Napal Putih, Bengkulu Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Napal Putih
Negara Indonesia
ProvinsiBengkulu
KabupatenBengkulu Utara
Pemerintahan
 • CamatMuhammad Sabi'i
Populasi
 • Total- jiwa
Kode pos
38363
Kode Kemendagri17.03.13 Edit nilai pada Wikidata
Kode BPS1703091 Edit nilai pada Wikidata
Desa/kelurahan-

Napal Putih adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Terbentuknya Kecamatan ini atas kehendak rakyat yang di jembatani oleh Panitia 9: Zamhari As Jamal, Saukani, Aminullah, Mumung Komarudin SPd, Kusmawijaya SPd, Hendrik Silaban SH,Hermandani, Imam Chusbangi, M. Abdul Sdd. Pada masa perjuangan Napal Putih pernah dijadikan pusat Pemerintahan Militer pimpinan Dr AK Gani.

Bukti sejarah saat ini masih berdiri rumah sejarah yang dijadikan pusat pemerintahan.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan ini juga terdapat daerah pertambangan emas yang konon merupakan penyumbang megahnya Tugu Monas. Pusat pertambangan emas tepatnya terdapat di Desa Lebong Tandai, yang disebut-sebut sebagai Batavia Kecil.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kereta lori Molek

Di Kecamatan Napal Putih terdapat Motor Lori Ekspres (Molek), layanan kereta ringan jenis lori yang dijalankan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Layanan ini diyakini menjadi satu-satunya akses orang dan barang dari Desa Air Tenang ke Desa Lebong Tandai, yang sama-sama berada di Kecamatan Napal Putih.[1][2] Infrastruktur seperti jalur rel dan kereta merupakan warisan dari perusahaan pertambangan Belanda Mijnbouw Maatschappij Simau dan PT Lusang Mining yang pernah beroperasi di Desa Lebong Tandai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Molek, Motor Lori Ekspress ala Napal Putih ke Lebong Tandai Bengkulu Utara". detikcom. 7 Januari 2021. Diakses tanggal 3 September 2022. 
  2. ^ Siswoyo, Harry (10 Mei 2019). "Molek, Kereta Kuno yang Masih Merayap di Hutan Sumatera". Kumparan (Konten Pengguna). Diakses tanggal 3 September 2022.