Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Partai Komunis
Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia
Коммунистическая партия Российской Советской Федеративной Социалистической Республики
SingkatanPK RSFSR
КП РСФСР (Bahasa Rusia)
Sekretaris UmumIvan Polozkov (1990–1991)
Valentin Kuptsov (1991–1993)
Dibentuk19 Juni 1990 (1990-06-19)
Dilarang6 November 1991 (1991-11-6)
Dipisah dariPartai Komunis Uni Soviet
Diteruskan olehPKFR
Kantor pusatMoskwa, Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia
Sayap pemudaPersatuan Pemuda Komunis
IdeologiKomunis
Marxisme–Leninisme
Nasionalisme Soviet
Posisi politikKiri-Jauh
Afiliasi nasionalPartai Komunis Uni Soviet
Warna  Red
Himne"The Internationale"
(Интернациона́л)

Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia (PKRSFSR, bahasa Rusia: Коммунистическая партия Российской Советской Федеративной Социалистической Республики; КП РСФСР) atau sering juga dikenal sebagai Partai Komunis Rusia adalah sebuah partai politik komunis di Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia (RSFSR)[1]. Partai Komunis RSFSR didirikan pada tahun 1990[2]. Partai Komunis RSFSR menjadi cabang Partai Komunis Uni Soviet untuk negara bagian RSFSR yang dikelola sekitar 58% dari keanggotaan Partai Komunis[3]. Secara politis partai ini menjadi pusat komunis yang menentang kepemimpinan Gorbachev

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia telah menjadi satu-satunya negara bagian republik di Uni Soviet yang tidak mempunyai cabang Partai Komunis di tingkat negara bagian. Faktanya ditahun 1947, Komisariat Rakyat untuk Urusan Dalam Negeri Uni Soviet telah menjalankan sebuah investigas yang disebut dengan Kasus Leningrad dimana kasus ini melawan fungsionaris partai yang dituduh ingin mendirikan sebuah Partai Komunis tingkat negara bagian di RSFSR[4][5].

Pada tahun 1989, sebuah sektor di Partai Komunis Uni Soviet (yang menentang kepemimpinan Mikhail Gorbachev) meluncurkan sebuah kampannye agar sebuah Partai Komunis tingkat negara bagian Otonomi Rusia segera didirikan[4]. Di Bulan Juni 1989, sebuah artikel yang diterbitkan di Nash Sovremennik (ditulis oleh Galina Litvinova), mendakwa bahwa bangsa Rusia telah mengalami kemunduran selama pemerintahan Soviet dan urgensi untuk membentuk sebuah Komite Pusat Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet sangat dibutuhkan[6].

Persiapan Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia muncul dari sebuah aliansi antara Apparatchik yang berbasis di Leningrad dan kecenderungan nasional-patriotik Rusia. Barisan Buruh Bersatu adalah salah satu pem-backing utama dari terbentuknya organisasi partai baru ini[7].

Gorbachev menghadapi kesulitan dalam menghalangi pembentukan partai ini. Banyak anggota Partai Komunis Uni Soviet yang berasal dari Rusia yang belum tentu pengikut lawan garis keras Gorbachev mendukung upaya pembentukan organisasi Partai Komunis Rusia. Atas inisiatif Gorbachev, sebuah Biro Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia Partai Komunis didirikan diakhir tahun 1989, dalam upaya menghalangi pembentukan Partai Komunis Rusia. Namun tindakannya ini tidak dapat membendung keinginan untuk membentuk sebuah Partai Komunis Rusia, dan Biro Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia Partai Komunis mengeluarkan sebuah pernyataan untuk membentuk Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia. Proses ini disebut mempermalukan Gorbachev karena biro tersebut mengklarifikasi bahwa dia tidak sepenuhnya mengendalikan aparat partai[8].

Sebelum pembentukan Partai Komunis Rusia, perdebatan muncul tentang nama partai baru ini. Para komunis Chechen-Ingush berpendaoat bahwa nama yang diberikan harus mengandung "Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia" dibanding hanya menggunakan kata "Rusia". Bahkan keputusan yang telah diloloskan membuat kongres harus dibagi menjadi dua sesi yaitu sebelum dan sesudah Kongres Ke-XXVIII Partai Komunis Uni Soviet[9].

Sesi Pertama Kongres[sunting | sunting sumber]

Sesi pertama Kongres Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia dibuka pada tanggal 19 Juni 1990 di Moskwa[10][11]. 2.768 delegasi menghadiri kongres tersebut. Dalam kongres tersebut muncul tiga nama calon Sekretaris Pertama Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia yaitu, Valentin Kuptsov, Ivan Polozkov dan Oleg Lobov (Sekretaris Kedua Partai Komunis Armenia). Kuptsov, didukung oleh Gorbachev dan seluruh pimpinan Partai Komunis Uni Soviet mengalami kekalahan. Kuptsov menerima 343 dukungan suara dan 2278 delegasi menyatakan menolak dalam pemungutan suara. Polozkov menerima 1.017 dukungan suara dan 1604 delegasi menyatakan menolaknya. Sedangkan Lobov menerima 848 dukunga suara dan 1773 suara yang menolaknya. Putaran kedua pemilihan digelar antara Polozkov dan Lobov. Polozkov menerima 1396 dukungan suara dan terpilih menjadi Sekretaris Pertama sedangkan lawannya, Lobov menerima 1066 dukungan suara[10] Sesi pertama dinyatakan berakhir pada 23 Juni 1990[12].

