Nyingnying

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nyingnying
Rentang fosil: Akhir Pliosen – sekarang, 2.588–0 jtyl[1]
Chiropodomys gliroides
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Tribus:
Genus:
Chiropodomys

Peters, 1868
Spesies tipe
Mus gliroides
Spesies

Lihat teks

Sinonim

Insulaemus Taylor, 1934

Nyingnying atau tikus pohon ekor pensil (genus Chiropodomys) adalah genus tikus asli Asia Tenggara dan India timur laut. Mereka adalah tikus berukuran sangat kecil yang tinggal di pohon, kebanyakan ditemukan di hutan hujan tropis . Secara total, enam spesies yang masih ada telah diidentifikasi, tetapi hanya satu di antaranya, Chiropodomys gliroides, yang umum dan tersebar luas, serta telah dipelajari secara ekstensif.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Nyingnying mempunyai panjang tubuh 7 hingga 12 cm, ditambah ekor 9 sampai 17 cm. Mereka umumnya berwarna abu-abu atau coklat di bagian punggung dan putih di bagian bawah. Ekornya hanya sedikit ditumbuhi rambut, tetapi memiliki sedikit lebih banyak di ujungnya, sehingga memberikan tampilan seperti pensil, demikianlah nama genusnya.

Nyingying buluh sangat umum ditemukan di hutan bambu . Aktif pada malam hari, siang hari tidur di sarang bambu yang dilapisi dedaunan. Ia hanya memakan tumbuhan.

Sebelumnya, Chiropodomys diperkirakan berkerabat dekat dengan genus Hapalomys (tikus marmoset), dan keduanya membentuk klad dengan Micromys dan Vandeleuria ; namun, studi filogenetik yang lebih baru mendukung kedekatan mereka dengan tikus Australasia dan tikus dari suku Hydromyini, baik sebagai suku mereka sendiri atau sebagai kelompok dalam Hydromyini. [2] [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chiropodomys Peters 1868". Paleobiology Database. Fossilworks. Diakses tanggal 17 December 2021. 
  2. ^ Pagès, Marie; Fabre, Pierre-Henri; Chaval, Yannick; Mortelliti, Alessio; Nicolas, Violaine; Wells, Konstans; Michaux, Johan R.; Lazzari, Vincent (2016). "Molecular phylogeny of South-East Asian arboreal murine rodents". Zoologica Scripta (dalam bahasa Inggris). 45 (4): 349–364. doi:10.1111/zsc.12161. ISSN 1463-6409. 
  3. ^ Database, Mammal Diversity (2021-11-06), Mammal Diversity Database, diakses tanggal 2021-12-11