C.A.R. Hoare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sir Charles Antony Richard Hoare
Sir Tony Hoare IMG 5125.jpg
Sir Charles Antony Richard Hoare giving a conference at EPFL on 20 June 2011
Lahir11 Januari 1934 (umur 85)
Colombo, British Ceylon
Tempat tinggalCambridge
AlmamaterOxford University
Moscow State University
Dikenal atasQuicksort
Hoare logic
CSP
PenghargaanACM Turing Award (1980)
Harry H. Goode Memorial Award (1981)
Karier ilmiah
BidangIlmuwan komputer
InstitusiElliott Brothers
Queen's University Belfast
Oxford University
Moscow State University
Microsoft Research
Mahasiswa doktoralStephen Brookes
Cliff Jones
David Naumann
Bill Roscoe
William Stewart
Tony Hoare

Sir Charles Antony Richard Hoare (Tony Hoare atau C.A.R. Hoare, lahir 11 Januari 1934) adalah seorang ilmuwan komputer dari Inggris, yang dikenal lewat algoritme Quicksort, salah satu algoritme sorting yang paling sering digunakan. Hoare juga dikenal lewat logika Hoare, dan juga bahasa formal Communicating Sequential Processes (CSP) yang digunakan untuk menyatakan interaksi antar proses konkuren, dan juga menjadi inspirasi dalam pengembangan bahasa pemrograman Occam.

Hoare lahir di Kolombo, Sri Lanka, dan menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Classics dari Universitas Oxford (Merton College) pada tahun 1956. Ia kemudian meneruskan satu tahun di sana untuk belajar statistik level pascasarjana, dan kemudian melakukan wajib militer di Angkatan Laut Inggris (19561958), yang pada saat yang sama dia belajar bahasa Rusia, dan juga mempelajari penerjemahan bahasa menggunakan komputer di Moscow State University, Soviet Union di sekolah Kolmogorov. Pada tahun 1960, setelah krisis U-2, Hoare keluar dari Uni Soviet dan bekerja di Elliott Brothers Ltd, sebuah perusahaan manufaktur kecil, dan di sana dia mengimplementasikan bahasa pemrograman ALGOL 60 dan memulai mengembangkan algoritme. Hoare kemudian menjadi Profesor di bidang Computing Science di Queen's University, Belfast pada 1968, dan pada tahun 1977 kembali ke Oxford sebagai Professor of Computing dan memimpin Programming Research Group di Oxford University Computing Laboratory, setelah wafatnya Christopher Strachey. Saat ini dia menjabat sebagai Professor Emeritus di sana, dan juga sebagai peneliti senior di Microsoft Research Cambridge, Inggris.

Pada tahun 1980, Hoare mendapat penghargaan Turing Award dari ACM atas jasanya dalam memberikan kontribusi yang fundamental dalam pendefinisian dan perancangan bahasa pemrograman.

Buku[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]