One Piece Film: Red

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
One Piece Film: Red
Poster perilisan teatrikal
SutradaraGorō Taniguchi
ProduserEiichiro Oda
SkenarioTsutomu Kuroiwa
Berdasarkan
One Piece
oleh Eiichiro Oda
Pemeran
Penata musikYasutaka Nakata
Perusahaan
produksi
DistributorToei Company
Tanggal rilis
  • 22 Juli 2022 (2022-07-22) (pemutaran perdana Tokyo)
  • 6 Agustus 2022 (2022-08-06) (Jepang)
  • 21 September 2022 (2022-09-21) (Indonesia)
Durasi115 menit
NegaraJepang
BahasaBahasa Jepang
Pendapatan
kotor
  • ¥19,7 miliar (Jepang)[1]
  • US$246.5 juta (Seluruh dunia)[2]

One Piece Film: Red adalah film aksi-petualangan fantasi animasi Jepang 2022 disutradarai oleh Gorō Taniguchi dan diproduksi oleh Toei Animation.[3][4] Ini adalah film fitur kelima belas dari seri film One Piece, berdasarkan dari manga dengan nama yang sama ditulis dan di-ilustrasikan oleh Eiichiro Oda.

Ini pertama kali diumumkan pada 21 November 2021, dalam rangka memperingati perilisan anime One Piece episode 1000 dan setelah penayangan episode tersebut, sebuah teaser trailer dan poster dirilis pada 21 November 2021. Penayangan perdana dunianya ada di Nippon Budokan, Tokyo pada 22 Juli 2022, dalam rangka memperingati 25 tahun manga One Piece dan perilisan teatrikal pada 6 Agustus 2022, di Jepang.[5][6][7][8]

Per 11 Desember 2022, film ini mendapat ¥18.67 miliar di Jepang menjadikannya film terlaris One Piece, film terlaris tahun 2022 di Jepang, film terlaris ke-14 sepanjang masa di Jepang.[9] Di seluruh dunia, film ini mendapat US$206.7 juta menjadikannya film Jepang terlaris ke-5 sepanjang masa.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Para bajak laut Topi Jerami pergi ke pulau Elegia untuk menghadiri sebuah konser oleh Uta, seorang penyanyi terkenal dunia. Setelah Uta membawakan lagu pertamanya, Luffy naik ke atas panggung untuk bersatu kembali dengannya, mengungkapkan bahwa mereka berdua saling mengenal satu sama lain karena Uta adalah anak perempuan dari "Rambut merah" Shanks. Mereka bertemu saat Shanks berlabuh di kampung halaman Luffy 12 tahun lalu, tetapi suatu hari dia tidak pulang bersamanya, mengklaim dia telah pergi untuk mengejar karir sebagai penyanyi. Beberapa kru bajak laut mencoba menculik Uta, tapi dia dengan mudah mengalahkan mereka dengan menyulap apapun yang dia inginkan melalui lagu. Setelah itu, Uta memberi tahu Luffy bahwa dia harus berhenti menjadi bajak laut, karena dia akan membuat konser ini bertahan selamanya dan menciptakan dunia hanya dengan kebahagiaan dan kedamaian. Saat para Topi Jerami menolak idenya, Uta menyerang dan menahan mereka semua kecuali Luffy, yang diselamatkan oleh Trafalgar Law dan Bartolomeo. Sementara itu, Lima tetua yang memerintah Pemerintah Dunia menganggap kekuatan Uta sebagai ancaman besar bagi dunia, dan armada Angkatan laut Laksamana Sakazuki memerintahkan konvoi kapal perang yang dipimpin oleh Laksamana Kizaru dan Fujitora untuk pergi ke Elegia dan menaklukkannya.

Grup Luffy dikejar oleh Uta dan para penonton konser, dan mereka memasuki kastil Elegia dimana mereka bertemu Gordon, yang merupakan ayah angkat Uta sekaligus mantan raja Elegia. Gordon mengungkapkan bahwa dia merawat Uta setelah Elegia dihancurkan, sebuah insiden yang diakibatkan oleh Shanks dan krunya, yang dengan segala cara menjarah pulau itu untuk harta karunnya dan meninggalkan Uta. Dia membesarkan Uta menjadi musisi hebat dan membuatnya terlindung dari dunia luar, tetapi ketika dia mencapai ketenaran di seluruh dunia, dia mulai belajar tentang penderitaan yang ditimbulkan pada sejumlah besar penggemarnya oleh bajak laut. Uta lalu datang dan memaksa grup Luffy untuk melarikan diri, dan Gordon memohon padanya untuk tidak melaksanakan rencananya. Namun, Uta mengungkapkan dia menemukan sebuah prasasti dari sebuah lagu yang disebut "Tot Musica" yang dapat melepaskan kekuatan besar, dan melumpuhkan Gordon.

