Park Sang-hak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Park Sang-hak
Park Sang-hak (2014)
Nama asal박상학
Lahir16 Februari 1968 (umur 56)
Hyesan, Korea Utara
KebangsaanKorea Selatan
PendidikanCollege
PekerjaanAktivis
Dikenal atasPendiri dari organisasi Pejuang Kebebasan Korea Utara
Park Sang-hak
Josŏn-gŭl
박상학
Alih AksaraBak Sang-hak
McCune–ReischauerPak Sanghak

Park Sang-hak adalah seorang Aktivis Demokrasi Korea Utara dan ketua Pejuang untuk Korea Utara yang Merdeka. Park Sang-hak adalah seorang Anti-Komunis garis keras yang juga bersolidaritas dengan Gerakan Konservatif di Korea Selatan.[1]

Kehidupan di Korea Utara[sunting | sunting sumber]

Lahir pada tahun 1968 di Hyesan, Park tumbuh dalam keluarga istimewa di Korea Utara. Park Sang-hak kuliah di Universitas Kim Chaek mempelajari IT. Setelah lulus, dia bekerja di Aliansi Pemuda Kim Il Sung. Dia bertemu dengan anggota komunitas lainnya setiap hari Senin untuk kelas politik dan sesi kritik diri pada hari Sabtu.

Nenek Park, yang kembali dari kunjungan langka ke Jepang, menceritakan betapa orang-orang di negara lain jauh lebih bahagia. Ia mulai mendengar dari teman-teman mahasiswanya, yang terpilih untuk belajar di negara komunis lainnya, berbagi cerita tentang dunia luar. Ia menemukan bahwa orang-orang di Eropa tidak perlu mengkritik diri sendiri setiap minggu, yang merupakan sumber stres yang besar. Namun, dia masih belum punya keinginan untuk pergi. Dia terus bekerja di Aliansi Pemuda Kim Il Sung, mendapatkan pacar, dan bertunangan. Dia sedang mempersiapkan rencana pernikahannya.[2]

Lalu suatu hari di musim panas tahun 1997, Park menerima pesan dari seorang pria Tionghoa. Dia datang atas nama ayah Park, yang berada di Jepang bekerja untuk pemerintah. Ayahnya menyadari keluarganya dalam bahaya, dan dia ingin mereka pergi. Ayahnya mengetahui besarnya kelaparan di Korea Utara. Khawatir adanya pembersihan baru terhadap para pejabat di Partai Pekerja, ia menyuruh keluarganya untuk pergi. Mencurigai adanya jebakan, Park meminta bukti dari pria Tionghoa tersebut, seperti foto ayahnya. Butuh waktu dua bulan untuk mengaturnya.

Membelot ke Korea Selatan[sunting | sunting sumber]

Begitu mereka punya bukti, Park membawa ibu, saudara laki-laki, dan saudara perempuannya dan berangkat ke Tiongkok.[3] Setelah mengalihkan perhatian penjaga Korea Utara agar melihat ke arah lain, Park dan saudara laki-lakinya berenang menyeberangi sungai menuju Tiongkok, sementara ibu dan saudara perempuan mereka menyeberangi sungai menggunakan ban dalam. Mereka dijemput di seberang perbatasan dengan mobil, seperti yang diatur oleh ayahnya, dan seluruh keluarga terbang dengan paspor palsu ke Korea Selatan.

Ketika dia datang ke Korea Selatan, dia mendaftar di Universitas Nasional Seoul. Dia mampu mempelajari berbagai teori politik. Ia mampu membandingkan sistem Korea Utara dengan sistem Demokrasi di Selatan. Dia mempelajari kembali Kim Il-sung dan Kim Jong-il dan juga mempelajari presiden Korea Selatan Syngman Rhee dan Park Chung-hee. Dia bisa saja hidup nyaman sebagai peneliti di Mobile Institute, tapi dia merasakan tanggung jawab. Ia merasa sebagai seorang intelektual ia mempunyai tanggung jawab untuk menjadi bagian dari gerakan ini. Alasan dia melakukan aktivitas tersebut adalah karena dia marah terhadap sistem Korea Utara.

Selama wawancara dengan "Freedom Collection" Institut George W. Bush, Park mengklaim bahwa pada tahun 2003 dia mengetahui bahwa tunangannya telah dipukuli dengan sangat parah, dia tidak dapat dikenali, dan bahwa kedua pamannya dipukuli sampai mati, dan sepupunya dipukuli sampai mati. kekayaan mereka dilucuti, menjadikan mereka pengemis jalanan. Park juga mengklaim bahwa kerabatnya dinyatakan bersalah oleh asosiasi dan karenanya dihukum. Park mengklaim bahwa pengalaman ini membuatnya marah, yang menyebabkan dia berhenti dari pekerjaannya dan menjadi seorang aktivis.

