Parsel (paket)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Parsel Palang Merah

Parsel adalah sebuah paket yang disertai dengan nama dan alamat penerima, sehingga dapat dikirim melalui pos atau jasa pengiriman paket ekspres.

Ukuran parsel dapat bervariasi, mulai dari ukuran sebuah surat standar hingga ukuran kotak besar, atau bahkan ukuran berapapun, asal masih dapat diangkut dengan gerobak tangan. Kini[per kapan?], parsel kerap diberi kode batang sehingga dapat dilacak keberadaannya hingga sampai ke penerima.[1] Kode batang adalah sebuah kode atau nomor identitas unik yang diberikan pada suatu parsel sebelum dikirim ke penerima. Sebuah kode batang dapat menjadi patokan keberadaan parsel, karena dapat dipindai oleh petugas pengiriman saat tiba di titik-titik tertentu, untuk dilaporkan keberadaannya ke sistem yang dapat diakses oleh pengirim maupun penerima.[2]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Parsel buku

Parsel digunakan dalam pengiriman dan penerimaan barang sehari-hari. Biasanya parsel digabung di dalam suatu kemasan yang terbuat dari berbagai macam bahan (kardus, kotak kayu, dll) untuk menjaga keutuhan dari parsel tersebut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ KENNETH C LAUDON; JANE PRICE LAUDON (2004). Sistemas de información gerencial: administración de la empresa digital. Pearson Educación. hlm. 10–. ISBN 978-970-26-0528-7. Diakses tanggal 11 May 2013. 
  2. ^ "Parcel tracking". Diakses tanggal 30 December 2019. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Stopford, M. (2009): Maritime economics, 3rd edition, Routledge.