Kelompok Luffy menemukan Koby, Helmeppo, dan Blueno yang beroperasi secara menyamar untuk Pemerintahan Dunia. Koby mengungkapkan bahwa Uta memiliki kekuatan Buah Sing-Sing, yang memungkinkannya untuk mengirim orang ke sebuah dunia mimpi yang dikenal sebagai Dunia Sing-Sing dengan menyanyikannya kepada mereka. Mereka dan semua orang yang menonton konser itu terjebak di dunia ini, yang realitasnya sepenuhnya dikendalikan oleh Uta. Dunia Sing-Sing tidak ada lagi setiap kali Uta tertidur; namun, Uta telah memakan sebuah obat yang dikenal sebagai jamur-bangun yang membuatnya terbangun setiap waktu dan secara drastis mengurangi masa hidupnya. Jika Uta meninggal, semua orang yang di Dunia Sing-Sing akan terjebak di dalamnya selamanya. Di dunia asli, armada Angkatan laut sampai di Elegia untuk menemukan semua penonton konser yang tertidur. Mereka menutup pendengaran mereka untuk memblokir nyanyian Uta, tetapi Uta mengambil alih kendali penonton konser untuk mengepung Angkatan laut dan melepaskan penghalang pendengaran mereka. Para Kelima Tetua mengetahui Uta hanya memiliki beberapa jam tersisa untuk hidup dan jika dia mati, 70% dari populasi dunia akan terjebak di Dunia Sing-Sing.

Para Topi Jerami yang terperangkap berhasil membebaskan diri dengan menyanyikan nada yang sesuai dengan mereka pada staf, dan mengarah ke kastil untuk menemukan kelemahan pada kekuatana Uta. Di perpustakaan, Robin menemukan bahwa ada cara untuk menyatukan dunia dengan memanggil Tot Musica, sebuah entitas iblis yang keberadaannya mencakup kedua dunia. Jika Tot Musica diserang secara bersamaan di kedua dunia, mereka yang terjebak di Dunia Sing-Sing World akan kembali ke realita. Uta melanjutkan konsernya di Dunia Sing-Sing, tetapi pendengarnya mulai menolak gagasan untuk hidup di dunianya selamanya. Tumbuh semakin tidak stabil, Uta mengubah semuanya menjadi benda mati. Luffy lalu melawan Uta, dan diberitahu oleh Gordon bahwa dia telah bergabung dengan Shanks dan Bajak Laut Rambut Merah di dunia nyata.

Shanks mencoba untuk menolong Uta, tapi Sakazuki memerintahkan Angkatan laut untuk menembaknya tanpa mempedulikan penonton konser, memkasa Shanks dan krunya untuk bertahan. Ketakutan akan pembantaian rakyatnya dan terpeleset ke dalam delirium dari jamur-bangun, Uta membangkitkan Tot Musica. Saat Luffy mencoba untuk menghentikan Uta, dia berusaha untuk membunuhnya, tapi Gordon malah menerima pukulan itu. Dia mengungkapkan bahwa Tot Musica adalah satu-satunya yang menghancurkan Elegia 12 tahun lalu setelah Uta tidak sengaja membangkitkannya, dan Shanks meninggalkan Uta di Elegia setelah itu agar dia bisa mengejar karir menyanyi tanpa menjadi bajak laut yang dicari. Terlepas dari pengakuan ini, Uta akhirnya dikonsumsi oleh Tot Musica saat ia bergerak untuk mengkonsumsi kedua versi Elegia, dengan mudah mengalahkan bajak laut dan Angkatan laut. Namun, Usopp mampu mencapai hubungan mental dengan ayahnya Yasopp melalui Haki Pengelihatan, dan ini memungkinkan mereka berdua untuk mengoordinasikan serangan secara bersamaan antara kekuatan kedua dunia. Setelah pertempuran yang panjang dan sulit, Luffy dan Shanks melakukan serangan terakhir untuk mengalahkan Tot Musica. Namun, karena sudah memakan semua orang Elegia, mereka yang di dalam Dunia Sing-Sing tidak kembali. Uta menolak sebuah obat dari Shanks untuk menyembuhkan efek jamur-bangun untuk menyanyikan lagu yang akan membawa kembali semua orang. Begitu dia melakukan ini, pasukan Angkatan laut bergerak untuk menangkapnya, tapi Shanks mengusir mereka dengan Haki Penakluknya. Saat para Angkatan laut mundur, Shanks dan Uta berdamai sebagai ayah dan anak.

Luffy bangun di Thousand Sunny setelah krunya meninggalkan Elegia. Dia bisa melihat kapal Bajak Laut Rambut Merah berlayar menjauh, dan melihat kru yang berdiri di atas Uta yang terbaring.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Karakter Jepang
Monkey D. Luffy Mayumi Tanaka
Rambut-Merah Shanks Shūichi Ikeda
Uta
Roronoa Zoro Kazuya Nakai
Nami Akemi Okamura
Usopp Kappei Yamaguchi
Sanji Hiroaki Hirata
Tony Tony Chopper Ikue Ōtani
Nico Robin Yuriko Yamaguchi
Franky Kazuki Yao
Brook Chō
Jimbei Katsuhisa Hōki
Gordon Kenjiro Tsuda[10]
Romy Chise Niitsu[11]
Yorueka Yuki Kaji[11]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Gorō Taniguchi sebelumnya telah mensutradarai OVA 1998, One Piece: Defeat The Pirate Ganzak!, yang di produksi oleh Production I.G. Ini adalah adaptasi animasi pertama manga One Piece, dirilis sebelum penayangan seri anime dan memiliki pemutaran terbatas di bioskop Jepang. Oda menyatakan bahwa Taniguchi adalah “orang pertama yang menghidupkan Luffy”.[12][13] Setelah pengumuman pertama film pada November 2021, Taniguchi mengatakan bahwa dia ingin mengungkapkan One Piece yang belum pernah terlihat sebelumnya dan dia akan menunjukkannya di One Piece Film: Red.[14]

