Pantai Banyu Meneng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pantai Banyu Meneng
Suasana Bibir Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang berada di, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Malang itu sendiri sejauh 62 kilometer yang memakan waktu kurang lebih 2 jam. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 100 meter dari Pantai Kondang Merak, Pantai Sumber Ngentup, dan Pantai Selok.

Akses[sunting | sunting sumber]

Awal mula perjalanan menuju Pantai Banyu Meneng diawali dari titik keberangkatan dari Kota Malang dan berkendara ke arah selatan menuju Gadang. Sesampainya di Gadang, ikuti arah menuju Bululawang dan sesampainya tiba di pertigaan Krebet, ikuti petunjuk menuju Gondaglegi. Ketika sampai di persimpangan Jalur Lintas Selatan Balekambang, belok kanan dan lanjutkan perjalanan di Jalan Makadam sejauh 5 kilometer hingga menjumpai tulisan "Pantai Kondang Merak". Lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sejauh 100 meter ke arah barat hingga sampai di Pantai Banyu Meneng[1].

Asal Nama[sunting | sunting sumber]

Dinamakannya "Banyu Meneng" pada pantai ini dikarenakan ombak yang terdapat tidak besar dan sangat tenang mengingat Pantai Selok yang berada di sebelah barat memiliki ombak yang besar[2].

Legenda atau Mitos[sunting | sunting sumber]

Pada masa penyebaran agama Islam oleh Wali Songo, para wali menemukan pantai ini sekaligus Pantai Sumber Ngentup. Di Pantai Banyu meneng sendiri, para wali melakukan ritual berdiam diri (Jumeneng). Sunan Geseng meninggalkan rangka pisaunya (Eklek atau Selok) di Pantai Banyu Meneng yang sekarang dinamakan Pantai Selok[3].

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Di pantai ini terdapat beberapa fasilitas berupa kamar mandi, rumah makan, parkir kendaraan, camping ground, wifi berbayar, dan persewaan tenda[3].

Biaya Masuk[sunting | sunting sumber]

Untuk biaya yang diperlukan untuk dapat masuk ke dalam pantai ini sebanyak Rp.10.000,- per orang pada hari kerja dan Rp.15,000,- pada hari libur[1]. Untuk biaya parkir kendaraan sendiri dikenakan Rp.5.000,- untuk sepeda motor dan Rp.10.000,- untuk mobil[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Shabilla, Likha (2022-11-4). "Lokasi Banyu Meneng Malang, Cuma Bayar Sekali Bisa ke 4 Pantai Sekaligus". ABOUTMALANG.COM. Diakses tanggal 2023-11-11. 
  2. ^ Awlia, Tasya (2019-11-02). "5 Fakta Menarik Pantai Banyu Meneng yang Indah di Malang". detiktravel. Diakses tanggal 2023-11-11. 
  3. ^ a b c Windiningtyas, Putri (2022). "Pantai Banyu Meneng". Pantaipedia. Diakses tanggal 2023-11-11.