Oldboy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Oldboy
Oldboy movie.jpg
Poster film Oldboy
Hangul
Romanisasi yang DirevisiOldeuboi
McCune–ReischauerOldŭboi
SutradaraPark Chan-wook
ProduserLim Seung-yong
SkenarioPark Chan-wook
Hwang Jo-yun
Lim Jun-hyung
BerdasarkanOld Boy
oleh Marley Carib dan Nobuaki Minegishi
PemeranChoi Min-sik
Yoo Ji-tae
Kang Hye-jung
MusikJo Yeong-wook
SinematografiChung Chung-hoon
PenyuntingKim Sang-bum
Perusahaan
produksi
Show East
DistributorShow East
Tanggal rilis
  • 21 November 2003 (2003-11-21) (Korea Selatan)
Durasi
120 menit[1]
NegaraKorea Selatan
BahasaBahasa Korea
Anggaran$3 juta[2]
Pendapatan kotor$14.980.005[3]

Oldboy (Hangul올드보이 RROldeuboi) adalah film drama misteri thriller Korea Selatan tahun 2003 yang disutradarai oleh Park Chan-wook dan diproduseri oleh Lim Seung-yong. Naskah film ini ditulis oleh Park Chan-wook, Hwang Jo-yun dan Lim Jun-hyung berdasarkan buku komik manga Jepang Old Boy karya Marley Carib dan Nobuaki Minegishi. Film ini dibintangi oleh Choi Min-sik, Yoo Ji-tae dan Kang Hye-jung.

Film Oldboy merupakan film kedua dari The Vengeance Trilogy setelah film Sympathy for Mr. Vengeance (2002) dan sebelum film Lady Vengeance (2005). Film ini dirilis di Korea Selatan pada tanggal 21 November 2003. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1988, seorang pengusaha bernama Oh Dae-su (Oh Tae-kyung) ditangkap karena mabuk, melewatkan ulang tahun putrinya yang keempat. Setelah temannya, Joo-hwan (Woo Il-han), menjemputnya dari kantor polisi, mereka pergi ke bilik telepon umum agar Dae-su dapat menelepon ke rumah. Ketika Joo-hwan sedang berbicara dengan istri Dae-su, Dae-su diculik dan bangun di kamar hotel tertutup di mana makanan dikirim melalui lubang pintu. Menonton televisi, Dae-su mengetahui bahwa istrinya telah dibunuh dan ia adalah tersangka utama. Dae-su akhirnya merencanakan balas dendam dan berusaha menggali terowongan untuk melarikan diri.

15 tahun telah berlalu sejak ia dikurung. Tahun 2003 dan abad baru telah tiba. Tepat sebelum menggali terowongan demi kebebasan dirinya, Oh Dae-su (Choi Min-sik) dibius, dihipnotis dan bangun di atap mengenakan setelan jas. Di atap, Dae-su melihat seorang pria di balkon memegang anjing, siap untuk melompat ke kematiannya. Dae-su melangkah di depan wajah pria itu dan meskipun tidak nyaman, ia tetap mendekat untuk memastikan ia tidak bermimpi. Pria itu bertanya pada Dae-su, "Meskipun aku tidak lebih baik dari binatang buas, bukankah aku punya hak untuk hidup?" Dae-su menceritakan semua yang telah terjadi sejauh ini pada pria tersebut dengan mencoba memberitahu Dae-su alasan upaya bunuh diri. Tidak tertarik, Dae-su meninggalkannya di atap untuk melompat bersama anjing itu. Dae-Su menguji kemampuan bertarungnya pada sekelompok berandal muda. Setelah itu, seorang pengemis misterius memberinya uang dan ponsel. Dae-su memasuki restoran sushi di mana ia bertemu Mi-do (Kang Hye-jung), koki muda restoran. Dae-su menerima panggilan telepon mengejek dari penculiknya, yang menolak untuk menjelaskan alasan pemenjaraan Dae-su. Ia pingsan dan dibawa oleh Mi-do. Setelah pulih, Dae-su mencoba menemukan putrinya dan lokasi penjara. Menemukan bahwa putrinya diadopsi oleh pasangan Swedia, ia menyerah mencoba untuk menghubungi putrinya. Dae-su menemukan restoran Tiongkok yang membuat makanan untuk penjara dan menemukan penjara dengan mengikuti seorang pengantar. Ini adalah penjara pribadi tempat orang dapat membayar untuk memenjarakan orang lain. Dae-su memasuki penjara dan menyiksa sipir, Mr. Park (Oh Dal-su), yang tidak tahu identitas penculik Dae-su tetapi mengungkapkan bahwa Dae-su dipenjara karena "terlalu banyak bicara". Saat meninggalkan penjara, Dae-su diserang oleh sejumlah besar penjaga dan ditusuk dengan pisau dari belakang, tetapi ia berhasil mengalahkan mereka semua.

