Joint Security Area (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Joint Security Area
JSA Joint Security Area Korean Movie Poster.jpg
Poster film Joint Security Area
Hangul공동경비구역 JSA
Hanja共同警備區域 JSA
Romanisasi yang DirevisiGongdonggyeongbiguyeok jeieseuei
McCune–ReischauerKongdonggyŏngbiguyŏk cheiesŭei
SutradaraPark Chan-wook
ProduserShim Jae-myung
Lee Eun
SkenarioKim Hyun-seok
Jeong Seong-san
Lee Moo-yeong
Park Chan-wook
BerdasarkanDMZ
oleh Park Sang-yeon
PemeranLee Byung-hun
Song Kang-ho
Lee Young-ae
MusikJo Yeong-wook
Bang Jun-seok
SinematografiKim Seong-bok
PenyuntingKim Sang-bum
Perusahaan
produksi
Myung Films
DistributorCJ Entertainment
Tanggal rilis
  • 9 September 2000 (2000-9-9) (Korea Selatan)
Durasi
110 menit[1]
NegaraKorea Selatan
BahasaBahasa Korea
Bahasa Inggris
Bahasa Perancis
Bahasa Jerman

Joint Security Area (Hangul공동경비구역 JSA ; RRGongdonggyeongbiguyeok jeieseuei) adalah film drama misteri thriller Korea Selatan tahun 2000 yang disutradarai oleh Park Chan-wook dan diproduseri oleh Shim Jae-myung dan Lee Eun. Naskah film ini ditulis oleh Kim Hyun-seok, Jeong Seong-san, Lee Moo-yeong dan Park Chan-wook berdasarkan novel DMZ karya Park Sang-yeon. Film ini dibintangi oleh Lee Byung-hun, Song Kang-ho dan Lee Young-ae.

Film Joint Security Area dirilis di Korea Selatan pada tanggal 9 September 2000. Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dua tentara Korea Utara tewas di Zona Demiliterisasi Korea di sebuah rumah perbatasan Korea Utara sebelum Sersan Lee Soo-hyuk (Lee Byung-hun), seorang tentara Korea Selatan yang bertugas di perbatasan, berupaya melarikan diri kembali ke pihak Korea Selatan. Pasukan Korea Selatan menyelamatkannya ketika tembakan meletus dan dua hari kemudian, hubungan rapuh antara kedua Korea tergantung pada penyelidikan khusus yang dilakukan oleh Mayor Sophie E. Jean (Lee Young-ae) dari Swiss mewakili Komisi Pengawas Bangsa-bangsa Netral.

Ketika Sersan Lee Soo-hyuk telah mengakui penembakan itu, Sophie menyelidiki mengapa kedua Korea bertentangan dengan berbagai peristiwa. Soo-hyuk mengaku ia dipukul dan diculik hingga terbangun di rumah perbatasan Korea Utara, lalu ia diam-diam melarikan diri dan menembak tiga tentara Korea Utara, dua orang di antaranya telah tewas. Sersan Korea Utara yang selamat, Oh Kyung-pil (Song Kang-ho), menyatakan bahwa Soo-hyuk menerobos masuk ke rumah perbatasan dan menembak semua orang sebelum mundur ketika Kyung-pil yang terluka membalas tembakan.

Laporan otopsi menunjukkan bahwa seorang tentara, Jung Woo-jin (Shin Ha-kyun), ditembak delapan kali, menunjukkan dendamnya. Selain itu, satu peluru tidak diperhitungkan. Selama penyelidikan, seorang saksi bernama Perwira Nam Sung-shik (Kim Tae-woo) mencoba bunuh diri dengan melompat keluar dari jendela ruang interogasi dan reaksi emosional yang aneh antara Kyung-pil dan Soo-hyuk selama pertemuan menyebabkan Sophie curiga bahwa tentara yang selamat dan Woo-jin mengadakan persahabatan yang saling menguntungkan dan berusaha untuk saling melindungi.

Melalui kilas balik ditunjukkan bahwa Soo-hyuk sebelumnya telah berpatroli dengan tentara lain, tetapi ia tersesat di sisi Korea Utara dan melintasi tambang, lalu ia ditemukan oleh Kyung-pil dan Woo-jin. Mereka berdua menonaktifkan tambang sebagai tempat Soo-hyuk mengirim pesan tertulis melintasi perbatasan untuk menjaga kontak. Akhirnya mereka mengundang Soo-hyuk melintasi perbatasan hingga ketiganya menjadi teman dekat. Sung-shik kemudian bergabung dengan mereka bertiga dan setuju meninggalkan politik dari persahabatan mereka sehingga tetap setia kepada negara mereka sendiri.