Aktivis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, Park menjadi ketua Jaringan Demokrasi melawan Gulag Korea Utara. Pada tahun 2013, dia adalah ketua Pejuang untuk Korea Utara yang Merdeka.[4]

Pada bulan April 2015 Park ditahan, ketika pengunjuk rasa bentrok dengan polisi Korea Selatan atas upaya mereka untuk menerbangkan ribuan salinan The Interview ke Korea Utara.[5][6]

Pada Juli 2020, Park menulis opini di The Washington Post, menuduh adanya pelecehan yang dilakukan oleh pemerintahan Moon Jae-in. Dia menulis bahwa alamat rumahnya telah dibocorkan, rekening banknya diselidiki, dan bahwa dia telah dilarang melakukan perjalanan internasional oleh pemerintah Korea Selatan sebagai tanggapan atas pembelaan hak asasi manusianya. Park menulis, "Dengan harapan dapat menenangkan Korea Utara, Moon menghalangi kerja para aktivis yang memerani pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara."[7] Setelah artikel ini, Park menerima dukungan dari kelompok hak asasi manusia internasional, termasuk Koalisi Kebebasan Korea Utara, yang meminta pemerintahan Bulan untuk mengakhiri "pelecehan" terhadap Park. Para pendukung Park mencatat bahwa tindakan pemerintahan Moon tampaknya bertentangan dengan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik, yang ditandatangani oleh Korea Selatan.[8]

Pejuang Kebebasan Korea Utara

Pejuang untuk Korea Utara yang Merdeka dikenal karena secara berkala meluncurkan balon yang membawa literatur hak asasi manusia dan pro-demokrasi, DVD, radio transistor, dan USB flash drive dari Korea Selatan ke Korea Utara. Lebih dari dua juta balon semacam itu telah diluncurkan. Balon-balon tersebut, yang umumnya mencapai wilayah Pyongyang setelah tiga hingga empat jam di udara, dijadwalkan untuk melepaskan materialnya di wilayah Pyongyang.

Menurut The Wall Street Journal, pendukung kampanye balon mengatakan bahwa ini "adalah salah satu alat paling efektif untuk melakukan perubahan di Korea Utara, di mana informasi tentang dunia luar sangat dibatasi". Kritik terhadap kampanye tersebut, lapor Journal, "menentang tindakan yang menyebabkan perselisihan antar-Korea".

Park dan rekan-rekannya melepaskan balon berisi selebaran dari Ganghwa, sebuah pulau di lepas pantai barat Korea Selatan, pada bulan Oktober 2012, tak lama setelah dilarang oleh pihak berwenang untuk melepaskannya dari Paju, tempat peluncuran mereka yang biasa, yang mana Korea Utara mengancam akan menembakinya. jika pelepasan balon maju

Upaya pembunuhan

Pada bulan September 2011, seorang pembelot Korea Utara bernama Ahn ditangkap di Seoul oleh anggota Badan Intelijen Nasional dalam perjalanannya untuk bertemu dengan Park, yang disebut sebagai "Musuh Nol" oleh rezim Pyongyang.[9] Pihak berwenang Korea Selatan mengatakan bahwa dia berencana membunuh Park dengan meracuni minumannya atau menusuknya dengan jarum beracun. Park mengatakan bahwa pembunuhnya, Ahn, telah meneleponnya sebelumnya dan meminta untuk bertemu dengannya. "Ahn memberitahuku melalui telepon", kata Park, "bahwa dia akan ditemani oleh seorang pengunjung dari Jepang yang ingin membantu upaya kami. Namun kemudian aku diberitahu oleh NIS untuk tidak menghadiri pertemuan tersebut karena risiko pembunuhan.