Menurut Shinji Shimizu, seorang staff dari Toei Animation dan produser dari anime One Piece, One Piece Film: Red adalah film satu-satunya One Piece yang Eiichiro Oda paling aktif berpartisipasi. Oda adalah produser eksekutif, desainer karakter, dan juga penulis naskah film. Dia juga mengatakan bahwa filmnya akan berbeda dari film One Piece sebelumnya. Dia menambahkan bahwa film ini akan menjadi kombinasi dari 2D dan CGI 3D meskipun animasi utamanya akan dalam 2D tetapi dalam beberapa adegan akan menggunakan CGI 3D untuk membuatnya lebih berdampak.[15]

Naskah untuk film ini sudah didiskusikan oleh Oda, Taniguchi dan Tsutomu Kuroiwa untuk lebih dari dua tahun. Setelah itu selesai, Oda memuji naskah terakhir dengan mengatakan, "Ini fantastis!”. Tsutomu Kuroiwa, penulis skenario, yakin bahwa One Piece Film: Red akan menjadi film hebat yang akan menyentuh hati banyak orang.[16]

Musik[sunting | sunting sumber]

Video luar
"New Genesis"
Video musik resmi dari lagu tema utama oleh Ado dan Yasutaka Nakata.

Skor film disusun oleh Yasutaka Nakata,[17] dan lagu tema untuk film ini adalah "New Genesis" diperankan oleh Ado dan diproduksi oleh Nakata. Ado juga menampilkan enam lagu lagi yang menampilkan Mrs. Green Apple, Vaundy, Fake Type., Hiroyuki Sawano, Yuta Orisaka, dan Motohiro Hata di masing-masing dan Toei Animation dan Ado merilis video musik masing-masing di YouTube.[10][18][19][20] Album Uta no Uta: One Piece Film Red, berisi semua lagu vokal dari film ini dirilis pada 10 Agustus 2022,[10] sementara skor dari album dipublikasikan oleh Avex, berisi 47 lagu, akan dirilis pada 28 Oktober 2022.[17]

Daftar trak Uta no Uta: One Piece Film Red [21][22]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."New Genesis" (新時代; Shin Jidai)Yasutaka NakataYasutaka NakataAdo3:49
2."I'm Invincible" (私は最強; Watashi wa Saikyō)Motoki OmoriMrs. Green AppleAdo4:17
3."Backlight" (逆光; Gyakkō)VaundyVaundyAdo3:57
4."Fleeting Lullaby" (ウタカタララバイ; Utakata Rarabai)Tophamhat-KyoFake Type.Ado2:53
5."Tot Musica"cAnON.Hiroyuki SawanoAdo3:16
6."The World's Continuation" (世界のつづき; Sekai no Tsuzuki)Yuta OrisakaYuta OrisakaAdo4:48
7."Where the Wind Blows" (風のゆくえ; Kaze no Yukue)Motohiro HataMotohiro HataAdo4:33
8."Binks' Sake" (ビンクスの酒; Binkusu no Sake)Eiichiro OdaKohei TanakaAdo3:27
Durasi total:30:53

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Ado akan menampilkan tujuh lagu yang menampilkan Yasutaka Nakata, Mrs. Green Apple, Vaundy, Fake Type., Hiroyuki Sawano, Yuta Orisaka, dan Motohiro Hata di masing-masing dan Toei Animation dan Ado akan merilis lagu video di YouTube untuk promosi film, lagu ini juga akan ditampilkan dalam film sebagai suara nyanyian untuk karakter Uta.[11][18][20] Sejak perilisan teatrikal film ini di Jepang, ada banyak hadiah gratis untuk penonton teater, termasuk manga dan buku data oleh Eiichiro Oda yang dicetak jutaan dan merupakan hadiah untuk sebagian besar akhir pekan sejak perilisan.[23][24] Perilisan episode reguler anime One Piece ditunda selama tiga minggu dan tiga episode berdasarkan film ini disiarkan setelah film ini dirilis di Jepang.[25]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Peta dunia yang menunjukkan wilayah di mana perilisan bioskop telah diumumkan (merah)

Film ini memiliki penayangan perdana dunianya di Nippon Budokan, Tokyo pada 22 Juli 2022, dan dirilis secara teatrikal di 495 layar di Jepang pada 6 Agustus 2022, oleh distributornya Toei Company.[6][8][26] Ini memiliki pemutaran IMAX di Jepang di 27 bioskop, yang menjadi pertama kali untuk film One Piece. Ini juga tersedia untuk MX4D, 4DX, dan Dolby Atmos.[27][28]

