Nicky Jam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Nicky Jam
Nicky Jam (10998778535).jpg
Latar belakang
Nama lahirNick Rivera Caminero
Lahir17 Maret 1981 (umur 38)
Boston, Massachusetts, U.S.
GenreReggae
Pekerjaan
  • Singer
  • songwriter
InstrumenVocals
Tahun aktif1994–sekarang
Label
Situs webnickyjampr.net

Nick Rivera Caminero (lahir 17 Maret 1981), dikenal dengan nama Nicky Jam, ia adalah Penyanyi Amerika dan Penulis Lagu. Dia terkenal karena hits seperti "Travesuras", "Te Busco" (dengan Cosculluela), "El Perdón", "Hasta el Amanecer", dan "El Amante", yang terakhir tiga dari albumnya Fenix.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Rivera lahir di Boston, Massachusetts, seorang ibu berkebangsaan Republik Dominika dan seorang ayah berkebangsaan Puerto Rica, mereka pindah ke Barrio Obrero (Santurce) di Puerto Rico ketika dia berumur sepuluh tahun. Dia telah berada di reggaeton sejak masa mudanya. Nama "Nicky Jam" secara bercanda diberikan kepada Rivera oleh seorang tunawisma. Keluarga Rivera berpenghasilan rendah, dan sebagai anak di bawah umur, ia melakukan pekerjaan ilegal di sebuah toko kelontong untuk membantu mendukung mereka, berimprovisasi sambil mengantongi bahan makanan. Suatu hari, seorang eksekutif musik menyadari bakatnya dan menandatanganinya, dan pada usia empat belas tahun, ia merekam album pertamanya, ... Distinto A Los Demas . Album ini tidak berhasil, tetapi itu membuatnya mendapatkan pengakuan di industri musik dan menjamin perhatian dari beberapa produser musik seperti DJ Joe, DJ Playero, dan DJ Chiklin.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

Los Cangris[sunting | sunting sumber]

Setelah album pertamanya, dia terus bekerja di industri musik, di mana dia bertemu Daddy Yankee ketika mereka rekaman dengan Guatauba dan DJ Playero. Daddy Yankee meminta Rivera untuk bekerja dengannya. Selama akhir 1990-an dan awal 2000-an, mereka menjadi teman dan membentuk ayah tidak resmi Daddy Yankee dan Nicky Jam duo, juga dikenal sebagai Los Cangris.

Mereka menciptakan banyak single yang sukses secara komersial termasuk "Sabanas Blancas", "Guayando", "Sentirte" dan banyak lainnya. Mereka juga bekerja sama di album "Los Super Amigos" pada tahun 2000, yang tidak pernah dirilis. Pada tahun 2001, Daddy Yankee merilis El Cartel II: Los Cangris, yang mana Rivera ambil bagian kecilnya.

Karena masalah pribadi, mereka mengakhiri persahabatan mereka pada tahun 2004 dan berhenti bekerja bersama. Rivera terus bekerja sebagai artis solo dan menciptakan banyak single yang sukses secara komersial. Pada tahun 2012, setelah bertahun-tahun tinggal terpisah, mereka berdua merekam "El Party Me Llama" dari album Prestige dan menegaskan bahwa mereka telah menyelesaikan ketidaksetujuan mereka dari tahun-tahun sebelumnya

Karier Solo[sunting | sunting sumber]

Rivera merilis Haciendo Escante pada tahun 2001, dan pada tahun 2004 merilis Vida Escante. Dia dan Daddy Yankee berpisah lagi karena banyak argumen dan konflik di antara mereka yang menyadari bahwa persahabatan mereka berubah menjadi persaingan sengit. Album studio terbarunya adalah The Black Carpet, dirilis pada 2007. Rivera juga bekerja dengan R.K.M & Ken-Y, Héctor & Tito (Hector el Father dan Tito El Bambino), Lito & Polaco, Big Boy, dan Magnate & Valentino

Rivera menyanyikan lagu asli FIFA 2018 di Rusia

Pada akhir 2000-an dia pindah ke Medellin, Kolombia. Pada tahun 2010, setelah melakukan beberapa konser di sana, ia memulai kembali kariernya melepaskan single yang sukses "Tu Primera Vez", "Piensas en Mi", "Curiosidad", "Juegos Prohibidos" dan, yang paling terkenal, "Voy A Beber". Dia juga bekerja dengan Daddy Yankee lagi, setelah delapan tahun tidak bekerja bersama, di album Prestige oleh Daddy Yankee. Nicky Jam telah muncul di banyak album reggaeton, saat ini memegang rekor untuk sebagian besar penampilan di berbagai album artis, yang sebelumnya dipegang oleh Daddy Yankee. Penampilan albumnya yang paling baru adalah dengan album Prestige milik Daddy Yankee, dengan lagu "El Party Me Llama". Pada tahun 2015, Nicky Jam memenangkan Grammy Award Latin untuk Penampilan Perkotaan Terbaik. "Hasta el Amanecer" dirilis pada 15 Januari 2016 di stasiun radio AS. Billboard menyebut lagu tersebut sebagai "lagu reggaetón yang seksi dan seksi" yang berisi lagu-lagu penyanyi "catchy melodic hooks". Masih romantis tanpa harapan, di sini sakit setelah seorang gadis yang dia temui di binatu, dan melepaskannya, bahkan tanpa mencari tahu namanya. " Video musik telah dilihat lebih dari 1 miliar kali di YouTube. Rivera menyanyikan lagu resmi "Live It Up" bersama rapper Amerika Will Smith dan penyanyi Kosovo Era Istrefi pada upacara penutupan Piala Dunia FIFA 2018 di Moskow, Rusia.

Diskrografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Year Judul Peran Catatan
2017 xXx: Return of Xander Cage Lazarus Film
2017 All I Want for Christmas Is You Nicky Jam Film
SEGERA El Ganador Nicky Jam Seri Tv Biografi

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]