Ole-Johan Dahl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Profesor emeritus Ole-Johan Dahl (12 Oktober 193129 Juni 2002) adalah seorang ilmuwan komputer dari Norwegia dan dianggap sebagai salah satu tokoh bahasa pemrograman Simula dan pemrograman berorientasi obyek bersama-sama dengan Kristen Nygaard.

Dahl, lahir di Mandal, Norwegia, dikenal luas sebagai ilmuwan komputer Norwegia yang paling terkenal. Bersama dengan Kristen Nygaard, ia mengembangkan beberapa gagasan awal tentang pemrograman berorientasi obyek pada tahun 1960-an di Norwegian Computing Center (NCC) sebagai bagian dari bahasa pemrograman Simula I (1961–1965) dan Simula 67 (1965–1968). Dahl dan Nygaard adalah yang pertama kali mengembangkan konsep kelas, subkelas (yang memungkinkan penyembunyian informasi secara implisit), turunan, pembuatan obyek dinamis, dsb., yang merupakan aspek penting dalam paradigma OO. Obyek adalah sebuah komponen yang mandiri (dengan struktur data dan metodenya) dalam sebuah sistem perangkat luang. Kesemua ini dikombinasikan dan membentuk sistem yang lengkap. Pendekatan berorientasi obyek kini banyak digunakan dalam pengembangan perangkat lunak modern, termasuk pula di dalamnya bahasa pemrograman yang sangat sering digunakan seperti Java dan C++.

Dahl menjadi profesor penuh di Universitas Oslo pada tahun 1968 dan merupakan seorang guru dan peneliti yang sangat berbakat. Di sini dia mengerjakan struktur program hirarkis, yang mungkin merupakan publikasinya yang paling berpengaruh, yang dipublikasikan bersama C.A.R. Hoare dalam buku yang terkenal Structured Programming pada tahun 1972 oleh Dahl, Edsger Dijkstra dan Hoare, yang mungkin merupakan buku akademis yang terbaik tentang perangkat lunak pada tahun 1970-an.

Ketika karirnya naik, Dahl menjadi semakin tertarik dengan penggunaan metode formal, untuk melakukan penalaran secara rigor terhadap orientasi obyek. Seperti semua ilmuwan komputer lainnya, keahliannya beragam mulai dari aplikasi praktis dari gagasan hingga ke dasar matematika formal untuk menjamin validitas pendekatan yang digunakan.

Dia menerima Turing Award atas karyanya pada tahun 2001.