Ngampungan, Bareng, Jombang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ngampungan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenJombang
KecamatanBareng
Kodepos
61474
Kode Kemendagri35.17.04.2005 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Ngampungan adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Barengtepatnya disebelah selatan kecamatan bareng,sekitar 25 KM dari pusat kota Jombang.

    Terdiri Tiga Dusun yaitu Dusun Ngampungan, Dusun Sumberdadi dan Dusun Wungurejo. Bagian selatan berbatasan dengan Desa Pakel, bagian barat berbatasan dengan Desa Mundusewu, bagian utara dengan Desa Bareng dan bagian timur berbatasan dengan perbukitan wilayah kecamatan Wonosalam.
    Mayoritas penduduk desa Ngampungan berprofesi sebagai Petani, berladang maupun bertanam sayuran.
 Dengan hamparan sawah yang luas dengan hijaunya hutan dan perbukitan, serta adanya gunung Arjuna menambah indahnya desa Ngampungan.Penduduk Desa Ngampungan sangat memegang adat istiadat leluhur dan semangat gotong royong diantara warganya, mulai tradisi sedekah bumi,ruwat desa, mendirikan bangunan rumah, jalan, jembatan dll, juga mulai tradisi pernikahan, kelahiran, kehidupan bermasyarakat sampai prosesi pemakaman dan paska kematian.Terdapat empat punden di tiga dusun yang diyakini sebagai cikal bakal babad Desa Ngampungan diantaranya; di Dusun Ngampungan: makam Mbah Jobranti / Mbah Longgor dan Mbah Joyo Sampurno. di Dusun Sumberdadi: makam Mbah Wonojati, di Dusun Wungurejo: makam Mbah Proyo 

Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

   .