Nusaherang, Kuningan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nusaherang
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenKuningan
Pemerintahan
 • CamatDrs. H. Edi Sopari,M.Si
Populasi
 • Total19,574 Jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.08.20 Edit the value on Wikidata
Luas1.726.453 Ha
Desa/kelurahan8

Nusaherang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa Nusaherang saat ini dipimpin oleh Raden Neno Suseno dimana beliau masih keturunan dari Pangeran Arianatareja trah Keraton Kasepuhan Cirebon. Desa Nusaherang dari segi sejarah merupakan tempat pertama Pangeran Cakrabuana dalam melakukan upaya babad Tanah Cirebon. Nusaherang diapit oleh tiga aliran Sungai dan dikelilingi oleh beberapa bukit. Desa Nusaherang hingga saat ini masih tersebar keturunan dari Pangeran Arianatareja yang merupakan anak dari Sultan Sepuh III.

Desa Nusaherang merupakan desa kelahiran dari Pangeran Kuda Putih / Pangeran Heru Arianatareja. Pangeran Kuda Putih merupakan ikon Desa Nusaherang sebagai putra keturunan Pangeran Kuningan.

Desa Nusaherang terdapat 14 makam dan petilasan peninggalan kesultanan Cirebon. Desa Nusaherang menjadi pusat dari keilmuan agama, Pangeran Kuda Putih berhasil menyelamatkan aset-aset desa Nusaherang berupa kitab kuno Pertarekatan juga kitab kuno Rancang Bangun Keraton Kasepuhan.


Batas-batas Kecamatan[sunting | sunting sumber]

Daftar desa dan jumlah penduduk di Kecamatan Nusaherang[sunting | sunting sumber]

No desa jumlah Penduduk
1 Nusaherang 2.630
2 Cikadu 3.938
3 Jambar 3.579
4 Kertawirama 2.389
5 Haurkuning 4.248
6 Windusari 1.154
7 Kertayuga 967
8 Ciasih 669
TOTAL 19.574