Neutrosofi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Neutrosofi adalah sebuah cabang baru filsafat yang mengkaji asal, ciri-ciri dan skup dari netralitas, dan interaksinya dengan spektrum ideasional berbeda. Neutrosofi diperkenalkan oleh Dr. Florentin Smarandache pada 1995.

Teori ini menganggap setiap persepsi atau ide <A> bersamaan dengan kebalikan atau negasinya <Anti-A> dan spektrum “netralitas” <Neut-A> (yaitu anggapan atau ide yang berlokasi antara dua ekstrem, yang tidak mendukung <A> atau <Anti-A>). Ide <Neut-A> dan <Anti-A> secara bersama dirujuk sebagai <Non-A>.

Menurut teori ini setiap ide <A> cenderung ternetralisir dan terimbangi oleh ide <Anti-A> dan <Non-A> - sebagai sebuah keadaan keseimbangan.

Dalam cara yang klasik <A>, <Neut-A>, <Anti-A> berpisah dua dengan dua. Tetapi, karena dalam banyak kasus batas antara berbagai anggapan adalah samar, tidak presisi, maka adalah mungkin bahwa <A>, <Neut-A>, <Anti-A> (dan, tentunya, <Non-A>) memiliki bagian umum oleh dua juga.

Neutrosofi adalah basis logika neutrosofi, perangkat neutrosofi, probabilitas neutrosofi dan statistik yang digunakan dalam merakayasa aplikasi (khususnya untuk perangkat lunak dan fusi informasi), kedokteran, militer, cybernetic, fisika.

Logika Neutrosofi (LN)[sunting | sunting sumber]

Adalah sebuah kerangka kerja umum untuk unifikasi dari sejumlah logika yang ada. Ia menggeneralisir logika fuzzy (khususnya logika fuzzy intuisionistik). Ide utama dari LN adalah mengkarakterisasi setiap pernyataan logis dalam sebuah 3D Neutrosophic Space, dimana setiap dimensi ruang mewakili kebenaran (B), kepalsuan (P), dan indeterminasi (I) pernyataan tersebut di bawah pertimbangan, dimana B, I, P merupakan standar atau sub-perangkat riil yang non-standar dari ]-0, 1+[

Bagi proposal rekayasa software interval unit klasik [0,1] dapat dipakai B, I, P adalah komponen independen, memberi ruang bagi informasi yang tidak lengkap (ketika jumlah superiornya <1), para-konsisten dan informasi kontradiktif (ketika jumlah superior >1), atau informasi lengkap (jumlah komponen= 1).

Sebagai contoh: sebuah pernyataan dapat berupa antara [0.4, 0.6] kebenaran, (0,1) atau antara (0.15, 0.25) indeterminate, dan dapat berupa 0.4 atau 0.6 bohong.

Perangkat Neutrosofi[sunting | sunting sumber]

Adalah sebuah generalisasi perangkat fuzzy (khususnya perangkat fuzzy intuisionistik). Biarkan A menjadi alam diskursus, dan M menjadi perangkat yang dimasukkan dalam A. Elemen x dari U dicatat dengan respek pada perangkat M sebagai x (B, I, P) dan menjadi M dalam cara berikut: b% benar dalam perangkat, i% indeterminate (tidak dikenal apabila ia) berada dalam perangkat, dan i% palsu, di mana b berbeda dalam B, i berbeda dalam I, f berbeda dalam P.

Secara statistik B, I, P adalah sub-perangkat (subset), tetapi secara dinamis B, I, F adalah fungsi/operator yang tergantung pada banyak parameter yang dikenal dan tak dikenal.

Probabilitas Neutrosofi[sunting | sunting sumber]

Adalah sebuah generalisasi dari probabilitas klasik dan probabilitas non-presisi dimana peluang bahwa sebuah kejadian A terjadi adalah b% kebenaran – di mana b berbeda dalam subset B, i% indeterminate – dimana i berbeda dalam subset I, dan f% kepalsuan – di mana P berbeda dalam subset P.

Dalam probabilitas klasik n_sup <=1, sementara dalam probabilitas neutrosofi n_sup <= 3+. Dalam probabilitas non-presisi: probabilitas sebuah kejaian adalah seuah subset B dalam [0, 1], tidak dalam sebuah nomor p dalam [0, 1]), tidak ada subset indeterminate I dalam probabilitas non-presisi.

Statistik Neutrosofi[sunting | sunting sumber]

Adalah analisis beberapa kejadian yang digambarkan oleh probabilitas neutrosofi, ia sebuah generalisasi statistik klasik. Fungsi yang berbentuk probabilitas neutrosofi dari variabel random x disebut distribusi neutrosofi: NP (x) = ( B(x), I(x), P(x), dimana B(x) mewakili probabilitas yang terjadinya nilai x, F(x) mewakili probabilitas yang menilai x tidak terjadi, dan I(x) mewakili indeterminan/porbabilitas tak dikenal dari nilai x.

Dalam banyak proyek software logika neutrosofi, perangkat, dan probabilitas mengganti posisi fuzzy logic, fuzzy set, dan probabilitas klasik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]