Lompat ke isi

Papan pandu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Papan pandu Bentley Continental GT C

Papan pandu, dasbor atau papan instrumen adalah panel kendali yang dipasang di konsol tengah kendaraan, perahu, atau kokpit pesawat terbang atau pesawat ruang angkasa . Biasanya terletak tepat di depan pengemudi (atau pilot), ini menampilkan instrumentasi dan kontrol untuk pengoperasian kendaraan. [1] Setara elektronik dapat disebut gugus instrumen elektronik, panel instrumen digital, papan pandu digital, pengukurlaju digital, atau gugus instrumen digital . Secara analogi, tampilan ringkas berbagai jenis data visual terkait di satu tempat disebut juga papan pandu. [2]

Fitur papan pandu

[sunting | sunting sumber]
Instrumen papan pandu menampilkan berbagai kondisi mobil dan mesin

Papan pandu awalnya dilengkapi serangkaian kontrol sederhana (misalnya, roda kemudi ) dan instrumentasi untuk menunjukkan kecepatan, tingkat bahan bakar, dan tekanan oli, sedangkan papan pandu modern dapat mengakomodasi beragam alat pengukur, dan kontrol serta informasi, kontrol iklim, dan sistem hiburan.

Papan pandu kontemporer mungkin mencakup pengukurlaju, takometer, odometer, pengukur suhu cairan pendingin mesin, dan pengukur bahan bakar, indikator belok, indikator posisi perpindahan gigi, lampu peringatan sabuk pengaman, lampu peringatan rem parkir, [3] dan lampu kerusakan mesin. Kendaraan berat yang dilengkapi rem udara, seperti truk dan bus juga memiliki pengukur untuk menunjukkan tekanan udara yang tersedia dalam sistem pengereman. Fitur lainnya mungkin termasuk pengukur tegangan alternator, indikator bahan bakar rendah, tekanan oli rendah, tekanan ban rendah dan kesalahan pada sistem kantung udara (SRS), kompartemen sarung tangan, asbak dan pemantik rokok atau stopkontak. – serta sistem pemanas dan ventilasi, kontrol pencahayaan, sistem keselamatan, peralatan hiburan dan sistem informasi, misalnya sistem navigasi .

Bantalan dan keamanan

[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1937, mobil Chrysler, Dodge, DeSoto, dan Plymouth hadir dengan papan pandu keselamatan yang datar, ditinggikan di atas lutut, dan semua kendali dipasang rata. [4]

Papan pandu bantalan dianjurkan pada tahun 1930an oleh pionir keselamatan mobil Claire L. Straith . [5] Pada tahun 1948, Tucker 48 menjadi mobil pertama dengan papan pandu berbantalan. [6]

Salah satu peningkatan keselamatan pada tahun 1970an adalah meluasnya penggunaan papan pandu berlapis. Bantalannya biasanya berupa busa poliuretan, sedangkan permukaannya biasanya terbuat dari polivinil klorida (PVC) atau kulit untuk model mewah.

Pada awal dan pertengahan 1990-an, airbag menjadi fitur standar pada roda kemudi dan papan pandu.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Dictionary entry for dashboard". Merriam–Webster. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-29. Diakses tanggal 2006-10-11. 
  2. ^ "What is a dashboard? A complete overview". tableau.com. Salesforce, Inc. 2024. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2024-03-30. Diakses tanggal 10 July 2024. 
  3. ^ "Signal to Warn Driver That the Emergency Brake Is Engaged", Popular Science, February 1919, page 86 (unlabeled), via Google Books.
  4. ^ "Ever Gave Such Safety". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-09. Diakses tanggal 2012-02-04. 
  5. ^ "History of Straith Clinic in Birmingham, Dearborn, and West Bloomfield MI". straithclinic.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 February 2009. Diakses tanggal 4 May 2018. 
  6. ^ "Step into the New Automotive Age in the Rear Engine Tucker". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-04. Diakses tanggal 2012-05-27.