PQ-Race dan Perjalanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PQ-Race dan Perjalanan
Album kompilasi karya Barasuara
Dirilis25 November 2019
GenreIndie rock, pop, instrumental, folklor
LabelDarlin' Records
Kronologi Barasuara
Pikiran dan Perjalanan
(2019)
PQ-Race dan Perjalanan
(2019)

PQ-Race dan Perjalanan adalah album kompilasi karya grup musik asal Indonesia, Barasuara. Album ini dirilis pada 2019, di mana penjualan perdana CD dilakukan saat berlangsungnya festival musik Synchronize Festival 2019.[1]

PQ-Race dan Perjalanan berisi lagu "Pikiran dan Perjalanan" dari album kedua Barasuara yang diinterpretasikan ulang dan dieksplorasi oleh keenam personelnya. Sehingga, meskipun lagunya sama, tetapi memiliki enam aransemen yang berlainan sesuai dengan gaya bermusik masing-masing personel.[2] Setiap personel bekerja secara terpisah dan tidak ada campur tangan antara personel dalam proses pembuatan lagu. Akan tetapi, para personel tetap dibolehkan untuk melakukan kolaborasi dengan musisi lain di luar personel Barasuara. Hal ini dilakukan misalnya oleh TJ Kusuma yang mengajak beberapa musisi untuk berkolaborasi, yaitu Anda Perdana, Yosaviano Santoso, Tristan Juliano, dan Karel William.[3]

Barasuara kemudian mengadakan pertunjukan bertajuk "PQ-Race dan Perjalanan Showcase" untuk menampilkan hasil keenam gubahan para personel Barasuara terhadap lagu "Pikiran dan Perjalanan".

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

No.JudulDurasi
1."Pikiran dan Perjalanan (TJ Kusuma Version)" 
2."Pikiran dan Perjalanan (Marco Steffiano Remix)" 
3."Pikiran dan Perjalanan (Gerald Situmorang Version)" 
4."Pikiran dan Perjalanan (Puti Chitara Version)" 
5."Pikiran dan Perjalanan (Asteriska Version)" 
6."Pikiran dan Perjalanan (Iga Massardi Version)" 
7."Pikiran dan Perjalanan (Dyztak Remix)" 
8."Pikiran dan Perjalanan (Instrumental)" 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Barasuara Interpretasi 'Pikiran dan Perjalanan' dalam Enam Versi". www.indozone.id. 08 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Februari 2021. 
  2. ^ Dyah Paramita Saraswati (12 Desember 2019). "Personel Barasuara Punya 'Pikiran dan Perjalanan' Versi Sendiri". hot.detik.com. Diakses tanggal 15 Februari 2021. 
  3. ^ Riki Noviana (27 November 2019). "Personel Barasuara Menerjemahkan Pikiran dan Perjalanan". voi.id. Diakses tanggal 15 Februari 2021.