David Parnas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
David Parnas

David Lorge Parnas (lahir 10 Februari 1941; umur 75 tahun) adalah seorang pionir di bidang rekayasa perangkat lunak yang mengembangkan konsep perancangan modular yang kini menjadi dasar pemrograman berorientasi obyek.

Karier[sunting | sunting sumber]

David meraih gelar Ph.D. di Carnegie Mellon University, dalam bidang kelistrikan dan kemudian bekerja di sana sebagai profesor. Dia juga mengajar di University of North Carolina at Chapel Hill (Amerika Serikat), Technische Hochschule Darmstadt (Jerman), dan di University of Victoria (British Columbia, Kanada). Kemudian ia pindah ke McMaster University di Hamilton, Ontario, Kanada pada tahun 1991. Sejak 2002, David bekerja di University of Limerick di Limerick, Ireland.

Perancangan modular[sunting | sunting sumber]

Konsep utama yang dikembangkan David tentang perancangan modular ditulisnya dalam satu paper yang terkenal pada tahun 1972: On The Criteria To Be Used in Decomposing Systems into Modules. Di sini, ia mengajukan pendapat bahwa kohesi yang kuat dalam tiap modul dan hubungan yang lepas antar modul adalah dua prinsip dasar dalam perancangan perangkat lunak yang modular.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]