Orde Serafim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orde Serafim Kerajaan
Kungliga Serafimerorden
Serafijnorde;ster.jpg
Bintang orde
Dianugerahkan oleh Raja Swedia
TipeOrde jasa dengan satu tingkatan
Negara Swedia
MottoIesus Hominum Salvator (IHS)
KelayakanKepala negara lain atau yang setara dan anggota Keluarga Kerajaan Swedia.
Dianugerahkan kepadajasa kepada Swedia
StatusKini dianugerahkan
PenguasaRaja Carl XVI Gustaf
KanselirSvante Lindqvist
TingkatKesatria
(umum: RSerafO/LSerafO,
Orang Swedia: RoKavKMO/LoKavKMO)
Statistik
Penganugerahan pertama1748, Frederick I dari Swedia
Penganugerahan terakhir24 November 2021, Letizia dari Spanyol
Jumlah penerima885
Prioritas
Tingkat lebih tinggiTidak ada (tertinggi)
Tingkat lebih rendahOrde Pedang Kerajaan
Order of the Seraphim - Ribbon bar.svg
Pita tanda kehormatan

Orde Serafim Kerajaan (bahasa Swedia: Kungliga Serafimerorden) adalah orde kekesatriaan Swedia yang dibentuk oleh Raja Frederick I pada tanggal 23 Februari 1748,[1] bersamaan dengan Orde Pedang dan Orde Bintang Kutub. Orde ini hanya memiliki satu tingkatan, yaitu Kesatria (Anggota bagi wanita dan Anggota Rohaniwan bagi para pendeta). Orde ini merupakan orde tertinggi di Swedia.

Insignia[sunting | sunting sumber]

Kalung dan lencana Orde Serafim.

Para Kesatria dan Anggota Orde Serafim mengenakan lencananya tergantung pada kalung logam atau tergantung pada selempang di pundak kanan; patra (bintang) dikenakan pada dada sebelah kiri. Insignia-insignia tersebut memiliki perincian sebagai berikut:

  • Kalung orde terbuat dari emas, dengan sebelas Salib Patriarkal diemail berwarna toska dan sebelas serafim emas.[2] Setiap serafim digambarkan dengan kepala anak-anak dikelilingi enam sayap yang memiliki ekspresi wajah sedikit berbeda antara satu dengan yang lainnya.
  • Lencana orde berbentuk Salib Malta emas yang diemail putih.[1] Di setiap lengannya terdapat Salib Patriarkal emas, sementara di antara lengan-lengannya terdapat serafim emas. Di tengah depan medalion terdapat lingkaran beremail biru dengan kristogram "IHS" beremail putih, dikelilingi tiga mahkota emas, dan tiga paku emas di bawahnya yang menggambarkan paku penyaliban Yesus. Bagian tengah belakang medalion juga berbentuk lingkaran beremail biru, tetapi dengan huruf "FRS" (Fredericus, Rex Sueciae; Frederick I, Raja Swedia) diemail putih yang menggambarkan pendiri orde ini. Lencana tersebut memiliki penggantung berbentuk mahkota kerajaan emas yang diemail. Lencana bagi bayi berukuran sedikit lebih kecil daripada lencana pada umumnya.
  • Patra (bintang) orde memiliki bentuk yang sama dengan bagian depan lencana, tetapi tanpa penggantung di atasnya. Patra ini berbahan perak,[3] diemail biru pada bagian tengahnya, dan berukuran lebih besar.
  • Pita (selempang) orde berwarna biru muda, yang di Swedia disebut sebagai biru serafim. Selempang bagi bayi berukuran sangat kecil daripada selempang pada umumnya.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hieronymussen 1968, hlm. 103.
  2. ^ a b Hieronymussen 1968, hlm. 104.
  3. ^ Model patra sejak tahun 2006 memiliki kepala serafim yang disepuh.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Hieronymussen, Poul Ohm (1968). Lundø, Jørgen, ed. Europæiske ordner i farver [Eurooppalaiset kunniamerkit värikuvina] (dalam bahasa Dansk). Diterjemahkan ke bahasa Suomi oleh Karnila, Christen. Porvoo, Helsinki: Werner Söderström. OCLC 466954328. 
  • Nordenvall, Per (1998). Kungliga Serafimerorden 1748–1998 (dalam bahasa Swedia). Stockholm: Kungl. Maj:ts orden. ISBN 978-91-630-6744-0. 
  • Lawrence-Archer, J.H. (1887). The Orders of Chivalry (dalam bahasa Inggris). London: W.H. Allen and Co. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]