Nielsen Corporation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nielsen Corporation, atau dikenal sebagai The Nielsen Company, dan sebelumnya bernama ACNielsen atau AC Nielsen, adalah sebuah perusahaan riset pasar global yang berkantor pusat di New York City, Amerika Serikat.[1] Kantor pusat regional untuk Amerika Utara terletak di Chicago.

Hingga bulan Mei 2010, perusahaan ini merupakan bagian dari Nielsen Holdings.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1923 di Chicago oleh Arthur C. Nielsen Sr. untuk menyediakan informasi yang obyektif dan dapat diandalkan mengenai dampak dari suatu program pemasaran dan penjualan. ACNielsen mulai berekspansi ke luar Amerika Serikat pada tahun 1939, dan kini beroperasi di lebih dari 100 negara.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Salah satu produk Nielsen yang paling terkenal adalah Rating Nielsen, sebuah sistem pengukuran khalayak untuk mengukur tingkat kepemirsaan dari tiap lembaga penyiaran dan penerbit koran pada pasar medianya masing-masing. Pada tahun 1950, perusahaan ini mengakuisisi C. E. Hooper Company dan mulai memasang alat perekam pada sekitar 1.200 unit televisi milik responden yang tinggal di Amerika Serikat.[2] Alat tersebut menggunakan film fotografi dalam kartrid untuk merekam kanal yang sedang ditonton oleh para responden, sehingga dapat menentukan tingkat kepemirsaan dari tiap lembaga penyiaran. Kemudian Nielsen mengembangkan metode pengumpulan dan pengiriman data secara elektronik. Pada tahun 1996, Nielsen memisah bisnis tersebut ke Nielsen Media Research (NMR), yang beroperasi secara independen hingga diakuisisi oleh konglomerat asal Belanda, VNU pada tahun 1999. NMR berkantor pusat di Stamford, Connecticut sebelum diakuisisi oleh VNU.

Alat riset pasar lain dulu adalah program Homescan di mana responden melacak dan melaporkan semua barang yang mereka beli, sehingga pola pembelian barang dapat dihubungkan dengan demografi rumah tangga. Homescan dilakukan di sejumlah negara, termasuk Australia, Kanada, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Pada tahun 2004, ACNielsen memilih CipherLab CPT-8001 sebagai terminal koleksi data untuk program Homescan di seantero Asia.[3]

Internasional[sunting | sunting sumber]

Di Jerman, ACNielsen terkenal karena memperkenalkan wilayah Nielsen (atau Nielsengebiete dalam Bahasa Jerman), yang mana tiap wilayah Nielsen berisi satu atau lebih negara bagian di Jerman yang memilih struktur ekonomi, budaya, dan perilaku konsumsi yang sama. Strategi pemasaran di Jerman sangat bergantung pada Nielsengebiete, bahkan hingga sejumlah merek dagang atau kampanye pemasaran hanya diluncurkan di Nielsengebiete tertentu. Pada sejumlah koran dan majalah yang diterbitkan secara nasional, iklan pun dapat dipasang di satu atau beberapa Nielsengebiete saja. Statistik jumlah terbitan dari tiap media cetak juga kerap dibagi berdasarkan Nielsengebiete.[butuh rujukan]

Merger dan akuisisi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, ACNielsen diakuisisi oleh VNU, dan dimasukkan ke dalam grup Informasi Pemasaran VNU, yang juga beranggotakan anak usahanya terdahulu, yakni NMR. Nielsen Media Research kini berkantor pusat di New York City, sementara kantor pusat ACNielsen tetap di Schaumburg, Illinois.

ACNielsen bersaudara dengan Nielsen//NetRatings, yang mengukur kepemirsaan Internet dan media digital, serta Nielsen BuzzMetrics, yang mengukur media buatan pengguna.

Pada tahun 2005, ACNielsen memulai program MVP (Media Voice Panel). Anggota panel membawa sebuah monitor elektronik yang dapat mendeteksi stasiun dan kode identifikasi program yang tersembunyi di dalam siaran TV atau radio yang sedang mereka tonton atau dengarkan. Pada malam hari, anggota panel meletakkan monitor tersebut dalam sebuah wadah yang akan mengirim semua data yang berhasil dikumpulkan pada hari itu melalui kabel listrik rumah ke sebuah peralatan relai yang akan mengirim data tersebut melalui ponsel, menjadikannya salah satu penggunaan pertama kabel listrik sebagai sebuah jaringan rumah. Program ini resmi diakhiri pada tanggal 17 Maret 2008.

Pada tahun 2007, VNU mengubah namanya menjadi "The Nielsen Company".

Arthur Charles Nielsen Jr. (lahir tanggal 8 April 1919)[4] meninggal di usia 92 tahun pada tanggal 3 Oktober 2011.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Contact Us". nielsen.com. 
  2. ^ "Milestones, Jun. 16, 1980". 16 June 1980. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-26. Diakses tanggal 2021-01-04 – via www.time.com. 
  3. ^ "CPT-8001 Preferred Terminal For AC Nielsen (Asia Pacific)" IT Reseller Online, 2004-10-28
  4. ^ a b "A.C. Nielsen Jr., Who Built Ratings Firm, Dies at 92". New York Times. October 4, 2011. Diakses tanggal July 23, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]