Polozkov adalah pemimpin faksi garis keras, yang berasal dari Krasnodar[11]. Setelah terpilih, Polozkov berusaha menjauhkan diri dari elemen paling garis keras (diwakili oleh Nina Andreyeva) dan melakukan rekonsiliasi dengan Gorbachev, Boris Yeltsin dan Partai Komunis RSFSR[13].

Sesi Kedua Kongres[sunting | sunting sumber]

Kongres pendiri Partai Komunis RSFSR diselenggarakan kembali untuk sesi kedua dari 4 September hingga 6 September 1990. Sesi kedua dilaksanakan untuk memilih 272 anggota Komite Pusat dan 96 anggota Komisi Kontrol Pusat untuk partai tersebut[14][15]. Saat itu, perjuangan politik telah menajam; Polozkov meminta komunis di RSFSR untuk menentang pemulihan kapitalisme oleh pemerintahan Yeltsin. Partai Komunis RSFSR memiliki sekitar 40% kursi di Soviet Tertinggi RSFSR yang baru dibentuk[14].

Peran Politik[sunting | sunting sumber]

Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia terbagi menjadi beberapa pandangan yaitu reformis, garis keras dan nasionalis. Polozkov memainkan peran penting dalam menentukan peran partai sebagai kekuatan oposisi anti-Perestroika[16][17]. Namun gaya kemimpinnya dipandang pasif dan dia diserang dari segala sisi di dalam partai. Para deputi di Soviet Tertinggi RSFSR menyerangnya, sedangkan komunis di Kaliningrad mengkritisinya karena penentangannya terhadap Yeltsin[18].

Pembentukan Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia menyebabkan terjadinya permasalahan internal di dalam Partai Komunis Uni Soviet karena iuran keanggotaan dari RSFSR sekarang harus melewati Partai Komunis RSFSR. Namun beberapa organisasi partai tingkat rendah terus membayar iuran mereka langsung ke Partai Komunis Uni Soviet, yang pada dasarnya dianggap sebagai tindakan pembangkangan terhadap garis keras yang mengendalikan Partai Komunis RSFSR[19]. Partai tersebut menjadi anggota Dewan Koordinasi Pasukan Patriotik, yang mengkampanyekan persatuan Uni Soviet dalam referendum Maret 1991[20].

Pencopotan Polozkov[sunting | sunting sumber]

Pada 6 Agustus 1991, Polozkov dicopot dari jabatannya sebagai Sekretaris Pertama (Pemimpin Partai) Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia setelah menyebut Gorbachev sebagai pengkhianat tiga hari sebelumnya. Valentin Kuptsov kemudian diangkat menjadi Sekretaris Pertama partai menggantikan Polozkov[21].

Pelarangan[sunting | sunting sumber]

Setelah kejatuhan Uni Soviet tahun 1991, Boris Yeltsin mengeluarkan tiga dekrit presiden yang menyebabkan pembubaran Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia. Pada tanggal 23 Agustus 1991, Yeltsin mengeluarkan sebuah dekrit yang berjudul "Penangguhan Aktifitas Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia[22]. Pada 25 Agustus, Yeltsin kembali mengeluarkan Dekrit No. 90 yang menyatakan bahwa aktifitas Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia ditangguhkan dan segala properti yang ada pada Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia menjadi milik Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia[23]. Terakhir, pada 6 November 1991, Yeltsin mengeluarkan dekrit yang melarang Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia[24][25][26].

Pada 30 November 1992, Mahkamah Konstitusi Federasi Rusia mengekalkan pelarangan aktifitas Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia yang dibuat atas dasar teritorial, karena tidak sesuai dengan Konstitusi Rusia, tetapi mendukung pembubaran struktur pemerintahan Partai Komunis Uni Soviet dan struktur pemerintahan organisasi cabangnya - Partai Komunis RSFSR[27].

Pada 14 Februari 1993, Partai Komunis Federasi Rusia dibentuk pada sebuah Kongres Luar Biasa Ke-2 yang menyatakan bahwa Partai Komunis Federasi Rusia merupakan penerus dari Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia[28]. Partai Komunis Federasi Rusia dipimpin oleh Gennady Zyuganov yang dulunya merupakan Kepala Bidang Ideologi Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia dan anggota Sekretariat Partai Komunis Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia[29][30].

