Parinya Charoenphol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nong Toom
Nongthoomfairtex.jpg
Nong Toom di Fairtex Gym di Bangkok.
LahirParinya Charoenphol
9 Juni 1981 (umur 38)
Thailand
Tempat tinggalThailand
Nama lainParinya Kiatbusaba
PekerjaanPetinju Muay Thai, aktris, peragawati

Parinya Charoenphol (bahasa Thai: ปริญญา เจริญผล; RTGS: Parinya Charoenphon; lahir 9 Juni 1981; umur 38 tahun), yang berjuluk Toom,[Note 1] yang juga dikenal dengan nama panggungnya Parinya Kiatbusaba [Note 2] dan nama kolokuial Nong Toom,[Note 3] adalah seorang petinju Thai, mantan juara Muay Thai (tinju Thai), model dan aktris. Ia merupakan seorang kathoey, sebuah gender ketiga dalam masyarakat Thailand yang mirip dengan transgender.[1][2]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Pada masa kecil, ia sudah menyadari identitas gendernya sebagai perempuan. Setelah dalam jangka pendek menjadi biksu Buddha, ia mulai berlatih sebagai petinju, dan kemudian bergabung dengan kamp Muay Thai di Chonburi. Tujuannya adalah mengumpulkan uang untuk mendukung orangtuanya yang miskin dan membayar operasi penentuan ulang seks.

Catatan terjemahan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Thai: ตุ้ม; RTGS: Tum
  2. ^ bahasa Thai: ปริญญา เกียรติบุษบา; RTGS: Parinya Kiatbutsaba
  3. ^ bahasa Thai: น้องตุ้ม; RTGS: Nong Tum; artinya "Lil Sis Toom"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Greene, Laura (28 Oktober 2010). "Thai 'Ladyboy' Kickboxer Is Gender-Bending Knockout". News.nationalgeographic.com. National Geographic Society. Diakses tanggal 7 Maret 2015. 
  2. ^ Muay Thai gym (24 Juli 2006). "The beautiful boxer". Bestmuaythai.com. Muay Thai Camp & Boxing Training in Phuket, Thailand. Diakses tanggal 7 Maret 2015.