Di Taiwan, film ini dirilis pada 19 Agustus 2022.[29] Di Tiongkok, ini ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Beijing pada 21 Agustus 2022.[30] Di Hong Kong dan Macau, ini dirilis dalam bahasa Kanton,[31][32] diterjemahkan dan di dubbing pada 25 Agustus 2022.[33][34] Di Thailand, film ini memiliki pemutaran penggemar dari 16 hingga 21 Agustus dan dirilis secara luas pada 25 Agustus oleh distributor Japan Anime Movie (JAM) Thailand.[35]

Odex mengumumkan bahwa mereka mendistribusikan film ini di Singapura, Filipina, Malaysia[36] dan India,[37] itu memiliki pemutaran perdana terbatas yang dirilis pada 2 hingga 4 September 2022 di ODEX Film Festival di Cathay Cineplex Downtown dan dirilis pada 10 September 2022 di Singapura,[38][39] di Malaysia, pemutaran perdana terbatas telah dimulai dari 3 hingga 11 September 2022 di ODEX Film Festival di Paradigm Mall, Petaling Jaya dan dijadwalkan dirilis pada 22 September 2022, di Belanda, film ini dirilis pada 8 September 2022[40] dan penayangan Penggemar pada 17 dan 18 September 2022[41] dan dirilis pada 24 September 2022 di Filipina.[42][43] Di Indonesia, CBI Pictures mengumumkan perilisan terbatas pada 16 hingga 18 September 2022,[44] dan dirilis pada 21 September 2022 di Indonesia. Di A.S, Kanada, Australia, dan Selandia Baru, dijadwalkan untuk dirilis pada November oleh Crunchyroll.[45] Di Inggris dan Irlandia, film ini akan dirilis pada 4 November 2022 oleh Anime Limited.[46] Di Italia film ini akan tayang perdana di Lucca Comics and Games 2022, dan akan dirilis di bioskop oleh merek Pabrik Anime Koch Media pada musim gugur.[47] Diamond Films telah mengumumkan perilisan media One Piece di Amerika Latin.[48][49]

Di Inggris dan Irlandia, film ini dirilis pada 4 November 2022 oleh Anime Limited.[46] CGV merilis film ini di Vietnam pada 25 November, 2022, oleh Tagger dengan penggoda yang diumumkan sebelum dirilis di saluran Youtube lokal mereka.[50][51] Di Italia, film ini akan tayang perdana di Lucca Comics and Games 2022 dan akan dirilis di bioskop oleh merek Anime Factory Koch Media pada musim gugur.[52] Diamond Films telah menggoda perilisan media One Piece di Amerika Latin.[48][49] Di Pakistan, film ini dirilis pada 7 Oktober.[53][54] Di Israel, film ini dirilis pada 1 Desember.[55]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis pada akhir pekan dan menjadi puncak box office di negara. Dalam hari pembukaannya, film ini memiliki pendapatan box office dan penerimaan masing-masing ¥1,232.095.230 dan ¥869.407. Ini adalah pembukaan terbesar untuk film One Piece yang pernah ada, film ketiga dari sejarah Jepang yang menghasilkan 1 miliar yen pada hari pembukaan, pembukaan hari Sabtu terbaik untuk IMAX, dan juga hari pembukaan terbesar kedua sepanjang masa di Jepang.[56][57] Pada hari keduanya, itu memiliki pendapatan dan penerimaan box office masing-masing ¥1.022.141.800 dan ¥710.145, menjumlahkan menjadi ¥2,254,237,030 dan 1,579,552 di akhir pekan.[58]

Wilayah lain[sunting | sunting sumber]

  • Di Tiongkok, film ini menjadi film dengan penjualan tercepat di Festival Film Internasional Beijing ke-12 setelah tiket-tiketnya habis terjual dalam satu menit setelah perilisannya.[59][60][61] Di Hong Kong, film ini mendapat HK$3.45 juta (US$440,000) pada minggu pembukaannya.[62]
  • Di Taiwan, film ini menempati peringkat pertama dan mendapat NT$57,793 juta di akhir pekan pembukaannya. Ini melewati pendapatan total box office dari One Piece: Stampede (NT$54.2 juta) di Taiwan.[63] Juga, film tersebut telah melampaui pendapatan box office akhir pekan pembukaan Jujutsu Kaisen 0 (NT$55.83 juta) dan menjadi akhir pekan pembukaan terbaik pada tahun 2022 untuk film animasi Jepang di Taiwan.[64] Pada akhir pekan ke-4, film ini menghasilkan lebih dari NT$155 juta (US$5.01 juta) dan tetap menempati posisi pertama selama 4 minggu berturut-turut dalam peringkat box office di Taiwan.[65]
  • Di Indonesia, film ini memiliki lebih dari 1,36 juta penonton, menjadikannya sebagai film anime terlaris yang pernah ada di tanah air.[66]
  • Di Arab Saudi, film ini menduduki peringkat nomor satu pada akhir pekan pembukaannya di box office Arab Saudi, menjual 61,000 tiket dan mendapat US$1.05 juta. Ini adalah akhir pekan pembukaan terbesar untuk film animasi Jepang di negara ini. Film ini terjual 14% lebih tinggi dari Jujutsu Kaisen 0 dan 50% lebih dari Demon Slayer The Movie: Mugen Train. Itu juga mencapai salah satu hari pembukaan terbesar untuk film PG-12 di negara ini, hari pembukaan terbesar kedua untuk film animasi setelah Minions: The Rise of Gru Universal , dan mendapat 286% lebih dari Sonic the Hedgehog 2.[67][68]
  • Di Amerika Serikat, film ini mendapat $4.8 juta pada hari pembukaannya, mengalahkan Black Adam untuk sehari[69] dan menjadikannya film One Piece dengan pendapatan kotor tertinggi di negara ini, melampaui One Piece: Stampede ($1.3 juta).[70] Ini kemudian debut menjadi $ 9,3 juta, berakhir di posisi kedua di belakang Black Adam.[71]
  • Di Thailand, film ini menjadi hari pembukaan dengan pendapatan kotor tertinggi dan pembukaan akhir pekan sepanjang masa untuk film Animasi Jepang di Thailand setelah masing-masing menghasilkan 17,8 juta baht dan 71,70 juta baht.[72][73] Pada minggu pertama, ini menjadi film anime tercepat yang mendapat 100 juta bhat di Thailand.[74][75]