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ O'Connor, Kevin. Intellectuals and Apparatchiks: Russian Nationalism and the Gorbachev Revolution. Lanham, MD: Lexington Books, Rowman & Littlefield, 2006. p. 165.
  2. ^ Harris, Jonathan. Subverting the System: Gorbachev's Reform of the Party's Apparat, 1986–1991. Lanham, MD: Rowman & Littlefield, 2005. pp. 110–3.
  3. ^ Backes, Uwe. Communist and Post-Communist Parties in Europe. Göttingen: Vandenhoeck & Ruprecht, 2008. 437
  4. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama p12
  5. ^ Buttino, Marco. In a Collapsing Empire: Underdevelopment, Ethnic Conflicts and Nationalisms in the Soviet Union. Milano: Feltrinelli, 1993. p. 61
  6. ^ O'Connor, Kevin. Intellectuals and Apparatchiks: Russian Nationalism and the Gorbachev Revolution. Lanham, MD: Lexington Books, Rowman & Littlefield, 2006. p. 148
  7. ^ O'Connor, Kevin. Intellectuals and Apparatchiks: Russian Nationalism and the Gorbachev Revolution. Lanham, MD: Lexington Books, Rowman & Littlefield, 2006. pp. 178–9.
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama p13
  9. ^ Ogushi, Atsushi. The Demise of the Soviet Communist Party. London: Routledge, 2008. pp. 100–1
  10. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama o1002
  11. ^ a b White, Stephen, Graeme J. Gill, and Darrell Slider. The Politics of Transition: Shaping a Post-Soviet Future. Cambridge, ENG, UK: Cambridge University Press, 1993. p. 132
  12. ^ Segrillo, Angelo (2005), Rússia e Brasil em transformação: uma breve história dos partidos russos e brasileiros na democratização política (dalam bahasa Portuguese), Rio de Janeiro, RJ, BR: 7Letras, hlm. 28, ISBN 9788575771754 .
  13. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama p14
  14. ^ a b Harris, Jonathan. Subverting the System: Gorbachev's Reform of the Party's Apparat, 1986–1991. Lanham, MD: Rowman & Littlefield, 2005. p. 128
  15. ^ Orttung, Robert W (1995), From Leningrad to St. Petersburg: Democratization in a Russian City, New York: St. Martin's Press, hlm. 178–80, ISBN 9780312120801 .
  16. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama pr2
  17. ^ O'Connor, Kevin. Intellectuals and Apparatchiks: Russian Nationalism and the Gorbachev Revolution. Lanham, MD: Lexington Books Rowman & Littlefield, 2006. pp. 179, 223, 291
  18. ^ Harris, Jonathan. Adrift in Turbulent Seas: The Political and Ideological Struggles of Ivan Kuz'mich Polozkov. Center for Russian and East European Studies, Univ. of Pittsburgh, 1993. p. 26
  19. ^ Ogushi, Atsushi. The Demise of the Soviet Communist Party. London: Routledge, 2008. pp. 121–2.
  20. ^ O'Connor, Kevin. Intellectuals and Apparatchiks: Russian Nationalism and the Gorbachev Revolution. Lanham, MD: Lexington Books, Rowman & Littlefield, 2006. p. 250
  21. ^ O'Connor, Kevin. Intellectuals and Apparatchiks: Russian Nationalism and the Gorbachev Revolution. Lanham, MD: Lexington Books, Rowman & Littlefield, 2006. p. 265
  22. ^ Указ Президента РСФСР от 23.08.1991 г. № 79 «О приостановлении деятельности Коммунистической партии РСФСР»
  23. ^ Указ Президента РСФСР от 25 августа 1991 г. № 90 «Об имуществе КПСС и Коммунистической партии РСФСР»
  24. ^ Указ Президента РСФСР от 6 ноября 1991 г. № 169 «О деятельности КПСС и КП РСФСР»
  25. ^ Ogushi, Atsushi. The Demise of the Soviet Communist Party. London: Routledge, 2008. p. 147
  26. ^ Ra'anan, Uri, Keith Armes, and Kate Martin. Russian Pluralism, Now Irreversible? New York: St. Martin's Press, 1992. pp. 82–3.
  27. ^ Постановление Конституционного Суда РФ от 30 ноября 1992 г. N 9-П "По делу о проверке конституционности Указов Президента РФ от 23 августа 1991 года N 79 "О приостановлении деятельности Коммунистической партии РСФСР", от 25 августа 1991 года N 90 "Об имуществе КПСС и Коммунистической партии РСФСР" и от 6 ноября 1991 года N 169 "О деятельности КПСС и КП РСФСР", а также о проверке конституционности КПСС и КП РСФСР"
  28. ^ American University (Washington, D.C.), and Moskovskiĭ gosudarstvennyĭ universitet im. M.V. Lomonosova. Demokratizatsiya: The Journal of Post-Soviet Democratization, Volume 4. Washington, DC: Quality Press of the Southern Tier, 1996. p. 174
  29. ^ O'Connor, Kevin. Intellectuals and Apparatchiks: Russian Nationalism and the Gorbachev Revolution. Lanham, MD: Lexington Books, Rowman & Littlefield, 2006. p. 265
  30. ^ Lentini, Peter. Elections and Political Order in Russia: The Implications of the 1993 Elections to the Federal Assembly. Budapest, HU: Central Europ. Univ. Press, 1995. p. 274