Kepet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Skeg , sirip buritan atau kepet adalah perpanjangan lunas perahu dan kapal ke arah buritan yang memiliki kemudi dipasang di garis tengah.[1] Istilah ini juga berlaku untuk titik terendah pada motor tempel atau pemacu luar pada sebuah motor tempel . [A] [B] Dalam beberapa tahun terakhir, nama tersebut telah digunakan untuk sirip di papan selancar yang meningkatkan stabilitas arah dan sirip yang dapat digerakkan pada kayak yang menyesuaikan pusat hambatan lateral perahu (menggerakkan pusat hambatan relatif terhadap pusat tenaga) . [2] Istilah ini juga sering digunakan untuk sirip pada ski air di AS. Istilah ini juga sering digunakan untuk sirip vertikal pada lambung dan pelampung pesawat amfibi. Palang aus di bagian bawah ski mobil salju juga bisa disebut kepet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smyth, W. H.; Belcher, E. (1867). Skegg. The sailor's word-book: An alphabetical digest of nautical terms, including some more especially military and scientific ... as well as archaisms of early voyagers, etc. London: Blackie and Son. hlm. 638. 
  2. ^ Watson, Tom (February 12, 2014). "Rudders & Skegs: Maneuvering Aids". paddling.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 23, 2014. Diakses tanggal February 12, 2014. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "upper-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="upper-alpha"/> yang berkaitan