Pakaian renang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dua jenis pakaian renang yang berbeda, kiri bikini, kanan: burqini

Pakaian renang atau Baju renang adalah pakaian yang dirancang untuk dikenakan oleh orang yang melakukan aktivitas berbasis air atau olahraga air, seperti berenang, menyelam, dan selancar, atau aktivitas lain di bawah matahari, seperti berjemur. Berbagai jenis baju renang yang berbeda dikenakan oleh pria, wanita, dan anak-anak.

Baju renang bisa dipakai sebagai pakaian dalam pada olahraga yang membutuhkan pakaian selam seperti ski air, selam scuba, selancar, dan wakeboarding. Pakaian renang juga dapat dikenakan untuk menampilkan atribut fisik pemakainya, seperti dalam kasus kontes kecantikan atau kontes binaraga, fotografi glamour dan majalah seperti Edisi Baju Renang Ilustrasi Olahraga tahunan yang menampilkan model dan tokoh olahraga dalam pakaian renang.

Terdapat berbagai macam gaya pakaian renang modern yang saat ini dikenakan. Masing-masing model bervariasi sesuai dengan bahan dan desain. Pilihan gaya mungkin bergantung pada standar kesopanan masyarakat, mode terkini, serta preferensi pribadi. Pilihan baju renang juga akan mempertimbangkan fungsionalitas, misalnya apakah akan dikenakan untuk acara pasif seperti berjemur atau untuk olahraga seperti kompetisi selancar atau renang. Pakaian renang untuk pria biasanya memperlihatkan bagian dada, sedangkan pakaian untuk wanita kebanyakan menutupi bagian payudara dan kemaluan. Pakaian renang untuk wanita Muslimah menutupi seluruh bagian tubuh tanpa terkecuali, selain wajah, telapak tangan dan telapak kaki.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]