lainnya memiliki kulit dengan penampilan seperti ini di bagian atas pohon, tetapi pohon pasang merah utara adalah satu-satunya pohon dengan garis-garis di sepanjang batangnya.

Seperti kebanyakan pohon pasang peluruh lainnya, gugurnya daun terjadi pada musim semi ketika panjang siang hari telah mencapai 13 jam—hal ini sepenuhnya bergantung pada fotoperiode dan akan terjadi berapa pun suhu udara. Akibatnya (lihat di bawah), di daerah yang lebih dingin, pohon pasang utara sering kali kehilangan bunganya karena musim dingin yang membeku di akhir musim semi, sehingga tidak ada panen benih sepanjang tahun. Untai bunga dan dedaunan muncul pada saat bersamaan. Buah pasang berkembang di pohon selama dua musim tanam dan dilepaskan dari pohon pada awal Oktober, dan rontoknya daun dimulai ketika panjang siang hari kurang dari 11 jam. Waktu munculnya daun dan gugurnya daun dapat bervariasi hingga tiga minggu di AS bagian utara dan selatan. Bibit muncul di musim semi ketika suhu tanah mencapai 21 °C (70 °F) .

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Spesies ini tumbuh dari ujung utara Great Lakes, timur hingga Nova Scotia, selatan hingga Georgia, Mississippi, Alabama, dan Louisiana, dan barat hingga Oklahoma, Kansas, Nebraska, dan Minnesota .

Ia tumbuh dengan cepat dan toleran terhadap banyak jenis tanah dan berbagai situasi, meskipun ia lebih menyukai aliran glasial dan tepi sungai yang memiliki drainase yang baik. [6] Di Amerika Serikat bagian tenggara, pohon ini sering kali menjadi bagian kanopi di hutan semak pasang, tetapi umumnya tidak sepenting beberapa pohon pasang lainnya. [7]

Pohon pasang merah utara adalah spesies pohon pasang yang paling umum di Amerika bagian timur laut setelah pohon pasang jarim yang berkerabat dekat ( Q. palustris ). Kelompok pohon pasang merah secara keseluruhan jumlahnya lebih banyak saat ini dibandingkan ketika pemukiman Eropa di Amerika Utara dimulai karena pembukaan hutan dan eksploitasi kayu telah mengurangi populasi pohon pasang putih yang sebelumnya dominan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wenzell , K.; Kenny, L. (2015). "Quercus rubra". 2015: e.T194226A2305058. doi:10.2305/IUCN.UK.2015-4.RLTS.T194226A2305058.en. 
  2. ^ Keeler, Harriet L. (1900). Our Native Trees and How to Identify Them. New Roak: Charles Scribner's Sons. hlm. 349–354. 
  3. ^ Arbor Day Foundation, Northern Red Oak
  4. ^ United States Department of Agriculture Plant Guide
  5. ^ Lamont–Doherty Earth Observatory and Columbia University, Eastern US oldlist
  6. ^ Keeler, Harriet L. (1900). Our Native Trees and How to Identify Them. New Roak: Charles Scribner's Sons. hlm. 349–354. 
  7. ^ Schafale, M. P. and A. S. Weakley.