Hingga 29 Januari 2023, film ini telah menghasilkan US$246,5 juta di seluruh dunia, menjadikannya film anime terlaris ke-6 sepanjang masa dan film Jepang terlaris ke-6 sepanjang masa.[76][77]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada halaman web agregator pengulas Rotten Tomatoes, 94% dari 35 ulasan kritik adalah positif, dengan penilaian rata-rata 7.8/10. Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberi film ini skor 69 dari 100, berdasarkan delapan kritik, menunjukkan "ulasan yang umumnya disukai". Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "A" pada skala A+ ke F, sementara yang di PostTrak memberikan skor positif keseluruhan 88%.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Katerogi Penerima Hasil Ref.
2022 MTV Video Music Awards Japan Song of the Year "New Genesis" Menang [78]
64th Japan Record Awards Excellent Work Awards "New Genesis" Menang [79]
2022 Internet Buzzword Awards Number 1 in the list Uta Menang [80]
2023 77th Mainichi Film Awards Best Animation Film / Ōfuji Noburō Award One Piece Film: Red Nominasi [81]
7th Crunchyroll Anime Awards Best Film One Piece Film: Red Nominasi [82]
Best Anime Song "New Genesis" Nominasi
46th Japan Academy Film Prize Special Award (The Chairman's Distinguished Service Award) One Piece Film: Red Menang [83]
Popularity Award (Best Picture) One Piece Film: Red Menang [84]
Excellent Animation of the Year One Piece Film: Red Menang [85]
2023 Elan d'or Awards Elan d'or Award Special Prize One Piece Film: Red Production Committee Menang [86]
2023 Tokyo Anime Award Festival Best Animated Film One Piece Film: Red Menang [87][88]
Best Director Goro Taniguchi Menang
Best Music Ado Menang
18th Shin Watanabe Award Shin Watanabe Award Eiichiro Oda Menang [89]
2022 Association of Media in Digital (AMD) Awards Excellence Award Uta Menang [90]
37th Japan Gold Disc Award 2023 Special Award Ado Menang [91]
Animation Album of the Year Uta's Songs: One Piece Film Red Menang
Best 3 Songs by Download "New Genesis" Menang
Best 5 Songs by Streaming "New Genesis" and "I'm Invincible" Menang

