Lorik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lorik
Larix

Larix lyallii in autumn near Sprite Lake in Washington State, US
Taksonomi
DivisiPinophyta
KelasPinopsida
OrdoPinales
FamiliPinaceae
SubfamiliLaricoideae
GenusLarix
Mill., 1754
Species
About 10–11; see text

Lorik atau lariks adalah tumbuhan runjung gugur dalam genus Larix, dari keluarga Pinaceae (subfamili Laricoideae ). Tumbuh setinggi 20 hingga 45 meter (65 hingga 150 kaki), mereka berasal dari daerah yang lebih dingin di belahan bumi utara, di mana mereka ditemukan di hutan dataran rendah di garis lintang tinggi, dan tinggi di pegunungan lebih jauh ke selatan. Lorik adalah salah satu tumbuhan dominan di hutan boreal Siberia dan Kanada. Meskipun termasuk tumbuhan runjung, lorik adalah pohon meranggas yang kehilangan jarumnya di musim gugur.

Deskripsi dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Spesies tertinggi, Larix occidentalis, bisa mencapai 50 hingga 60 m (160 hingga 200 ft) . Mahkota pohon lorik jarang dan cabang-cabangnya dibuat horizontal ke batang, meskipun beberapa spesies memiliki ciri khas menjuntai. Tunas lorik bersifat dimorfik, dengan daun tumbuh sendiri-sendiri pada tunas panjang biasanya 10 hingga 50 cm (4 hingga 20 in) panjang [1] :47dan mempunyai beberapa tunas, dan dalam kelompok padat yang terdiri dari 20–50 jarum pada tunas pendek [1] saja1–2 mm (0,039–0,079 in) panjang dengan hanya satu tunas. Daunnya (hijau muda) seperti jarum,2 hingga 5 cm (34 hingga 2 in) panjang, ramping (bawah1 cm (0,39 in) luas). Lorik adalah salah satu dari sedikit tumbuhan runjung gugur, yang biasanya selalu hijau. Tumbuhan runjung gugur lainnya termasuk lorik emas Pseudolarix amabilis, kayu merah fajar Metasequoia glyptostroboides, sipres rawa Cina Glyptostrobus pensilis, dan pohon sipres botak dalam genus Taxodium .

Bunga jantan (runjung kecil) berwarna oranye kekuningan dan gugur setelah penyerbukan. Bunga betina (atau kerucut ) lorik tegak, kecil,1–9 cm (0,39–3,54 in) panjang, hijau atau ungu, coklat saat matang dan mengalami lignifikasi (sekarang disebut strobilus ) 5–8 bulan setelah penyerbukan; pada sekitar separuh spesies, sisik daun lindungnya panjang dan terlihat, dan pada spesies lainnya, pendek dan tersembunyi di antara sisik biji. Tanaman asli wilayah utara mempunyai runjung kecil (1–3 cm (0,39–1,18 in) ) dengan daun lindung pendek, dengan spesies yang lebih selatan cenderung memiliki kerucut yang lebih panjang (3–9 cm (1,2–3,5 in) ), seringkali dengan daun lindung yang menonjol, dengan daun lindung dan bracts terpanjang yang dihasilkan oleh spesies paling selatan, di Himalaya. Benihnya bersayap. Pohon lorik adalah pohon yang ramping, sistem akarnya lebar dan dalam, serta kulit kayunya retak halus dan berkerut membentuk plak tidak beraturan. Kayunya berwarna dua warna, dengan inti kayu berwarna merah muda salmon dan kayu gubal berwarna putih kekuningan.

Jumlah kromosomnya adalah 2n = 24, mirip dengan kebanyakan pohon lain dalam famili Pinaceae

Pohon lorik terdapat di semua zona beriklim dingin di belahan bumi utara, dari Amerika Utara hingga Siberia utara melewati Eropa, pegunungan Cina, dan Jepang . Pohon lorik adalah pohon hutan penting di Rusia, Eropa Tengah, Amerika Serikat, dan Kanada . Mereka membutuhkan iklim yang sejuk dan cukup lembab dan oleh karena itu mereka ditemukan di pegunungan di daerah beriklim sedang, sedangkan di zona boreal paling utara mereka juga ditemukan di dataran. Pada gen. Lorik termasuk pohon yang tumbuh lebih jauh ke utara, mencapai tundra dan es kutub di Amerika Utara dan Siberia. Pohon lorik adalah spesies pionir yang tidak terlalu menuntut tanah dan merupakan pohon berumur panjang. Mereka hidup di hutan murni atau hutan campuran bersama dengan tumbuhan runjung lainnya atau lebih jarang pohon berdaun lebar.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Stace, C. A. (2010). New Flora of the British Isles (edisi ke-Third). Cambridge, U.K.: Cambridge University Press. ISBN 978-0-521-70772-5.