Pipit (Fringillidae)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pipit-bondol)
Pipit (Fringillidae)
Fringilla coelebs
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Subkelas:
Infrakelas:
Superordo:
Ordo:
Subordo:
Infraordo:
Superfamili:
Famili:
Fringillidae

Vigors, 1825
subfamili

Carduelinae
Drepanidinae
Euphoniinae
Fringillinae

Pipit sejati, finch sejati atau terkadang emprit adalah burung pengicau berukuran kecil hingga sedang dalam keluarga Fringillidae . Burung pipit sejati umumnya memiliki paruh berbentuk kerucut yang kokoh dan disesuaikan untuk memakan biji-bijian dan kacang-kacangan dan sering kali memiliki bulu berwarna-warni. Mereka menempati sejumlah besar habitat di mana mereka biasanya tinggal dan tidak bermigrasi. Mereka memiliki sebaran asli di seluruh dunia kecuali Australia dan wilayah kutub. Keluarga Fringillidae berisi lebih dari dua ratus spesies yang terbagi dalam lima puluh genera . Burung pipit sejati berbeda dengan burung pipit dala keluarga Estrildidae

Sebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Burung pipit sejati mempunyai distribusi hampir global, ditemukan di seluruh Amerika, Eurasia dan Afrika, serta beberapa kelompok pulau seperti kepulauan Hawaii. Mereka tidak ditemukan di Australasia, Antartika, Pasifik Selatan, dan pulau-pulau di Samudera Hindia, meskipun beberapa spesies Eropa telah diperkenalkan secara luas di Australia dan Selandia Baru.

Burung pipit sejati biasanya menghuni daerah berhutan lebat, namun ada pula yang dapat ditemukan di pegunungan atau bahkan di gurun .

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Burung pipit sejati pada dasarnya adalah hewan pemakan biji-bijian (granivora) , namun burung pipit-bondol dalam genus eufonia memakan sejumlah besar artropoda dan buah beri dan burung panjat-madu Hawaii berevolusi untuk memanfaatkan berbagai sumber makanan, termasuk nektar . Makanan anakan Fringillidae mencakup sejumlah arthropoda kecil yang bervariasi. Burung pipit-bondol sejati memiliki kemampuan terbang yang memantul seperti kebanyakan burung pengicau kecil , mengepakkan sayap secara bergantian dengan meluncur dengan sayap tertutup. Sebagian besar bernyanyi dengan baik dan beberapa di antaranya sering terlihat sebagai burung sangkar ; yang paling utama di antaranya adalah kenari peliharaan ( Serinus canaria domestica ). Sarangnya berbentuk keranjang dan biasanya dibangun di pepohonan, lebih jarang di semak-semak, di antara bebatuan, atau di atas substrat serupa.

Sumber[sunting | sunting sumber]