Pakaian paduan suara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Uskup dalam pakaian paduan suara dengan kereta
Gaun paduan suara biarawati Cistercian: kerudung putih panjang
Kepala Biara Norbertine dengan pakaian paduan suara prelatus putih, abad ke-18
Monsingnor Herrincx dalam gaun paduan suara prelatus berwarna coklat Fransiskan.
Kepala Biara Benediktin Schober dalam pakaian paduan suara prelatus hitam dan bulu hitam cappa magna
Kanon sekuler Katolik Roma dalam pakaian paduan suara: jubah, rochet, mozzetta, dan salib dada dengan rantai.
Monsignor Gilles Wach dalam pakaian paduan suara biru dari ICKSP

Pakaian paduan suara adalah pakaian tradisional prelat, seminarian, dan religius dari Gereja Katolik yang dikenakan untuk doa umum dan penyelenggaraan sakramen-sakramen kecuali pada saat merayakan atau konselebrasi Ekaristi. Ini berbeda dengan pakaian kepausan yang dikenakan oleh para selebran Ekaristi, yang biasanya terbuat dari kain seperti wol, katun atau sutra, dibandingkan dengan brokat halus yang digunakan dalam jubah. Ini juga dapat dikenakan oleh asisten awam seperti pembantunya dan paduan suara. Gereja ini ditinggalkan oleh sebagian besar gereja Protestan yang berkembang sejak Reformasi abad keenam belas.[1]

Seperti jubah Ekaristi, pakaian paduan suara berasal dari pakaian formal sekuler Kekaisaran Romawi pada abad pertama era Kristen. Pakaian ini bertahan dalam penggunaan di gereja setelah mode berubah.[1] Pakaian paduan suara berbeda dengan "pakaian rumah", yang dikenakan di luar konteks liturgi (baik di dalam rumah atau di jalanan). Pakaian rumah bisa formal atau informal.

Pakaian paduan suara Katolik[sunting | sunting sumber]

Pakaian paduan suara di Gereja Katolik dikenakan oleh diakon, imam, ordinaris, uskup, dan kardinal ketika memimpin atau merayakan liturgi yang bukan Misa, khususnya jam kanonis. Sebelum Konsili Vatikan Kedua, pakaiannya lebih rumit. Itu memiliki lusinan variasi dan warna. Setelah Konsili Vatikan Kedua, jumlah tersebut dikurangi; namun, pengecualian terkadang diberikan untuk kapitel katedral.

Pakaian saat ini dikenakan saat menghadiri Misa tanpa merayakan atau merayakan Ekaristi. Ini dikenakan oleh para seminaris, lektor dan pembantunya yang dilembagakan, dan pelayan altar serta anggota paduan suara pada Misa atau acara liturgi lainnya.

Komponen dasar pakaian paduan suara adalah:

Untuk seminarian, diakon, dan imam jubahnya sama persis dengan jubah normal mereka: jubah hitam dengan kancing hitam, disandang dengan fasia hitam.

Imam yang memegang kehormatan tambahan dapat mengenakan jubah yang berbeda: Uskup mengenakan jubah hitam dengan pipa ungu, kancing, dan fasia; sedangkan Prelatus kehormatan dan Protonotaris apostolik mengenakan jubah ungu dengan pipa dan kancing merah, dengan fasia ungu. Jubah hitam dengan pipa dan kancing bayam, diikat dengan fasia ungu, berfungsi sebagai gaun pian (pakaian akademis) untuk prelatus kehormatan atau apostolik protonotaris. Kanon boleh memakai rochet (jika bab tersebut telah diberikan usus rochetti oleh kepausan indult) dengan mozzetta yang khas, khusus warnanya ditentukan oleh kapitel.

Para uskup mengenakan jubah ungu dengan pipa merah tua yang disebutkan di atas, dan menambahkan salib pektoral yang digantung pada tali hijau dan emas, sebuah mozzetta di atas rochet, dan zucchetto ungu di bawah biretta. Seorang kardinal mengenakan jubah merah dengan hiasan merah tua, salib dada pada tali merah dan emas, dan mozzetta merah di atas rochet, dengan zucchetto merah. Gaun paduan suara Paus mencakup jubah putih, rochet, mozetta sutra merah, dan stola brokat merah; salib dadanya tergantung pada tali emas. Beberapa kanon memakai salibnya pada pita, tetapi hanya uskup yang boleh memakai salib pada tali. Berdasarkan peraturan baru, baik uskup maupun kanon tidak mengenakan cappa yang diberi bulu.

Kop dan/atau stola dapat dikenakan di atas pakaian paduan suara ketika seorang ulama memimpin sakramen (misalnya, pada perkawinan, jika tidak dirayakan selama Misa), atau oleh ulama yang memimpin doa. (Misalnya, imam yang memimpin perayaan khusyuk Vesper dalam Liturgi Harian mungkin mengenakan jubah dan stola di atas pakaian paduan suara, sementara pendeta lain yang hadir akan mengenakan pakaian paduan suara sederhana berupa jubah dan jubah).

Bruder juga memiliki bentuk pakaian paduan suara: pakaian monastik lengkap dengan kerudung monastik adalah pakaian formal mereka untuk menghadiri Liturgi Jam atau Misa.

Paus Kardinal Uskup
Prelatus tinggi Kuria Romawi dan
protonotaris apostolik de numero
Protonotaris supernumeraris apostolik dan
prelatus kehormatan
Kapen Sri Paus
Imam, diakon, seminarian dan akolit Kanonik (desain beragam)

Sejak tahun 2006, para imam dari Institut Kristus Imam Raja Yang Berdaulat telah memiliki pakaian paduan suara mereka sendiri, yang diberikan kepada mereka oleh Kardinal Uskup Agung Firenze. Gaun paduan suara mereka meliputi rochet, mozzetta, salib St. Fransiskus dari Sales dengan pita biru dan putih, dan biretta dengan pom biru. Menurut Institut,

Warna biru melambangkan dedikasi penuh kita kepada Bunda Terberkati dan secara tradisional merupakan warna yang ditampilkan pada St. Fransiskus de Sales di sebagian besar lukisannya," dan "Gaun paduan suara mengekspresikan kesatuan yang kuat , secara spiritual, dan identitas Institut serta menambah kekhidmatan pada liturgi."

— "Pertanyaan yang Sering Diajukan". Diarsipkan dari / versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 8 September 2018. Diakses tanggal 17 September 2018. 
Imam, atasan dan jenderal sebelumnya dari Institut Kristus Raja Imam Yang Berdaulat

=Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

{{reflist}]

  1. ^ a b Grisebrooke 1978, hlm. 489, Vestments.