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "歴代ランキング - CINEMAランキング通信". www.kogyotsushin.com. Diakses tanggal 2022-11-07. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ComScoreNov13
  3. ^ "One Piece Film Red Japanese Release Date Announced". Siliconera (dalam bahasa Inggris). 2021-11-21. Diakses tanggal 2021-11-23. 
  4. ^ "One Piece Film: Red Officially Announced, First Teaser Revealed". Funimation - Blog! (dalam bahasa Inggris). 2021-11-21. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-23. Diakses tanggal 2021-11-23. 
  5. ^ "New One Piece Film: Red Project Coming 2022". Game Rant (dalam bahasa Inggris). 2021-11-21. Diakses tanggal 2021-11-23. 
  6. ^ a b "Code Geass' Goro Taniguchi Directs One Piece Film Red Opening on August 6, 2022". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-23. 
  7. ^ "New One Piece Film Announced". Anime (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-23. 
  8. ^ a b "ONE PIECE FILM RED to Hold Its World Premiere Event at Nippon Budokan on July 22" (dalam bahasa Inggris). 2022-06-06. Diakses tanggal 2022-07-11. 
  9. ^ "歴代ランキング" [Successive Rankings]. CINEMAランキング通信 (CINEMA Ranking Tsūshin) (dalam bahasa Jepang). 興行通信社 (Kogyo Tsūshinsha). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-12. Diakses tanggal 2022-09-12. 
  10. ^ a b c d e Dempsey, Liam (June 8, 2022). "Uta Finds Her Voice for ONE PIECE FILM RED, New Trailer and Visual Revealed". Crunchyroll. Diakses tanggal June 9, 2022. 
  11. ^ a b c Antonio Pineda, Rafael (July 13, 2022). "One Piece Film Red Anime Adds 2 Cast Members". Anime News Network. Diakses tanggal July 24, 2022. 
  12. ^ "Who is Goro Taniguchi, Director of One Piece Film Red Shanks Movie". www.dualshockers.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-23. 
  13. ^ "5 OVAs That Were Perfect (& 5 That Really Missed The Mark)". CBR (dalam bahasa Inggris). 2020-01-31. Diakses tanggal 2021-11-23. 
  14. ^ "ONE PIECE:新作劇場版「ONE PIECE FILM RED」2022年8月6日公開 谷口悟朗が24年ぶり監督 歌声、赤髪が物語のカギに". Mantan Web (dalam bahasa Jepang). 2021-11-21. Diakses tanggal 2021-12-24. 
  15. ^ "¡BOMBAZO! Entrevista EXCLUSIVA al staff de One Piece Film Red". Mission Tokyo. December 21, 2021. 
  16. ^ "『ONE PIECE』新作映画製作決定、来年8・6公開 『ONE PIECE FILM RED』監督は23年ぶりに谷口悟朗氏". Oricon (dalam bahasa Jepang). 2021-11-21. 
  17. ^ a b "「ONE PIECE FILM RED」Original SoundTrack". Avex (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-08-11. 
  18. ^ a b "One Piece Film Red Uta Will Have Separate Voice and Vocal Actresses". Siliconera (dalam bahasa Inggris). 2022-06-08. Diakses tanggal 2022-07-03. 
  19. ^ Harding, Daryl. "Ado Releases 2nd ONE PIECE FILM RED Uta Music Video "I'm invincible."". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-03. 
  20. ^ a b Dempsey, Liam. "Ado Shares Breathtaking Music Video for ONE PIECE FILM RED's Main Theme Song". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-04. 
  21. ^ "『ONE PIECE FILM RED』の歌姫・ウタの歌唱パートをAdoが担当!7組の豪華アーティストの書き下ろしによる主題歌&劇中歌を収録したCDアルバム『ウタの歌 ONE PIECE FILM RED』発売も決定!". Ado (dalam bahasa Jepang). 2022-06-08. Diakses tanggal 2022-09-06. 
  22. ^ "UTA'S SONGS ONE PIECE FILM RED by Ado". Apple Music. 2022-08-10. Diakses tanggal 2022-09-06. 
  23. ^ "【第4弾が9月17日~配布開始!!】映画「ONE PIECE FILM RED(ワンピース フィルム レッド)」の入場者プレゼント・特典をゲットする方法 ≫ 使い方・方法まとめサイト - usedoor". 使い方・方法まとめサイト - usedoor. Diakses tanggal 2022-09-06. 
  24. ^ Inc, Natasha. "「ONE PIECE FILM RED」入場者特典の巻四十億〝RED〟がリニューアル". 映画ナタリー (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-09-06. 
  25. ^ Fox, Joshua (2022-08-07). "Why Is One Piece's Movie Tie-In Airing After Red's Premiere?". ScreenRant (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-06. 
  26. ^ "映画「ONE PIECE FILM RED」公開初日 シリーズ最高興収狙えるスタート - スポニチ Sponichi Annex 芸能". スポニチ Sponichi Annex (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-08-07. 
  27. ^ "ONE PIECE FILM RED:初のIMAX上映 MX4D、4DX、ドルビーアトモスも 新ビジュアル公開" (dalam bahasa Inggris). 2022-07-11. Diakses tanggal 2022-07-11. 
  28. ^ "One Piece Film Red Anime Gets IMAX Screenings". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-12. 
  29. ^ 4Gamers. "《航海王劇場版:紅髮歌姬》尾田版CD封面公開,澤野弘之、Vaundy加入作曲陣容". 4Gamers 官方網站 (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 2022-07-03. 
  30. ^ "Beijing film festival announces exciting screenings - China.org.cn". www.china.org.cn. Diakses tanggal 2022-08-11. 
  31. ^ "ONE PIECE FILM RED(Cantonese Version) Movie - Broadway Circuit". www.cinema.com.hk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-26. 
