Lompat ke isi

Panggung Lor, Semarang Utara, Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panggung Lor
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KotaSemarang
KecamatanSemarang Utara
Kodepos
50177
Kode Kemendagri33.74.02.1006 Edit nilai pada Wikidata
Kode BPS3374120004 Edit nilai pada Wikidata
Luas1,40 km²
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Panggung Lor merupakan sebuah nama kelurahan di wilayah kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Bandarharjo dan Kuningan di sebelah timur, Panggung Kidul di sebelah selatan, Tawangmas dan Tawangsari di sebelah barat, dan Laut Jawa di sebelah utara.

Kelurahan ini merupakan hasil pemekaran dari Kelurahan Panggung menjadi Panggung Lor dan Panggung Kidul pada tahun 1993. Panggung Lor terpusat pada Perumahan Tanah Mas, sebuah pemukiman baru yang dipelopori oleh komunitas Tionghoa Semarang dan dipasarkan melalui KPR BTN. Saat didirikan pada tahun 1970, Tanah Mas mendapatkan pamor karena keasriannya dan penataan jalannya yang bagus, sehingga dijuluki sebagai "Golden Land". Pada masa kejayaannya, harga tanah di Tanah Mas melampaui harga tanah yang ada di Semarang Tengah. Pamor ini mulai pudar sekitar tahun 1987, ketika wilayah ini sarat dilanda banjir rob sehingga mengharuskan tinggi jalan untuk dinaikkan, alhasil membuat banyak rumah menjadi berada di bawah jalan.[1]

SMP Negeri 25 Semarang dan SMA Negeri 14 Semarang terletak di kelurahan ini.[2][3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tanah Mas Semarang, Dulu... Kini... dan Nanti..." Kompasiana. 14 Mei 2012. 
  2. ^ "SMP Negeri 25 Semarang, Kota Semarang". Sekolah Loka. Diakses tanggal 13 Juni 2024. 
  3. ^ "KERJA SAMA DENGAN PUSKESMAS BULU LOR, SMA NEGERI 14 LAKUKAN SKRINING KESEHATAN BAGI SISWA". SMA Negeri 14 Semarang. 6 September 2023.