Paringgonan, Ulu Barumun, Padang Lawas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Paringgonan
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Utara
KabupatenPadang Lawas
KecamatanUlu Barumun
Kodepos22763
Luas2 km2
Jumlah penduduk2700jiwa
Kepadatan1000 jiwa/km2

Paringgonan merupakan suatu desa dan merupakan ibu kota kecamatan yaitu kecamatan Ulu Barumun, kabupaten Padang Lawas, provinsi Sumatra Utara, Indonesia.

Desa ini dipimpin seorang kepala desa yaitu Ali Ganti Hasibuan dan camat bernama Gempur Nasution.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Paringgonan ini dulunya sebuah desa dan baru berkembang setelah dijadikan ibu kota kecamatan dari hasil pemekaran kecamatan Barumun pada tahun 2008 yang lalu. di desa Paringgonan terdapat 3 buah Sekolah Dasar dan 1 buah Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan 2 buah Madrasah Tsanawiyah, Juga terdapat 1 Sekolah Menegah Atas dan 2 Buah Madrasah Aliyah. Penduduk Paringgonan maupun Kec.Ulu Barumun umumnya Beragama Islam. di Desa Paringgona terdapat tempat wisata Pemandian air panas (Aek Milas) yang berada disebelah selatan desa itu tepatnya dikaki bukit Barisan.

Komoditi[sunting | sunting sumber]

Di daerah Paringgonan, tepatnya tak jauh dari Kantor Camat Ulu Barumun, terbentang tanah yang kini jadi lokasi perkebunan warga. Berbagai tanaman palawija dikembangkan di sini. Mulai dari tanaman jagung, kacang-kacangan dan lain-lain. Pemerintah Kabupaten Padang Lawas akan mengembangkan kawasan agropolitan di Desa Paringgonan Ulu Barumun. Penetapan kawasan agropolitan ini merupakan upaya untuk menjadikan daerah ini sebagai sentra pengembangan pertanian, khususnya komoditi pangan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]