  32. ^ "One Piece Film Red (Cantonese Version)". www.emperorcinemas.com. Diakses tanggal 2022-08-26. 
  33. ^ 《ONE PIECE FILM RED》8月25日 日語原聲‧粵語配音版 同步上映 (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2022-08-23 
  34. ^ "Neofilms Opens One Piece Film Red in Hong Kong in August". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-26. 
  35. ^ "JAM Thailand Opens One Piece Film Red in Thailand in August". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-29. 
  36. ^ "ODEX_MB on Instagram: "One Piece fans, are you ready? 🔥 #OnePieceFilmRed is coming to GSC this September!". Instagram (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-23. 
  37. ^ "Odex Film Festival in Singapore Screens 3 Anime Films, 1 Live-Action Film in September". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-30. 
  38. ^ "ONE PIECE FILM RED Fan's Screening". cathaycineplexes. 
  39. ^ "cinemaonline.sg: One Piece Film: Red". www.cinemaonline.sg (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-07. 
  40. ^ "One Piece Film: Red". Pathé (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-09-07. 
  41. ^ "One Piece Film Red Anime Opens in Philippines in September". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-11. 
  42. ^ Manaloto, Nicolo (2022-08-13). "One Piece Film: Red gets a Philippines cinema release date". UnGeek (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-07. 
  43. ^ "One Piece Film: Red - Showtimes". SM Cinema. Diakses tanggal 2022-09-07. 
  44. ^ @CBIpictures (July 21, 2022). "ONE PIECE FILM RED. Fans Screening 16 -18 September 2022 #ONEPIECE #OnePieceRed" (Tweet) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-11 – via Twitter. 
  45. ^ Villei, Matt (2022-06-24). "'One Piece Film Red' Sets Sail for International Theaters". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-03. 
  46. ^ a b "One Piece Film Red Will Be Released in U.K. and Ireland Cinemas on November 4". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-11. 
  47. ^ Pignagnoli, Matteo. "ONE PIECE RED SARÀ IN ANTEPRIMA AL LUCCA COMICS 2022". DrCommodore (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2022-08-16. 
  48. ^ a b TheTwero. "Distribuidora Diamond Films publica nas redes sociais conteúdo relacionado a One Piece Film: Red". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-23. 
  49. ^ a b "¿Reconoces esta imagen? Muy pronto algo está por llegar. #OnePiece : La película". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-23. 
  50. ^ ONE PIECE FILM RED - TEASER TRAILER (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2022-10-10 
  51. ^ "CGV Cinemas Vietnam on Instagram: "Ngày này đã đến! ONE PIECE FILM RED chính thức ra rạp 🔥 Đặc biệt từ hôm nay, khán giả đã có thể thưởng thức bộ phim ở định dạng IMAX 🎉 Sẵn sàng quẩy concert cực đã chưa mấy bồ? -------- One Piece Film Red - Đang chiếu tại rạp Đặt vé tại đây: https://bit.ly/CGV-OPFR #OnePieceFilmRed #ONEPIECEFILMREDVN"". Instagram (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-25.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  52. ^ Pignagnoli, Matteo (21 July 2022). "ONE PIECE RED SARÀ IN ANTEPRIMA AL LUCCA COMICS 2022". DrCommodore (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2022-08-16. 
  53. ^ "One Piece Film: Red to hit Pakistani theater on the same date as India". Backgrounds Templates Pngs (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-10. 
  54. ^ "Cinepax Cinemas on Instagram: "One Piece Film Red teaser Release on 7th October 2022 at Cinepax Cinemas"". www.instagram.com. Diakses tanggal 2022-10-10. 
  55. ^ One Piece Film: Red (2022) - IMDb, diakses tanggal 2022-12-12 
  56. ^ Harding, Daryl. "One Piece Film: Red Opens to a Massive 2.25 Billion Yen at JP Box Office, 2nd Best Opening Weekend in History". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-08. 
  57. ^ Tartaglione, Nancy; Tartaglione, Nancy (2022-08-07). "'Bullet Train' Clocks $62.5M Global Bow; 'Jurassic World Dominion' Overtakes 'Doctor Strange 2' & 'Top Gun: Maverick' Crosses $1.35B WW – International Box Office". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-26. 
  58. ^ Komatsu, Mikikazu. "Japan Box Office: One Piece Film: Red Makes Impressive No.1 Debut with New Records". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-09. 
  59. ^ "一张卖到2500元!北影节电影票再遭爆炒,还有人拍卖电影票". Sina Corporation (dalam bahasa Tionghoa). August 11, 2022. Diakses tanggal August 11, 2022. 
  60. ^ "北影节抢票结束 《航海王:红发歌姬》最快售罄". Sohu (dalam bahasa Tionghoa). August 10, 2022. Diakses tanggal August 11, 2022. 
