Onsen tamago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Onsen tamago
Nama lainHot spring egg
SajianMakangan ringan
Tempat asalJepang
Bahan utamaTelur ayam
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Onsen tamago (温泉卵 or 温泉玉子) adalah telur bersuhu rendah tradisional dari Jepang yang dimasak dengan lambat dalam air onsen di Jepang.[1] Telur tersebut memiliki tekstur yang unik, berwarna putih, rasanya seperti puding halus (bima dan lembut) dan kuning telur keluar dengan lembut, tetapi tetap mempertahankan warna dan tekstur krim dari kuning telur tersebut.[2] Tekstur khusus ini dimasak dengan menggunakan perbedaan antara suhu kuning telur dan putih telur membeku.[3] Telur direbus dalam cangkan dan disajikan tanpa cangkang dalam sebuah cangkir kecil dengan saus kaldu dan kecap.

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Cara tradisional untuk memasak onsen tamago adalah menempatkan telur ke tali jaring dan meninggalkannya di dalam air panas, dengan air yang suhunya kira-kira 70 °C selama 30–40 menit. Pecahkan cangkang telurnya dan sajikan dengan dibumbui bonito dashi untuk sarapan, atau dalam saus yang dibuat dengan mirin, dashi dan kecap dengan irisan daun bawang yang ditaburkan di atasnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Onsen Tamago | Japan Blog - Tokyo Osaka Nagoya Kyoto". Japanvisitor.blogspot.com. 2010-01-13. Diakses tanggal 2013-10-25. 
  2. ^ "Onsen Tamago (hot spring egg)". Norecipes.com. 2008-10-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-29. Diakses tanggal 2013-10-25. 
  3. ^ "NOZAWA ONSEN Village | Hot Spring | Onsen-tamago (eggs boiled in hot spring water)". Nozawakanko.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-11-20. Diakses tanggal 2013-10-25.