Parental Guidance

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Parental Guidance
Poster resmi
SutradaraAndy Fickman
Produser
Ditulis oleh
  • Lisa Addario
  • Joe Syracuse
Pemeran
Penata musikMarc Shaiman
SinematograferDean Semler
PenyuntingKent Beyda
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 25 Desember 2012 (2012-12-25)
Durasi105 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$25 juta[2]
Pendapatan
kotor
$119.8 juta[2]

Parental Guidance adalah sebuah film komedi keluarga Amerika Serikat tahun 2012. Film ini disutradarai oleh Andy Fickman, dari skenario yang ditulis oleh Lisa Addario dan Joe Syracuse. Film ini dibintangi oleh Billy Crystal, Bette Midler, Marisa Tomei dan Tom Everett Scott, yang menceritakan tentang pasangan tua yang diminta untuk menjaga cucu mereka oleh putri mereka, sementara putrinya dan suami putrinya keluar kota untuk pekerjaan.[3][4][5]

Parental Guidance merupakan film 20th Century Fox terakhir yang dibiayai oleh TSG Entertainment sebagai bagian dari kesepakatan dengan studio; tak lama setelah itu, Dune bergabung dengan RatPac Entertainment dan mencapai kesepakatan pembiayaan dengan Warner Bros. terakhir yang dibiayai oleh Dune Entertainment Film ini dirilis secara teatrikal pada 25 Desember 2012 dengan ulasan negatif dari para kritikus tetapi sukses secara komersial, menghasilkan $119,8 juta dari anggaran $25 juta.

Plot[sunting | sunting sumber]

Artie Decker adalah seorang komentator olahraga untuk liga kecil Fresno Grizzlies, tetapi suatu hari dipecat karena kepribadiannya yang kuno dan kurangnya pengetahuan media sosial. Setelah memberi tahu istrinya, Diane, tentang berita itu, mereka akhirnya mendapat telepon dari putri mereka, Alice, dan menantunya, Phil, meminta mereka untuk mengasuh anak-anak karena mereka akan berangkat ke konvensi pengusaha di Hilton Head, Carolina Selatan. Masalah muncul saat keterampilan mengasuh Artie dan Diane bertabrakan dengan pola asuh Alice dan Phil. Setelah mengetahui berbagai masalah anak-anak, seperti sindrom prestasi tinggi Harper, gagap Turner, dan teman imajiner Barker, yang dinamakan Carl si Kanguru, Artie dan Diane mencoba menjadikan cucu mereka menjadi sahabat baru mereka. Malamnya, semua orang pergi ke restoran Tiongkok, Healthy Tiger untuk makan malam. Artie menunjukkan Barker cara yang tepat untuk makan makanan Cina, yaitu untuk mencampur semuanya bersama-sama, tapi semua yang dilakukannya membuat Barker marah dan membuatnya membenci Artie, sampai memanggilnya "Evil Fartie", dan kemudian berakhir dengan kekacauan bagi seluruh keluarga. Keesokan paginya, Alice dan Phil berangkat untuk perjalanan mereka.

Alice kembali ke rumah ketika bosnya memberinya tugas untuk mendesain ulang situs web untuk X Games. Artie menggunakan ini untuk keuntungannya, dan ia mengatur wawancara untuk bekerja sebagai komentator olahraga di X Games. Artie membawa Turner ke kelas pidato, di mana dia secara tidak sengaja membuat Turner kesal. Untuk mencoba dan membuatnya merasa lebih baik, Artie dan Turner menonton film Saw, di mana Alice dan Phil tidak mengizinkan Turner untuk menonton film tersebut. Artie juga memberikan kue tar untuk Turner dan Barker, yang tidak disetujui Alice karena tidak membiarkan anak-anaknya makan makanan manis. Diane dan Alice membawa Harper ke mal untuk membelikannya gaun untuk audisi biolanya yang akan datang. Harper belajar biola di sebuah studio musik, di mana gurunya memaksanya untuk sering berlatih. Setelah itu, Diane memberitahu Alice bahwa mereka tidak akan pernah menjadi kakek-nenek yang baik jika Alice tidak memberi mereka kesempatan untuk melakukannya. Alice akhirnya pergi untuk bergabung dengan Phil di Hilton Head.