  61. ^ "8/20に中国北京国際映画祭にて特別上映を実施". Twitter (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-09-08. 
  62. ^ "香港週末◆票房收入:2022年 第 35 週08-25~08-28". hk.dorama.info. Diakses tanggal 2022-09-01. 
  63. ^ "台北週末◆票房收入:2022年 第 34 週08-19~08-21". tw.dorama.info. Diakses tanggal 2022-08-22. 
  64. ^ "2022年日本アニメ映画初日興行収入No.1を記録しました.台湾でも大盛況!!". Twitter (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-09-08. 
  65. ^ "台北週末◆票房收入:2022年 第 37 週09-09~09-11". tw.dorama.info. Diakses tanggal 2022-09-12. 
  66. ^ "ONE PIECE FILM: RED juga disuka di Amerika. Di Indonesia sudah jadi anime terlaris sepanjang masa dengan estimasi capaian 1,36 juta penonton (atau lebih)". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-06. 
  67. ^ Goodfellow, Melanie (7 November 2022). "'One Piece Film Red' Smashes Saudi Arabia Box Office Records For Front Row, Dislodges 'Black Adam'". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-08. 
  68. ^ Hazra, Adriana. "One Piece Film Red Earns US$1.05 Million in Opening Weekend in Saudi Arabia". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-08. 
  69. ^ Malhotra, Rahul (2022-11-05). "'One Piece Film: Red' Narrowly Beats 'Black Adam' at Friday Box Office". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-07. 
  70. ^ Saabedra, Humberto. "One Piece Film Red Sails To Massive $4.7 Million Opening Day". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-06. 
  71. ^ "Weekend Domestic Chart for November 4, 2022". The Numbers.com. Diakses tanggal November 7, 2022. 
  72. ^ ""One Piece Film Red" เปิดตัวกระหึ่มในเมืองไทย วันแรกฟันรายได้เปรี้ยง!". True ID (dalam bahasa Thai). Diakses tanggal 2022-08-30. 
  73. ^ "#ONEPIECEFILMRED กลายเป็นหนังแอนิเมชั่นญี่ปุ่นทำเงิน 4 วันสุดสัปดาห์แรกทั่วประเทศสูงสุดตลอดกาลของบ้านเราเรียบร้อยแล้ว หลังทำเงิน 4 วันแรกไปถึง 71.7 ล้านบาท". Twitter (dalam bahasa Thai). Diakses tanggal 2022-08-29. 
  74. ^ "บรรยากาศงาน THANKYOU ONE PIECE FILM RED เปิดฉายสัปดาห์แรก ครองแชมป์ Thailand Box Office กวาดรายได้ทะยานสู่ 100 ล้านและขึ้นแท่นภาพยนตร์อนิเมะสัปดาห์แรกสูงสุดตลอดกาลเร็วที่สุด !!!". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-02. 
  75. ^ Pisanjamrone, Wutti. "ONE PIECE FILM RED หนังอนิเมะทำเงิน 100 ล้านบาทเร็วสุด". เดลินิวส์ (dalam bahasa Thai). Diakses tanggal 2022-09-03. 
  76. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ANNWW
  77. ^ Harding, Daryl. "One Piece Film Red Ends Its Run as the 4th Highest Grossing Anime Film of All Time Worldwide". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-30. 
  78. ^ "MTV VMAJ 2022 Winners" (dalam bahasa Jepang). MTV Video Music Awards Japan. November 2, 2022. Diakses tanggal February 9, 2022. 
  79. ^ "第64回日本レコード大賞" [64th Japan Record Awards] (dalam bahasa Jepang). Japan Record Awards. December 30, 2022. Diakses tanggal February 9, 2023. 
  80. ^ "One Piece's Uta Wins 2022 Japanese Internet Buzzword Awards". Anime News Network. December 15, 2022. 
  81. ^ "毎日映画コンクール 石川慶監督の「ある男」が最多の9部門でノミネート". Sponichi. Diakses tanggal December 21, 2022. 
  82. ^ Eisenbeis, Richard (March 4, 2023). "All the Winners of the 7th Annual Crunchyroll Anime Awards". Anime News Network. Diakses tanggal March 4, 2023. 
  83. ^ Mateo, Alex (January 11, 2023). "One Piece Film Red Receives Special Award From Japan Academy Film Prizes". Anime News Network. Diakses tanggal January 12, 2023. 
  84. ^ "One Piece Film Red & Hokuto Matsumura Receive Japan Academy Film Prize's Popularity Award". Crunchyroll. Diakses tanggal February 24, 2023. 
  85. ^ "『第46回 日本アカデミー賞』受賞者・作品発表 『ある男』最多12部門13の優秀賞 助演女優に2人同時". Oricon. 23 January 2023. Diakses tanggal March 10, 2023. 
  86. ^ Komatsu, Mikikazu (February 3, 2023). "One Piece Film Red Production Committee Receives Elan d'or Awards' Special Prize". Crunchyroll. 
  87. ^ Pineda, Rafael Antonio (February 9, 2023). "SPY×FAMILY, One Piece Film Red Anime Win TAAF's Top Awards". Anime News Network. Diakses tanggal February 9, 2023. 
  88. ^ "One Piece Film Red, SPY x FAMILY Win Top Honors at Tokyo Anime Award Festival 2023". Crunchyroll. February 9, 2023. Diakses tanggal February 9, 2023. 
  89. ^ "Eiichiro Oda Wins The 18th Shin Watanabe Award as Producer for One Piece Film Red". Crunchyroll. Diakses tanggal March 7, 2023. 
  90. ^ "毎年、最先端デジタルコンテンツとして優秀な作品、サービスに贈られる「AMD award」の2022年度年間コンテンツ賞「優秀賞」を『𝐎𝐍𝐄 𝐏𝐈𝐄𝐂𝐄 𝐅𝐈𝐋𝐌 𝐑𝐄𝐃』の「ウタ」が受賞しました". Twitter. Diakses tanggal March 7, 2023. 
  91. ^ "SPY x FAMILY 1st Opening Theme Awarded Song of the Year for Streaming/Download at Japan Gold Disc Award 2023". Crunchyroll. Diakses tanggal March 10, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]