Penculik Dae-su, seorang pria kaya bernama Lee Woo-jin (Yoo Ji-tae), menghubungi Dae-su lagi dan memberinya ultimatum: jika Dae-su menemukan motif pemenjaraannya dalam waktu lima hari, Woo-jin akan bunuh diri dengan menghentikan alat pacu jantung di dadanya. Kalau tidak, ia akan membunuh Mi-do. Saat Dae-su dan Mi-do menjadi akrab, mereka melakukan hubungan intim. Sementara itu, Joo-hwan (Ji Dae-han) mencoba untuk menghubungi Dae-su dengan beberapa informasi penting tentang adik perempuan Woo-jin (Yoon Jin-seo), tetapi dibunuh oleh Woo-jin, yang diam-diam mengikutinya setelah Dae-su menghapus semua riwayat elektronik Woo-jin. Dae-su akhirnya ingat bahwa ia dan Woo-jin telah pergi ke sekolah yang sama dan ia telah menyaksikan Woo-jin (Yoo Yeon-seok) melakukan inses dengan adiknya sendiri. Dae-su memberitahu Joo-hwan apa yang telah dilihatnya sebelum ia meninggalkan sekolah, yang menyebabkan teman-teman sekelasnya mengetahui tentang kejadian itu. Rumor tentang adik Woo-jin mulai menyebar dan ia akhirnya bunuh diri, membuat Woo-jin yang bersedih untuk membalas dendam. Kembali pada masa kini, Woo-jin memotong tangan Mr. Park, memenuhi ancaman sebelumnya oleh Dae-su, menyebabkan Mr. Park dan gengnya tampaknya bergabung dengan Dae-su. Dae-su meninggalkan Mi-do dengan Mr. Park dan pergi untuk berhadapan Woo-jin.

Di apartemen Woo-jin, Woo-jin mengungkapkan bahwa Mi-do adalah putri Dae-su. Woo-jin telah mengatur segalanya dengan menggunakan hipnosis untuk memandu Dae-su ke restoran sushi, mengatur agar mereka bertemu dan jatuh cinta sehingga Dae-su akan mengalami rasa sakit yang sama seperti yang dilakukan oleh Woo-jin terhadap adiknya sendiri. Dae-su mencoba untuk menyerang Woo-jin tetapi dipukul oleh pengawal Woo-jin (Kim Byeong-ok). Menggunakan gunting sebagai senjata, Dae-su berhasil menikam pengawal di telinga, memekakkannya. Pengawal yang tuna rungu itu, yang sekarang benar-benar terluka dan marah, berupaya membunuh Dae-su. Woo-jin, tidak dapat menghentikannya, mengintervensi dan dengan dingin menembak kepala pengawalnya dengan pistol Derringer. Woo-jin mengungkapkan bahwa Mr. Park masih bekerja untuknya dan menjual bangunan penjara yang baru direnovasi dengan imbalan ia mengamputasi tangannya kepada Mr. Park. Woo-jin mengancam untuk mengatakan yang sebenarnya kepada Mi-do, yang ditahan di penjara baru Mr. Park. Dae-su meminta maaf atas keterlibatannya dalam kematian adik Woo-jin dan mempermalukan dirinya sendiri dengan meniru seekor anjing, memohon Woo-jin untuk tidak memberitahu Mi-do. Ketika Woo-jin tertawa tidak terkesan, Dae-su memotong lidahnya sendiri sebagai tanda penebusan dosa. Woo-jin akhirnya menerima permintaan maaf Dae-su dan memberitahu Mr. Park untuk menyembunyikan kebenaran dari Mi-do. Setelah memasuki elevator, Woo-jin mengingat kembali adiknya yang bunuh diri, lalu ia menembak kepalanya sendiri dengan pistol Derringer.

Dalam epilog, beberapa waktu kemudian, Dae-su menemukan seorang ahli hipnotisme dari penjara untuk menghapus pengetahuannya tentang Mi-do yang menjadi putrinya, sehingga mereka dapat tetap bahagia bersama. Untuk meyakinkan ahli hipnotisme, Dae-su mengulangi pertanyaan yang didengarnya dari pria di atap sehingga Mi-do mulai hipnosis untuk menghapus ingatannya, mengatakan kepadanya bahwa Dae-Su yang mengetahui kebenarannya akan pergi. Setelah itu, Mi-do menemukan Dae-su berbaring di salju, mengakui cinta Mi-do kepadanya dan keduanya berpelukan. Tidak ada tanda-tanda hipnotis, meninggalkan ambigu jika Dae-Su benar-benar bertemu dengan Mi-do. Dae-su tersenyum lebar, yang kemudian perlahan digantikan oleh tampilan rasa sakit. Hipnosis benar-benar berhasil atau tidak akhirnya tidak diketahui.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Choi Min-sik sebagai Oh Dae-su
    • Oh Tae-kyung sebagai Dae-su muda
  • Yoo Ji-tae sebagai Lee Woo-jin
  • Kang Hye-jung sebagai Mi-do, kekasih Dae-su
  • Ji Dae-han sebagai Noh Joo-hwan, teman Dae-su
    • Woo Il-han sebagai Joo-hwan muda
  • Kim Byeong-ok sebagai Mr. Han, pengawal Woo-jin
  • Yoon Jin-seo sebagai Lee Soo-ah, adik Woo-jin
  • Oh Dal-su sebagai Park Cheol-woong, petugas sipir

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Oldboy mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 82%, berdasarkan 147 ulasan, dengan rating rata-rata 7,4/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 77 dari 100, berdasarkan 32 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Oldboy (18)". British Board of Film Classification. September 14, 2004. Diakses tanggal January 27, 2020. 
  2. ^ "Oldboy (2003) - Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal February 16, 2019. 
  3. ^ "Oldboy (2005)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 27, 2020. 
  4. ^ "Oldboy (2003)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 27, 2020. 
  5. ^ "Oldboy reviews". Metacritic. Diakses tanggal January 27, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]