Diane dan Artie membawa anak-anak ke simfoni, tapi Artie dan Barker harus menyusul karena Artie harus pergi ke kamar mandi untuk buang air besar, dan Artie harus menyanyikan lagu memalukan untuk membantu Barker buang air besar. Mereka berhasil sampai ke simfoni, tetapi Barker berlari di sekitar tempat itu karena dia mengatakan bahwa dia dan Carl menganggapnya membosankan. Artie langsung mengejar Barker, dan hampir memukul bokongnya di depan publik. Di rumah, Diane menegurnya atas apa yang Artie lakukan. Kemudian, Artie membiarkan Barker bolos sekolah untuk membawanya ke taman skate tempat wawancara kerjanya diadakan. Artie berhasil menempatkan hidup Barker dalam bahaya ketika Barker hampir terluka oleh skateboard yang dikendarai oleh Tony Hawk, setelah Barker buang air kecil di halfpipe, menyebabkan Hawk terpeleset dan terluka, yang kemudian ditampilkan di berita. Kemudian pada hari itu, Diane memarahi Artie karena membiarkan Turner memukul Ivan (pengganggu di sekolah Ivan), ketika Artie mencoba memberikan Turner pelajaran tentang kepercayaan diri dan melawan pengganggu. Sementara itu di Hilton Head, Alice dan Phil makan di bar sambil menonton cuplikan berita insiden Barker dan Artie di TV, hingga akhirnya mereka berdua kembali ke rumah.

Malamnya, semua orang main tendang kaleng hingga hidung Diane berdarah. Mereka berhenti karena hujan, tetapi Barker mengatakan bahwa mereka harus keluar lagi dan bermain karena Carl memintanya. Barker mengatakan bahwa Carl telah ditabrak mobil. Akhirnya, ketegangan memuncak saat Alice tidak setuju dengan Diane yang mengizinkan Harper menghadiri pesta pada malam sebelum pertunjukan biola. Besok paginya, Keluarga mengadakan pemakaman untuk Carl. Alice akhirnya berdamai dengan Artie dan Diane, dan dia mengizinkan Harper untuk mundur dari audisi biola. Turner kemudian mengambil tempat Harper di atas panggung dan mengatasi kegagapannya. Setelah itu, Artie dan Diane berhasil terhubung kembali dengan cucu mereka, dan Artie mengambil pekerjaan baru sebagai komentator untuk tim Atlanta Little League Baseball bersama Turner.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis pada Hari Natal 2012 di Amerika Serikat dan Kanada dan pada Boxing Day 2012 di Australia, Inggris dan Irlandia. Rilis internasional film ini berlangsung dari 19 Desember 2012 hingga 11 Juli 2013, dengan rilis pertama tahun 2013 pada 3 Januari di Republik Dominika, Venezuela dan Singapura.[6]

Film ini dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray pada 26 Maret 2013 oleh 20th Century Studios Home Entertainment.[7]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Rotten Tomatoes memberikan film ini peringkat persetujuan sebesar 17% berdasarkan 92 ulasan dengan peringkat rata-rata 3,84/10. Konsensus kritis situs web tersebut menyatakan: "Parental Guidance itu film manis tetapi lembut, hal sepele yang tidak menyinggung yang dapat diprediksi dengan lembut."[8] Metacritic memberi film ini skor rata-rata tertimbang 36 dari 100, berdasarkan ulasan dari 20 kritikus, yang menunjukkan "ulasan umumnya tidak menguntungkan".[9] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "A−" pada skala A+ hingga F.[10]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Kategori Penerima Hasil
Young Artist Award 2013[11] Best Performance in a Feature Film - Supporting Young Actor Ten and Under Kyle Harrison Breitkopf Nominasi
Best Performance in a Feature Film - Supporting Young Actor Ten and Under Joshua Rush Nominasi
Best Performance in a Feature Film - Young Ensemble Cast Kyle Harrison Breitkopf, Bailee Madison, Joshua Rush Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PARENTAL GUIDANCE (U)". British Board of Film Classification. November 30, 2012. Diakses tanggal November 30, 2012. 
  2. ^ a b "Parental Guidance (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 4, 2019. 
  3. ^ "2012 Movies Preview: 'Hunger Games' 'The Dark Knight Rises' 'Avengers' & More". Huffington Post. January 10, 2012. Diakses tanggal June 16, 2012. 
  4. ^ "Fox Moves Billy Crystal's 'Parental Guidance' To Christmas Day". Deadline Hollywood (PMC). Diakses tanggal June 16, 2012. 
  5. ^ "Fox Moves Billy Crystal Comedy Parental Guidance Release Date To Christmas". CinemaBlend.com. Diakses tanggal June 16, 2012. 
  6. ^ "Via Press: Parental Guidance - Release Dates". Diarsipkan dari versi asli tanggal October 14, 2013. Diakses tanggal January 6, 2013. 
  7. ^ Amazon: Parental Guidance
  8. ^ "Parental Guidance (2012)". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal August 23, 2018. 
  9. ^ "Parental Guidance Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal August 23, 2018. 
  10. ^ "Find CinemaScore" (Type "Parental Guidance" in the search box). CinemaScore. Diakses tanggal May 4, 2019. 
  11. ^ "34th Annual Young Artist Awards". YoungArtistAwards.org. Diakses tanggal March 31, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]