Ketika ketegangan meningkat antara Utara dan Selatan, Soo-hyuk dan Sung-shik kembali ke Korea Utara untuk mengucapkan selamat tinggal dan merayakan hari ulang tahun Woo-jin, tetapi mereka ditemukan oleh seorang komandan Korea Utara dan mengakibatkan konfrontasi. Meskipun Woo-jin panik dan mengkhianati teman-temannya, Kyung-pil meyakinkan Woo-jin, Soo-hyuk dan para tentara untuk menurunkan senjata mereka, tetapi Sung-shik yang panik menembak komandan Korea Utara itu ketika ia mendapatkan radionya. Ketika Woo-jin menarik pistolnya lagi, Sung-shik menembaknya dan dengan linglung, menembak mayatnya beberapa kali. Sebelumnya, dalam persahabatan mereka, ketika Soo-hyuk bercanda dengan senjatanya, Kyung-pil bertanya kepada Soo-hyuk apakah ia pernah harus membunuh seorang pria seperti yang dilakukan oleh Kyung-pil, menyiratkan bahwa Soo-hyuk tidak tahu seperti apa rasanya. Kyung-pil menampar Sung-shik dari linglung, mengambil pistol darinya dan membunuh pasukan yang masih hidup, kemudian membujuk Soo-hyuk dan Sung-shik untuk melarikan diri dengan alibi palsu diculik sebelum membuang bukti bahwa ia dan Woo-jin bersahabat dengan tentara Korea Selatan. Setelah menembak Kyung-pil di bahu untuk menyempurnakan alibi palsunya, Soo-hyuk dan Sung-shik melarikan diri melintasi perbatasan, dengan yang terakhir melewati yang tak terlihat. Karena kaki Soo-hyuk terluka akibat baku tembak yang membuatnya berlari pincang, ia adalah satu-satunya prajurit yang terlihat dan diculik oleh tentara.

Sophie akhirnya dikeluarkan dari kasus ketika diketahui bahwa ayahnya, mantan tahanan perang, memiliki hubungan dengan Korea Utara selama Perang Korea, sehingga secara teknis membuatnya tidak netral. Sebelum pergi, ia berusaha secara informal mempelajari peristiwa sebenarnya terlebih dahulu dengan Kyung-pil dan kemudian Soo-hyuk. Setelah bertanya pada Kyung-pil apakah ia memiliki pesan untuk Soo-hyuk, Sophie memberikan Soo-hyuk pemantik, yang diberikan oleh Soo-hyuk kepada Kyung-pil. Sebelum mengucapkan selamat tinggal dan berharap ia baik-baik saja, Sophie mengungkapkan bahwa Kyung-pil memberitahunya bahwa ia melihat pistol Soo-hyuk benar-benar menembak Woo-jin terlebih dahulu selama kekacauan sebelum Sung-shik menembaknya. Ketika ia keluar, Soo-hyuk mencuri pistol petugas dan melakukan bunuh diri karena bersalah atas kematian Woo-jin dan upaya bunuh diri Sung-shik. Film ini diakhiri dengan foto seorang turis Amerika tentang area keamanan bersama yang secara tidak sengaja berisi keempat prajurit tersebut sebelum insiden.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Lee Byung-hun sebagai Bendera Korea Selatan Sersan Lee Soo-hyuk (이수혁)
  • Song Kang-ho sebagai Bendera Korea Utara Sersan Oh Kyung-pil (오경필)
  • Lee Young-ae sebagai Bendera Swiss Mayor Sophie E. Jean
  • Kim Tae-woo sebagai Bendera Korea Selatan Perwira Nam Sung-sik (남성식)
  • Shin Ha-kyun sebagai Bendera Korea Utara Perwira Jung Woo-jin (정우진)
  • Christoph Hofrichter sebagai Bendera Swiss Mayjen Bruno Botta
  • Herbert Ulrich sebagai Bendera Swedia Kapten Persson

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Joint Security Area mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 77%, berdasarkan 13 ulasan, dengan rating rata-rata 6,9/10.[2] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 58 dari 100, berdasarkan 7 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Joint Security Area - JSA (15)". British Board of Film Classification. April 21, 2005. Diakses tanggal January 20, 2020. 
  2. ^ "JSA: Joint Security Area (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 20, 2020. 
  3. ^ "J.S.A.: Joint Security Area reviews". Metacritic. Diakses tanggal January 20, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]