Orlando Gibbons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Portrait of Orlando Gibbons
Salinan potret lukisan dari abad ke-17 yang dibuat oleh seniman tak dikenal.[2]
signature written in ink in a flowing script

Orlando Gibbons (baptisan 25 Desember 1583 - 5 Juni 1625) adalah seorang komposer dan pemain kibor berkebangsaan Inggris. Ia merupakan salah satu tokoh terakhir dari English Virginalist School dan English Madrigal School. Dikenal sebagai anggota terkenal dari dinasti keluarga musik, ia adalah komposer dan organis terkemuka di Inggris pada tahun 1610-an.

Gibbons meninggal pada tahun 1625, sebagai hasilnya karya Gibbons tidak sebesar karya-karya komposer pada zamannya, seperti William Byrd. Tetapi ia memberikan banyak kontribusi bagi banyak genre pada zamannya. Tidak jarang ia dilihat sebagai figur transisi dari periode Renaisans ke periode Barok.

Gibbons lahir di Oxford dalam sebuah keluarga yang seluruhnya adalah musisi. Ayahnya, William Gibbons, merupakan seorang musisi jalanan. Sementara ketiga saudaranya, Edward, Ellis, dan Ferdinand mengikuti jejak ayahnya. Tidak diketahui dari siapa kemampuan Gibbons bermain musik, kemungkinan dari Edward atau Byrd.

Terlepas dari latar belakang pendidikannya, Gibbons dianggap cukup mahir untuk dijadikan anggota yang tidak digaji di Chapel Royal pada Mei 1603. Pada 1605 ia diangkat sebagai organis junior di tempat yang sama. Tepat setahun setelahnya, pada 1606, Gibbons lulus dari King's College, Cambridge dengan gelar Sarjana Musik.

  1. ^ Harley 1999, hlm. 287.
  2. ^ This portrait is kept at Faculty of music and The Bate Collection of Musical Instruments at the University of Oxford and is only known to be a "copy from a lost original once in the possession of a Mrs. Fussell."[1]