Olah gerak kapal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapal induk berguling saat topan .

Olah gerak kapal ditentukan oleh enam derajat kebebasan yang dapat dialami oleh kapal, perahu, atau perahu lain, atau alat angkut apa pun.

Sumbu rujukan[sunting | sunting sumber]

Sumbu melintang/Y, sumbu lateral, atau sumbu anggul adalah garis khayal yang berjalan secara horizontal melintasi kapal dan melalui pusat massa. Gerak pitch adalah gerak naik turun pada haluan dan buritan kapal

Sumbu memanjang/X, atau sumbu guling, adalah garis khayal yang berjalan mendatar sepanjang kapal, melalui pusat massa, dan sejajar dengan lambung timbul . Gerakan berguling adalah gerakan memiringkan bangunan atas ke samping atau ke kanan di sekitar sumbu ini.

Sumbu vertikal/Z, atau sumbu oleng, adalah garis khayal yang berjalan secara vertikal melalui kapal dan melalui pusat massanya . Gerakan oleng merupakan gerakan menyamping pada haluan dan buritan kapal.

Gerak berputar[sunting | sunting sumber]

Gerak putar

Berguling (Roll)[sunting | sunting sumber]

Rotasi miring kapal terhadap sumbu memanjang/X (sisi ke sisi atau sisi kiri ke kanan). Pergeseran atau penyimpangan dari normal pada sumbu ini disebut sebagai sudut miring. Miring mengacu pada perpindahan yang disengaja atau diharapkan, yang disebabkan oleh tekanan angin pada layar, belokan, atau tindakan awak lainnya. Gerakan berguling menuju sudut keadaan tunak (atau daftar) karena distribusi berat kapal sendiri disebut dalam teknik kelautan sebagai tumit. Sudut kemiringan biasanya mengacu pada penggantian kerugian yang tidak disengaja atau tidak terduga, yang disebabkan oleh banjir, kerusakan akibat pertempuran, perpindahan muatan, dan lain-lain.

Anggul (Pitch)[sunting | sunting sumber]

Perputaran kapal ke atas/bawah pada sumbu melintang/Y (haluan ke buritan atau depan ke belakang). Pergeseran atau penyimpangan dari normal pada sumbu ini disebut sebagai trim atau out of trim . Kapal yang sedang menganggul maju mundur biasa diistilahkan dengan "gerak berkuda".

Oleng (Yaw)[sunting | sunting sumber]

Rotasi belok kapal terhadap sumbu vertikal/Z. Pergeseran atau penyimpangan dari normal pada sumbu ini disebut deviasi atau himpunan. Hal ini disebut sebagai arah perahu relatif terhadap kompas magnet (atau arah sebenarnya jika mengacu pada kutub utara sebenarnya); itu juga mempengaruhi bantalan .

Gerak gessr[sunting | sunting sumber]

Gerak geser

Bersit (Surge)[sunting | sunting sumber]

Gerakan memanjang linier (depan/belakang atau haluan / buritan ) yang disebabkan oleh kondisi maritim, biasanya arah laut depan atau belakang, atau percepatan yang diberikan oleh sistem propulsi.

Lenggang (Sway)[sunting | sunting sumber]

Gerakan melintang linier (sisi ke sisi atau kiri-kanan ). Gerakan ini dihasilkan secara langsung baik oleh gerakan air dan angin, khususnya gerakan gelombang lateral, yang memberikan gaya terhadap lambung kapal atau oleh tenaga penggerak kapal itu sendiri; atau secara tidak langsung oleh inersia kapal pada saat berbelok. Pergerakan ini dapat dibandingkan dengan penyimpangan lateral kapal dari jalurnya.

Alun (Heave)[sunting | sunting sumber]

Gerakan linier vertikal (atas/bawah); hentakan ke bawah yang berlebihan dapat membuat kapal tenggelam.

Stabilisasi[sunting | sunting sumber]

Ada metode untuk stabilisasi gerakan pasif dan aktif yang digunakan dalam beberapa desain. Ini mencakup fitur lambung statis seperti kepet dan lunas lambung kapal, atau perangkat mekanis aktif seperti beban penyeimbang, tangki antiguling, dan stabilisator .

Referensi[sunting | sunting sumber]