Florentin Smarandache

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Florentin Smarandache

Dr. Florentin Smarandache (lahir pada 10 Desember 1954) adalah Profesor Matematika Universitas New Mexico di Amerika Serikat (AS). Dia telah menerbitkan lebih dari 75 buku dan 100 artikel dan sejumlah buklet di bidang matematika, fisika, filsafat, psikologi, dan sastra. Di bidang matematika risetnya mencakup sejumlah teori, geometri non-Euclidean, geometri sintetis, struktur aljabar, statistik, logika neutrosofi dan seperangkat generalisasi intuistik logika fuzzy (yakni logika yang mencoba membuat komputer berfungsi seperti otak manusia), probabilitas neutrosofik (generalisasi probabilitas klasik dan tidak presisi). Juga, sejumlah kontribusi kecil pada bidang nuklir dan fisika partikel, fusi informasi (lihat The Dezert-Smarandache Theory of plausible and paradoxist reasoning, 2002), dalam filsafat (lihat The neutrosofi, a generalization of dialectics), psikologi (lihat Law of sensations and stimuli), sosiologi (paradoks sosiologis), bahasa (paradoks semantik dan tautologi), dan lain-lain.

Literatur[sunting | sunting sumber]

Di bidang literatur pada 1980 dia membentuk gerakan paradoksisme, berdasarkan pada penggunaan kontradiksi eksesif, antinomi, paradoks dalam kreasi.

Seni[sunting | sunting sumber]

Di bidang seni, sebagai protes atas seni random di mana semuanya dianggap seni, dia secara ironis menyerukan seni-luar yang bermakna sebuah kerja-seni naik turun, yakni melakukan kerja seni dengan cara yang tak semestinya dilakukan, yakni menjadikan seni sejelek, sebodoh dan umumnya semustahil mungkin.

Filsafat[sunting | sunting sumber]

Dalam filsafat pada 1995 dia menggeneralisir dialektik dengan neutrosofi, yang merupakan sebuah cabang baru filsafat yang mengkaji asal, ciri-ciri dan skup netralitas, sebagaimana juga interaksinya dengan spektrum ideasional yang berbeda. Teori ini menganggap setiap persepsi atau ide <A> bersama dengan kebalikan atau negasinya <Anti-A> dan spektrum “netralitas” <Neut-A> (yakni anggapan atau ide yang terletak antara dua ekstrem, yang tidak mendukung <A> maupun <Anti-A>). Ide <Neut-A> dan <Anti-A> keduanya dirujuk sebagai <Non-A>. Menurut teori ini setiap ide <A> cenderung ternetralisir dan diimbangi oleh ide <Anti-A> dan <Non-A> - sebagai keadaan keseimbangan.

Fusi Informasi[sunting | sunting sumber]

Dia mendisain sebuah algoritme untuk Unification of Fusion Theories (UFT) dan aturan-aturan yang dipakai dalam kedokteran, robot dan militer.

Fisika[sunting | sunting sumber]

Dalam fisika dia menemukan sejumlah paradoks (lihat quantum Smarandache paradoxes), dan membuat hipotesis bahwa tidak ada kendala kecepatan di alam semesta, hipotesis yang sangat kontroversial di kalangan saintis. Juga, menganggap kemungkinan bentuk ketiga bentak, yang disebuat non-benda, yang merupakan kombinasi benda dan anti-benda (atau substansi dan anti-substansi).

Matematika[sunting | sunting sumber]

Dalam matematika dia menciptakan banyak sekuens dan fungsi dalam teori nomor. Dia memperkenalkan tingkatan negasi sebuah aksioma atau sebuah prinsip matematis dalam geometri (lihat geometri Smarandache yang dapat sebagian bersifat Euclidean dan sebagian non-Euclidean, 1969), multi-struktur (lihat n-struktur Smarandache, di mana struktur lemah mengandung sebuah pulau struktur yang lebih kuat), dan multi-space (sebuah kombinasi dari ruang angkasa heterogen). Untuk informasi selanjutnya lihat di: www.gallup.unm.edu/~smarandache/