Paruh-silang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paruh-silang
Loxia
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusLoxia
Linnaeus, 1758

Paruh-silang adalah burung dari genus Loxia dalam keluarga pipit-bondol ( Fringillidae ), dengan enam spesies. Burung-burung ini dicirikan oleh rahang bawah dengan ujung bersilang, yang memberi nama Indonesia pada kelompok tersebut. Jantan dewasa cenderung berwarna merah atau oranye, dan betina berwarna hijau atau kuning, tetapi variasinya banyak.

Paruh-silang adalah spesialis pemakan kerucut tumbuhan runjung, dan bentuk paruh yang tidak biasa merupakan adaptasi yang memungkinkan mereka mengekstraksi biji dari kerucut. Burung-burung ini biasanya ditemukan di garis lintang belahan bumi utara yang lebih tinggi, tempat sumber makanan mereka tumbuh. Mereka keluar dari wilayah perkembangbiakan ketika panen kerucut gagal. Paruh-silang berkembang biak di awal tahun, seringkali di bulan-bulan musim dingin, untuk memanfaatkan persediaan kerucut secara maksimal.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Sumber makanan Distribusi spesies
</img> Loxia curvirostra Paruh-silang merah spesies separ ( Picea ); beberapa populasi (spesies berbeda?) pada berbagai spesies tusam ( Pinus ) dan (di Amerika Utara bagian barat) Cemara douglass Eurasia, Afrika Utara, dan Amerika Utara
</img> Loxia leucoptera Paruh-silang sayap-putih Spesies Lorik ( Larix ), khususnya L. sibirica, L. gmelinii, L. laricina dan (di Amerika Utara) juga Atsuga ( Tsuga ) Eurasia dan Amerika Utara
</img> Loxia megaplaga Paruh-silang Karibia Pinus Hispaniolan ( Pinus occidentalis ) Hispaniola ( Haiti dan Republik Dominika )
</img> 'Loxia pytyopsittacus' Paruh-silang nuri Tusam Skotlandia ( Pinus sylvestris ) Eropa Utara, Timur, dan Tengah
</img> Loxia skotika Paruh-silang Skotlandia Spesies tusam Skotlandia ( Pinus sylvestris ) dan Lorik ( Larix ) (khususnya tanaman L. decidua ) Skotlandia
</img> Loxia sinesciuris Paruh-silang Cassia Populasi tusam lodgepole yang terisolasi ( Pinus contorta latifolia ) South Hills dan Pegunungan Albion, Idaho, Amerika Serikat

Perilaku makan[sunting | sunting sumber]

Anatomi tengkorak dan rahang paruh-silang merah dari A History of British Birds karya William Yarrell (1843)

Spesies yang berbeda mengkhususkan diri dalam memakan spesies tumbuhan runjung yang berbeda, dengan bentuk paruh yang dioptimalkan untuk membuka spesies tumbuhan runjung tersebut. Hal ini dicapai dengan memasukkan paruh di antara sisik kerucut tumbuhan runjung dan memutar mandibula bagian bawah ke arah sisi yang dilintasinya, memungkinkan burung mengeluarkan benih di bagian bawah sisik dengan lidahnya.

Mekanisme dimana persilangan paruh (yang biasanya, namun tidak selalu, terjadi dalam frekuensi 1:1 dari bentuk menyilang kiri atau menyilang kanan) dikembangkan, dan apa yang menentukan arahnya sampai sekarang telah bertahan dari semua upaya untuk menyelesaikannya.

Kemungkinan besar terdapat dasar genetik yang mendasari fenomena tersebut (burung muda yang paruhnya masih lurus akan menunjukkan perilaku membuka kerucut jika paruhnya ditekan perlahan, dan persilangan terjadi sebelum burung tersebut matang dan makan secara mandiri), namun setidaknya pada paruh merah (satu-satunya spesies yang telah diteliti secara menyeluruh mengenai pertanyaan ini) tidak ada mekanisme heritabilitas yang jelas.

Meskipun arah persilangan tampaknya merupakan hasil dari setidaknya tiga faktor genetik yang bekerja sama dalam kasus epistasis dan kemungkinan besar autosomal, tidak jelas apakah frekuensi 1:1 dari kedua morf tersebut dalam banyak kasus merupakan hasil dari genetika atau seleksi lingkungan. Populasi yang memakan kerucut tanpa menghilangkan atau memelintirnya kemungkinan besar akan menunjukkan distribusi morf 1:1, apa pun dasar genetiknya: kesesuaian setiap morf berbanding terbalik dengan frekuensinya dalam populasi. Burung tersebut hanya dapat mengakses kerucut dengan ujung mandibula bawah mengarah ke sana agar berhasil mengekstraksi benih, sehingga jumlah burung dalam satu morf yang terlalu banyak akan mengakibatkan ketersediaan makanan untuk setiap burung dalam morf tersebut menurun.[1]

Mereka dapat memanfaatkan tumbuhan runjung lain sesuai keinginan mereka, dan sering kali perlu melakukan hal tersebut ketika spesies pilihan mereka mengalami kegagalan panen, namun kurang efisien dalam pemberian pakan (tidak cukup untuk mencegah kelangsungan hidup, namun mungkin cukup untuk mengurangi keberhasilan perkembangbiakan).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edelaar, Pim; Postma, Erik; Knops, Peter; Phillips, Ron (2005). "No support of a genetic basis of mandible crossing direction in crossbills (Loxia spp.)" (PDF). Auk. 122 (4): 1123–1129. doi:10.1642/0004-8038(2005)122[1123:NSFAGB]2.0.CO;2. JSTOR 4090517.