Orang Jerman Argentina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orang Jerman Argentina
  • Deutschargentinier
  • aleman-argentinos
Orang Jerman Argentina selama Festival Imigran di Oberá, Misiones.
Jumlah populasi
Lebih dari
3,5 juta

(keturunan warga negara Jerman: 1 juta)

(keturunan Jerman Volga: lebih dari 2,5 juta)[1][2]
Daerah dengan populasi signifikan
Córdoba, Buenos Aires, Provinsi Buenos Aires, Entre Ríos, Provinsi La Pampa, Provinsi Río Negro, Misiones, Chaco, Santa Fe, Neuquén.
Bahasa
Spanyol Río de la Plata · Jerman dan dialek Jerman (terutama Hunsrik dan Paraná-Wolga-Deutsch)
Agama
Katolik Roma (mayoritas) · Protestanisme (minoritas) (Lutheranisme · Evangelikalisme)  ·

Orang Jerman Argentina (Jerman: Deutschargentinier, Spanyol: germano-argentinos) adalah orang Argentina keturunan Jerman dan warga negara Jerman yang tinggal di Argentina. Mereka merupakan keturunan Jerman yang beimigrasi ke Argentina dari negara Jerman dan negara lainnya di Eropa. Beberapa orang Jerman Argentina awalnya bermukim di Brasil, kemudian berimigrasi ke Argentina. Meskipun Jerman sebagai sebuah entitas politik baru didirikan pada 1871, bahasa dan budaya Jerman memiliki peran yang lebih penting daripada negara Jerman sendiri sebagai dasar kesadaran etnik dan kebangsaan orang Jerman. Sekarang, orang Jerman Argentina merupakan kelompok etnik terbesar keempat di Argentina, dengan lebih dari dua juta warga negara Argentina keturunan Jerman Volga.[3]

Orang Jerman Argentina telah mendirikan sekolah-sekolah Jerman contohnya Hölters Schule dan surat kabar berbahasa Jerman contohnya Argentinisches Tageblatt ("Harian Argentina").[4] Keturunan Jerman merupakan mayoritas populasi di beberapa permukiman di pedalaman Argentina.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Día del alemán del Volga en la Argentina: Más de 2,5 millones de personas de esta descendencia celebran hoy su día". Paralelo.com.ar (dalam bahasa Spanish). April 15, 2017. 
  2. ^ "Alemanes del Volga. Dejaron Rusia y en Entre Ríos fundaron varias aldeas donde celebran sus tradiciones". Lanacion.com.ar (dalam bahasa Spanish). December 12, 2021. 
  3. ^ Centro Argentino Cultural Wolgadeutsche Diarsipkan October 6, 2011, di Wayback Machine.
  4. ^ Argentinisches Tageblatt. "Página Oficial" (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 23 February 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Orang Eropa Argentina Templat:Imigrasi ke Argentina Templat:Diaspora Jerman