Padang gurun Sin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Padang gurun Sin (bahasa Ibrani: מִדְבַּר סִין, Midbar Sin; bahasa Inggris: Wilderness of Sin, Desert of Sin) adalah wilayah geografis yang disebutkan dalam Alkitab Ibrani terletak di antara Elim dan Gunung Sinai.[1][2]

Nama[sunting | sunting sumber]

Sin tidak mengacu kepada dosa, tetapi diterjemahkan kata bermakna bulan; para sarjana Alkitab menduga nama Sin di sini mengacu pada dewa bulan Semitik Sin,[3][4][5] yang dipuja secara luas di seluruh lingkungan wilayah Arabia pra-Islam, Levant, dan Mesopotamia.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Lokasi yang dirujuk oleh Alkitab tidak diketahui pasti, karena penentuannya sangat bergantung pada lokasi Gunung Sinai. Orang Kristen Ortodoks secara tradisional mengidentifikasi Gunung Sinai sebagai Jabal Musa - salah satu puncak di ujung selatan semenanjung Sinai, dan ini berarti padang gurun Sin kemungkinan adalah dataran sempit el-Markha, yang membentang di sepanjang pantai timur Laut Merah sampai beberapa mil ke arah tanjung Ras Mohammed; namun, beberapa sarjana telah menolak identifikasi tradisional ini. Identifikasi yang lebih populer di antara para sarjana modern adalah Sinai sebagai al-Madhbah di Petra, yang berarti bahwa padang gurun Sin itu kira-kira sama dengan bagian tengah Araba.

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Padang gurun Sin disebutkan oleh Alkitab sebagai salah satu dari tempat-tempat yang dilintasi oleh Bani Israel selama perjalanan keluar dari Mesir;[6] padang gurun bernama mirip, yaitu padang gurun Zin, juga disebutkan oleh Alkitab sebagai lokasi perjalanan bani Israel.

Narasi Alkitab menyatakan bahwa ketika mencapai padang gurun Sin, bani Israel mulai bersungut-sungut atas kekurangan makanan, karena mereka sudah mengkonsumsi semua jagung yang mereka bawa dari Mesir. Menurut catatan, Yahweh mendengar keluhan mereka dan memberikan mereka makanan berlimpah berupa manna dan burung puyuh. Kemudian mereka meninggalkan padang gurun Sin dan bersungut-sungut mengenai kurangnya air saat berkemah di Rafidim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Tempat sebelumnya:
Tepi Laut Teberau
Pengembaraan orang Israel
dari Mesir ke Kanaan
Tempat persinggahan
Tempat berikutnya:
Dofka