The Indenpendent, London mencatat bahwa Ahn "dapat menghadapi hukuman mati" berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional Korea Selatan, namun ia akhirnya dijatuhi hukuman empat tahun penjara. Dia juga diperintahkan untuk membayar denda 11,75 juta Won (sekitar $10,000 USD),[10] Yang merupakan jumlah yang sama yang dijanjikan kepadanya untuk membunuh Park. The Independent juga menyatakan bahwa rencana pembunuhan tersebut “mengingatkan pada pembunuhan pada Perang Dingin terhadap pembangkang Bulgaria Georgi Markov, yang ditikam dengan payung berujung risin di London pada tahun 1978.”[11]

Dalam sebuah wawancara pada bulan Juni 2020 dengan Foreign Policy, Park berkata, "Dikatakan bahwa pohon perdamaian hidup dari darah dan kebebasan tidaklah gratis. Seseorang harus mengorbankan dirinya sendiri, jadi jika saya terbunuh oleh senjata Kim Jong Un, itu akan menjadi suatu kehormatan.[12]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Dia muncul di forum internet sayap kanan Ilbe Storehouse dan dia menyatakan dirinya menjadi anggota Ilbe pada tahun 2013[13]. Dia mendukung pendeta sayap kanan Jeon Kwang-hoon dan menghadiri upacara pelantikan Partai Revolusi Nasional Jeon.[14][15] Dia didakwa pada tanggal 25 November 2020 karena memukul dan melempar batu ke arah produser dan kru dari Seoul Broadcasting System pada tanggal 23 Juni.[16][17]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2015 While They Watched Dirinya sendiri Karya debut

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 김당; 구영식, eds. (2007). 한국의 보수와 대화하다 [Talks with [South] Korean Conservatives]. 미다스북스. p. 157. ISBN 9788989548669.
  2. ^ Birrell, Ian (2016-08-27). "'How could our country lie so completely?': meet the North Korean defectors". The Guardian. ISSN 0261-3077. Retrieved 2017-11-21.
  3. ^ "Freedom Collection » Interviews » Park Sang Hak". www.freedomcollection.org. Retrieved 2017-11-21.
  4. ^ "Park Sang Hak". Oslo Freedom Forum. Archived from the original on July 9, 2013. Retrieved July 7, 2013.
  5. ^ Blistein, Jon (April 10, 2015). "South Korean Police Detain Activist Behind The Interview Air Drops". The Rolling Stones. Retrieved April 10, 2015.
  6. ^ Dearden, Lizzie (2014). "Park Sang-hak: The man trying to liberate North Korea using balloons". The Independent. Archived from the original on 2022-05-25.
  7. ^ Park, Sang-hak. "We send food and information into North Korea. Why is Seoul trying to stop us?". The Washington Post. Retrieved 18 July 2020.
  8. ^ Shim, Elizabeth. "South Korea to expand investigations into defector rights groups". upi.com. United Press International. Retrieved 18 July 2020.
  9. ^ Hua, Vanessa (December 20, 2006). "How defectors cope in South Korea / The sense of loss remains, and while life may be more free, the transition isn't easy". Sf Gate. Retrieved July 7, 2013.
  10. ^ "Currency Converter - Yahoo! Finance". finance.yahoo.com. Retrieved 2015-11-12.
  11. ^ Macneill, David (September 17, 2011). "North Korean hitman foiled in plot to poison top dissident". The Independent. London. Archived from the original on 2022-05-25. Retrieved July 7, 2013.
  12. ^ LARSEN, MORTEN SOENDERGAARD (29 June 2020). "He Sends Up Balloons, and North Korea Wants Him Dead". Foreign Policy. Retrieved
  13. ^ Bae, Du-hun (25 October 2014). "대북전단 살포 강행 박상학은 누구? '일베' 인증사진도…" [Who is Park Sang-hak who is pushing ahead with sending leaflets to North Korea?]. Herald Business (in Korean). Archived from the original on 12 November 2014. Retrieved 8 August 2022.
  14. ^ Cha, Min-Ji (8 September 2020). "전광훈 재수감에 변호인 측 "헌법 유린"…박상학 대표도 가세" [Jeon Kwang-hoon Lawyer claims "constitutional violation" against Jeon Kwang-hoon's re-incarceration... Park Sang-hak also supports]. No Cut News (in Korean). Archived from the original on 8 August 2022. Retrieved 8 August 2022.
  15. ^ Yoo, Dae-Gil (31 May 2021). "전광훈 목사 지지하는 박상학 대표" [Park Sang-hak speaks in support of pastor Jeon Kwang-hoon]. Aju Business Daily (in Korean). Archived from the original on 8 August 2022. Retrieved 8 August 2022.
  16. ^ Chang, Hun-Kyung (24 June 2020). "대북전단 취재진에 대뜸 주먹질…벽돌 던지고 잠수" [Fist and throwing bricks to the North Korean leaflet reporters.]. Seoul Broadcasting System (in Korean). Archived from the original on 17 August 2020. Retrieved 8 August 2022.
  17. ^ "Leader of anti-N.K. leaflet campaign indicted for alleged assault against journalists". Yonhap News Agency. 3 December 2020. Archived from the original on 20 September 2021. Retrieved 8 August 2022.

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]