Neil deGrasse Tyson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Neil deGrasse Tyson
Neil deGrasse Tyson - NAC Nov 2005.jpg
Tyson di Washington, D.C., November 2005
Lahir 5 Oktober 1958 (umur 58)
The Bronx, New York City, New York, Amerika Serikat
Tempat tinggal Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat
Bidang Astrofisika, kosmologi fisik, komunikasi ilmu pengetahuan
Institusi Hayden Planetarium, PBS, Planetary Society
Alma mater Harvard College (B.A)
University of Texas (M.A.)
Columbia University (M.Phil.), (Ph.D.)
Dipengaruhi Carl Sagan, Fred C. Hess
Penghargaan NASA Distinguished Public Service Medal

Neil deGrasse Tyson (lahir 5 Oktober 1958; umur 58 tahun) adalah astrofisikawan dan komunikator ilmu pengetahuan Amerika Serikat. Ia adalah kepala Hayden Planetarium di Rose Center for Earth and Space. Semenjak tahun 2006, Neil deGrasse Tyson membawakan acara televisi NOVA scienceNOW di PBS, dan seringkali tampil dalam The Daily Show, The Colbert Report, dan Jeopardy , dan sekarang membawakan acara Cosmos: A Spacetime Odyssey milik National Geographic Channel.

Gambaran Umum[sunting | sunting sumber]

Tyson dilahirkan di Manhattan, New York dan sudah tertarik pada astronomi sejak berusia sembilan tahun, setelah mengunjungi Planetarium Hayden. Setelah lulus dari The Bronx High School of Science, ia melanjutkan kuliah di Harvard University pada tahun 1980. Setalah menerima gelar master di bidang astronomi di University of Texas at Austin pada tahun 1983, ia mendapat gelar master (1989) dan doktor (1991) di bidang astrofisika dari Columbia University. Untuk tiga tahun berikutnya, ia bekerja sebagai periset di Princeton University, dan pada tahun 1994, ia bergabung dengan Planetarium Hayden sebagai seorang staf ilmuwan. Pada tahun 1996, ia menjadi direktur dari planetarium ini dan mengawasi pengerjaan proyek pembangunan planetarium seharga $210.000.000, yang akhirnya selesai pada tahun 2000.

Dari tahun 1995 sampai 2005, Tyson menulis di kolom "Universe" untuk majalah Natural History, beberapa diantaranya juga diterbitkan lewat bukunya yang berjudul Death by Black Hole (2007). Di periode yang sama, ia juga menulis di kolom pada majalah Star Date, kolom ini menjawab berbagai pertanyaan tentang alam semesta. Di kolom ini, Tyson menggunakan nama pena 'Merlin'. Tulisannya di kolom ini juga ditampilkan dalam bukunya yang berjudul Merlin's Tour of the Universe (1998) dan Just Visiting This Planet (1998). Tyson juga pernah bekerja di Komisi Masa Depan Industri Antariksa A.S pada tahun 2001, dan pada tahun 2004 juga bekerja di Komisi Penerapan Peraturan Antariksa A.S. Ia juga diberi penghargaan NASA Distinguished Public Service Medal pada tahun yang sama. National Academy of Sciences juga memberi Tyson Public Welfare Medal pada tahun 2015 untuk "peran yang luar biasa dalam membuat masyarakat antusias tentang luar angkasa".[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Neil deGrasse Tyson to Receive Public Welfare Medal – Academy's Most Prestigious Award" (2015-02-26). National Academy of Sciences. Retrieved 2015-03-09.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]